8 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 18 Oct 2023

Apa Itu SISTER Cloud? Apa Perbedaan dengan SISTER Dulu?

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Baru-baru ini Kemendikbudristek melalui Dirjen Dikristek mengumumkan bahwa SISTER akan ada update yaitu akan berubah menjadi SISTER Cloud. Kita tahu Kemendikbudristek mempunyai beberapa aplikasi atau sistem informasi untuk mendukung peningkatan pendidikan, salah satunya Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi atau yang dikenal dengan SISTER ini. Adanya update ini timbul beberapa pertanyaan seperti, apa itu SISTER Cloud, apa perbedaan dengan SISTER dulu? Untuk itu, mari kita kulik lebih dalam apa itu Aplikasi SISTER Cloud Kemendikbud, apa itu BKD SISTER, Apa itu SISTER Dosen dan Apa Keunggulan SISTER versi Cloud ini dengan SISTER terdahulu?

Apa Itu Aplikasi Sister?

Sebelumnya kita perkenalan dulu dengan aplikasi SISTER. SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi, yang mana aplikasi SISTER ini digunakan untuk menyimpan data administrasi layanan dosen. Aplikasi SISTER ini merupakan program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti yang diluncurkan pada tahun 2017. Nah, saat ini Aplikasi SISTER sudah ada pembaharuan yaitu SISTER Cloud, apa itu Cloud SISTER?

Apa Itu SISTER Cloud?

SISTER Cloud adalah versi terbaru dari aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) yang berbasis cloud. Aplikasi ini memungkinkan seluruh data yang diinput oleh dosen dan operator perguruan tinggi, untuk secara otomatis tersimpan di cloud (awan) atau media penyimpanan online.

Seperti yang disampaikan saat sosialisasi Direktorat Sumber Daya Diktiristek, melalui Youtube Dirjen Dikristek bahwa seluruh data yang diinput dosen seperti data dosen, kinerja melalui Laporan Kinerja Dosen (LKD) dan sebagainya secara otomatis akan tersimpan di ruang penyimpanan pusat yang dikelola Kemendikbud Ristek Dikti. 

Baca juga: SEVIMA Platform, Platform Pendidikan Terintegrasi Berstandar Akreditasi

Apa Perbedaan SISTER dan SISTER Cloud?

Dalam pembaruan sistem ini terdapat beberapa perbedaan antara SISTER dan SISTER Cloud. Dengan adanya pembaruan  ini bertujuan mengoptimalkan pengelolaan data yang akan memberikan manfaat seperti kemudahan akses bagi seluruh pengguna dan stakeholder. Mulai dari admin, dosen, pimpinan perguruan tinggi serta seluruh pihak berkepentingan terkait kinerja dosen dapat mengakses hanya dengan satu platform. Lebih lanjut, untuk melihat manfaat yang ada,  kita dapat membandingkan SISTER versi Cloud dan SISTER versi Sebelumnya. Berikut ini adalah perbedaan sister dan sister cloud, meliputi:

Keunggulan SISTER Cloud:

1. Akses Masuk Melalui Satu Platform

Akses Sister Cloud nantinya memudahkan untuk dapat diakses hanya melalui satu platform. Tentu ini dapat mempermudah akses dan mempersingkat waktu.Berbeda dengan SISTER versi sebelumnya yang harus mengakses SISTER PT dan Pusat secara terpisah sehingga dinilai tidak praktis. 

Tahapan Akses ke SISTER  Cloud

  1. Login ke SISTER (versi Cloud) melalui laman sister.kemdikbud.go.id.
  2. Pengguna cukup menggunakan menu dropdown “Peran saat ini” untuk memilih peran yang sesuai di SISTER PT maupun di SISTER Kemdikbud/Pusat

2. Sinkronisasi dalam Satu Waktu

Salah satu kekurangan SISTER versi sebelumnya yang dirasakan oleh Admin Perguruan Tinggi adalah seringkali Admin PT disibukkan untuk membantu  melakukan sinkronisasi data manual. Sehingga, dampaknya pendataan harus bergantung dengan admin dan menguras waktu. Berbanding terbalik dengan penggunaan SISTER Cloud, sistem tersebut sudah mendukung data real-time atau data otomatis update di waktu yang sama.

