4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 24 Aug 2023

Sistem Beban Kerja Dosen (BKD) Terintegrasi dengan SISTER Kemendikbud

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Beban Kerja Dosen menjadi topik yang hangat diperbincangkan, apalagi setelah adanya integrasi dengan Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Beban Kerja Dosen (BKD) merupakan kegiatan yang dibebankan kepada Dosen pada saat mereka menunaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dalam kurun waktu tertentu.

Berdasarkan informasi dari Rizky Tito Prasetya sebagai Tim BKD SISTER yang pada kegiatan Sosialisasi SISTER PDDIKTI melalui kanal Youtube Ditjen Diktiristek tanggal 14 April 2022 bahwa dengan adanya SISTER memudahkan dosen untuk mengakses berbagai layanan, salah satunya adalah Beban Kerja Dosen.

“Saat ini semuanya data sudah bisa diisikan melalui sister, salah satunya di mana data-data portofolio di sini bisa selanjutnya kemudian digunakan untuk beberapa layanan sekaligus yang ada di Direktorat sumber daya yang pada kesempatan hari ini akan fokus pada layanan beban kerja dosen seperti itu. Jadi yang kaitannya dengan data pokok mendata Tri dharma baik itu pendidikan penelitiannya pengabdian hingga data penunjang semuanya bisa masuk di layanan Direktorat sumber daya” tutur Rizky, Kamis (14/04/2022).

Adapun kinerjanya dapat dijelaskan pada gambar di bawah ini, bahwa portofolio yang terdapat di sebelah kiri, seperti data diri, data pendidikan, jabatan fungsional dan lain sebagainya dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan di direktorat sumber daya di sebelah kanan melalui SISTER.

Sumber: Presentasi pada kegiatan Sosialisasi SISTER PDDIKTI melalui kanal Youtube Ditjen Diktiristek tanggal 14 April 2022

Baca juga: Kesalahan Saat Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD), Apa Solusinya?

Sistem BKD yang Terintegrasi dengan SISTER Cloud Kemendikbud

Dalam dinamika pendidikan yang terus berkembang, adanya campur tangan teknologi mendorong sebuah perubahan. Terbukti dengan adanya  pembaruan SISTER PT ke SISTER (versi Cloud). Alhasil, terdapat ketentuan yang penting diperhatikan oleh Dosen untuk pengisian BKD. Disadur dari laman SISTER, berikut adalah ketentuan yang perlu diperhatikan dosen, meliputi:

  • Dosen dapat meng-update BKD di SISTER PT masing-masing sebelum rilis SISTER (versi Cloud). Namun, setelah perilisan SISTER (versi Cloud) di bulan Agustus 2023, Dosen dapat melanjutkan pengisian dan proses BKD di SISTER (versi Cloud).
  • Selama Admin Perguruan Tinggi telah melakukan pembaruan versi ke SISTER (versi Cloud), Dosen tidak perlu khawatir karena data yang sudah terisi akan tersinkronisasi dengan SISTER (versi Cloud).

SEVIMA Platform Fitur Integrasi dengan SISTER Memudahkan Pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD)

SEVIMA Platform menyediakan sistem BKD yang sudah terintegrasi dengan SISTER Cloud. Sehingga, seluruh aktivitas dosen dapat terekam dalam satu sistem. Apalagi saat momen pelaporan BKD, tenaga ekstra harus dikeluarkan untuk mengumpulkan dan pengecekan data. Tentunya perguruan tinggi  sangat membutuhkan kemudahan sistem kepegawaian ini, mulai dari dosen, admin perguruan tinggi bahkan tim program studi (prodi).

Tidak perlu khawatir! Kini, perguruan tinggi tidak akan lagi menghadapi  kendala internal seperti data yang tercecer dan hilang karena SEVIMA Platform menyediakan sistem yang memudahkan pelaporan BKD dengan meluncurkan fitur baru, yaitu integrasi dengan SISTER.

Baca juga: SEVIMA Sebagai Pioneer Siakad yang Memenuhi Kebutuhan Beban Kerja Dosen (BKD)

Mengapa Harus Menggunakan SEVIMA Platform?

Ya, dengan menggunakan SEVIMA Platform data-data pendukung pelaporan  terpusat dan terintegrasi. Hanya dengan sekali memasukkan data BKD melalui SEVIMA Platform,  data dapat disinkronisasikan ke SISTER. Tidak sampai di situ, data yang ada pada internal perguruan tinggi sehingga dapat diolah untuk mendukung akreditasi. Sehingga, tidak perlu lagi bolak-balik mencari data karena data berada di sistem pusat.

Ingin menggunakan sistem yang memudahkan pelaporan BKD?  Ayo, merasakan manfaat sistem yang siap mendukung administrasi BKD dengan hubungi tim kami melalui  https://wa.me/6282261610404 dan kunjungi https://sevima.com/ untuk mengetahui informasi lainnya.

Edit Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×