7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 07 May 2024

Sistem Informasi Akademik yang Mendukung Tes Computer Based Test (CBT) Online

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Kemajuan teknologi membawa inovasi dalam proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Saat ini, tes Computer Based Test (CBT) menjadi solusi yang dapat membantu memudahkan proses seleksi di perguruan tinggi. 

Tes CBT menggunakan pendekatan berbasis komputer, sistematis dan terpusat. Hal ini sangat berbeda dengan seleksi kertas yang rawan bocor, hasil seleksi perlu diperiksa satu per satu, hingga kesalahan seperti lembar jawaban hilang, tidak terbaca, dan human error lainnya. 

Dengan keunggulan tes CBT yang begitu banyak, tidak heran jika tes CBT kini mulai diadopsi berbagai perguruan tinggi. Seperti apa penerapan tes CBT di perguruan tinggi? Yuk kita bahas. 

Baca juga: Kunci Keberhasilan PMB di Perguruan Tinggi Swasta!

Penerapan CBT Online di Perguruan Tinggi

Penyelenggaraan sistem tes berbasis komputer atau CBT kini semakin populer menggantikan penggunaan ujian manual menggunakan kertas dan pensil. Penggunaan sistem CBT menjadikan pelaksanaan seleksi lebih mudah dipantau, meminimalisir kecurangan, hingga menekan biaya anggaran untuk kertas.

Selain mudah, penerapan sistem CBT Online termasuk dalam memenuhi regulasi Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 pasal 49 bahwa perguruan tinggi menerapkan tata kelola teknologi informasi dan komunikasi yang efektif, transparan, andal, dan akuntabel untuk mengelola dan memanfaatkan data informasi. 

SEVIMA Platform Siap Dukung CBT Online

Sistem Informasi Akademik SEVIMA Platform kini telah mendukung Computer Based Test (CBT) sepenuhnya. Poin plusnya, perguruan tinggi dapat lebih mudah manajemen pendaftaran calon mahasiswa baru mulai dari proses pendaftaran hingga pengadaan seleksi. 

CBT itu terintegrasi dua modul yakni modul akademik untuk CBT ujian perkuliahan dan  modul PMB untuk tes PMB. Sehingga apabila kampus ingin mengadakan tes di luar itu seperti tes TOEFL tetap bisa digunakan. Untuk lengkapnya, SEVIMA Platform mendukung beberapa fasilitas berikut untuk ujian CBT:

  • Mendukung soal pilihan ganda, esai, gambar, dan listening (suara)
  • Soal bisa diacak, keamanan dan kerahasiaan terjamin
  • Penilaian berlangsung secara otomatis! Setelah tes, panitia bisa memilih apakah langsung menampilkan nilai kepada peserta, atau direkap oleh panitia terlebih dahulu
  • Mendukung transparansi penilaian sebab proses perhitungan nilai dilakukan oleh sistem. Untuk pilihan ganda terdapat kunci jawaban, sedangkan untuk essay terdapat jawaban kata kunci jawaban yang benar

Baca juga: Tingkatkan Intake Mahasiswa Baru PTS Melalui Kebijakan PMB 2024

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai sistem informasi akademik (SIAKAD) SEVIMA Platform yang telah support CBT online dalam penerimaan mahasiswa baru. Bagi Bapak Ibu yang tertarik untuk mengembangkan SIAKAD yang support CBT, yuk segera hubungi tim SEVIMA di sini 082261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×