3. Selalu Update atau Pembaruan Versi Aplikasi  

Lagi-lagi ketergantungan pengguna kepada admin perguruan tinggi sangat dirasakan pada SISTER Versi sebelumnya, pengguna seringkali bergantung kepada admin perguruan tinggi untuk memperbarui versi SISTER secara manual. Namun, itu tidak akan terjadi lagi dengan menggunakan SISTER Cloud karena pada versi aplikasi akan diperbarui secara otomatis jika ada pembaruan.

4. Performa SISTER Cloud Lebih Baik

Sebelumnya menggunakan SISTER yang dirasakan adalah Platform lambat dan terjadi permasalahan integrasi data, sehingga butuh waktu lama untuk mengakses SISTER. Sementara, menggunakan SISTER Cloud pembaruan arsitektur sistem yang mengurangi kelambatan dan meningkatkan proses integrasi data untuk kenyamanan para pengguna. 

Manfaat terbesar dari adanya SISTER Cloud dapat membantu perguruan tinggi dalam menyimpan data. Namun, perguruan tinggi juga harus memiliki sistem yang mendukung untuk dapat mengintegrasikan dengan SISTER Cloud. Mengapa perlu adanya sistem pendukung tersebut? Ini disebabkan karena data yang diinputkan di SISTER Cloud adalah data final atau data yang akan disimpan untuk pelaporan. Sehingga lebih mudah dan efektif jika data sudah disimpan di perguruan tinggi.

Cara Login ke Akun SISTER Cloud

Mulai Agustus 2023, mengakses SISTER Cloud jadi lebih mudah karena cukup login melalui satu laman saja. Berikut panduan selengkapnya:

1. Buka laman https://sister.kemdikbud.go.id.

2. Masukkan email atau username dan kata sandi, kemudian klik tombol ‘Masuk’. Ingat, pastikan email atau username yang Anda masukkan sudah sesuai dengan yang Anda gunakan untuk login di SISTER PT.

Catatan: Username dapat hanya berupa angka saja.

3. Apabila email/username atau kata sandi tidak sesuai, Anda akan menerima pesan gagal login seperti berikut. Harap cek kembali data yang Anda masukkan apakah sudah benar dan sesuai tanpa ada kesalahan pengejaan.

pasted image 0.png

4. Apabila proses login berhasil, Anda akan langsung diarahkan ke laman utama SISTER.

Cara Membuat Akun SISTER Cloud untuk Admin Perguruan Tinggi dan Operator

Bagi Admin Perguruan Tinggi dan Operator yang belum memiliki akun SISTER dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Khusus PTN

  1. Admin PT berkoordinasi dengan pihak Datin DIKTI untuk dibuatkan akses sebagai Admin PT.
  2. Admin PT perlu menyiapkan surat yang perlu diunggah di SINDE. Untuk mendapatkan template atau contoh surat, silakan hubungin Datin DIKTI.
  3. Jika sudah berkoordinasi dan menyiapkan Surat, silakan masuk ke URL berikut https://sister.kemdikbud.go.id.
  4. Kemudian pada Beranda, klik tombol “Belum punya akun? Daftar Sekarang”.
  1. Silakan pilih peran Anda sebagai “Lainnya”.
  1. Anda akan diarahkan ke laman SINDE. Silakan masuk menggunakan username dan password SINDE Anda. Kemudian Surat yang sebelumnya telah Anda siapkan perlu diunggah di platform SINDE dan selanjutnya akan dibantu proses oleh Datin DIKTI.

 

– Selain PTN

Untuk Perguruan Tinggi selain PTN, seperti PTS, PTA, atau PTKL, pembuatan akun SISTER untuk Admin PT dapat menghubungi pihak berikut:

  • PTS
    Ajukan pembuatan akun SISTER ke LLDikti dengan tersurat.
  • PTA/PTKL
    Ajukan pembuatan akun SISTER ke Kementerian masing-masing secara tersurat.

Operator

Sebelumnya, mari kenali peran apa saja yang termasuk ke dalam Operator:

  • Unit BKD Internal Prodi
  • Unit BKD Internal PT
  • Admin PT Kepegawaian
  • PSD-PTPS
  • PSD-PTPU

Proses registrasi Operator akan dibantu oleh Admin PT Admin PT harus menambahkan peran yang sesuai dengan Operator yang ditunjuk melalui platform Manajemen Akses. Berikut caranya:

  1. Admin PT mengakses laman http://akses.kemdikbud.go.id/auth/login
  2. Kemudian masuk menggunakan akun dengan peran Admin PT
  1. Pilih “Menu Pengguna”.
  1. Klik tombol “Tambah Pengguna”.
  1. Kemudian lengkapi form dengan data berikut:
  • Nama
    Nama operator sesuai SK penugasan
  • Email
    Email aktif operator yang akan digunakan untuk daftar dan akses akun SISTER. Pastikan email belum digunakan sebelumnya di SISTER.
  • Jenis Kelamin
    Pilih sesuai jenis kelamin operator
  • Wilayah
    Pilih sesuai wilayah Perguruan Tinggi Anda
  • Unit Organisasi
    Pilih sesuai nama Perguruan Tinggi Anda
  • Peran
    Pilih peran sesuai dengan yang akan ditugaskan ke Operator.
  • Nomor SK
    Masukkan nomor SK sesuai dengan SK penugasan pimpinan Perguruan Tinggi;
  • Tanggal SK
    Masukkan tanggal sesuai tanggal SK penugasan pimpinan PT
  1. Setelah melengkapi seluruh data, klik “Submit”.

 

  1. Kemudian Operator akan menerima email pemberitahuan bahwa akun pengguna SISTER telah berhasil dibuat serta username dan password-nya. Namun akun Operator akan aktif jika Admin PT sudah melakukan sinkronisasi.
  1. Selanjutnya Admin PT perlu melakukan sinkronisasi data agar Operator dapat mengakses akun SISTER yang sudah didaftarkan.
  2. Jika sinkronisasi data telah selesai, silakan Admin PT mengarahkan Operator untuk login ke akun SISTER menggunakan username dan password sesuai dengan yang ada di email.

Baca juga: Cara Membuat Akun SISTER Cloud) untuk Dosen/Tendik

Itulah penjelasan apa itu SISTER dan perbedaanya dengan SISTER Cloud. SEVIMA Platform terus berinovasi untuk memberikan solusi permasalah perguruan tinggi. Saat ini SEVIMA Platform sudah terintegrasi dengan SISTER dan pelaporan sudah memenuhi dan sesuai dengan yang ada di SISTER seperti; laporan portofolio dosen, data-data formal seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat terlihat yang akhirnya mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir pada dosen yang bersangkutan. Melalui integrasi SEVIMA Platform dengan SISTER, perguruan tinggi maupun dosen dapat melakukan berbagai macam aktivitas termasuk untuk mengupdate dan melengkapi portofolio dosen dengan menggunakan akun masing-masing dosen.

Dan yang paling penting, nantinya admin maupun dosen tidak lagi perlu update dua kali, di SIAKAD maupun di SISTER, namun cukup dari satu SEVIMA Platform sudah dapat dikirim ke SISTER, maaf dosen dan admin kampus sudah banyak pekerjaan saatnya beralih yang lebih cerdas dan efektif, yuk bergabung dengan SEVIMA Platform: sevima.com.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×