Dunia Kampus | Info Sentra Vidya Utama | Seputar Pendidikan

Kunci Keberhasilan PMB di Perguruan Tinggi Swasta!

SEVIMA.COM– Tahun pelajaran baru sudah di depan mata. Artinya, setiap perguruan tinggi sudah mulai bersiap menyambut mahasiswa baru di kampus. Namun, pernahkah Anda menyusun strategi untuk mengukir keberhasilan seluruh proses Pelaksanaan Mahasiswa Baru? 

Bisa dibayangkan, jika Panitia PMB sudah melakukan satu hal ini dengan baik maka proses pendaftaran di kampus akan lebih lancar. Sehingga panitia PMB bisa lebih well-prepared menyambut mahasiswa baru dengan mudah dan tertata. 

Perlu diketahui bahwa proses Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) adalah momen yang krusial untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS). beberapa faktor sangat menentukan keberhasilan PMB ini sendiri. Misalnya saja seperti kestabilan keuangan dan keberhasilan perkuliahan. Yang mana keduanya sangat ditentukan pada momen yang hanya terjadi selama kurang lebih 3 bulan. Inilah alasan kenapa PTS sangat perlu memperhatikan proses PMB ini.

Menurut Pranatha Widya, Product Manager PMB SEVIMA, satu faktor yang berpengaruh terhadap performa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada sebuah Perguruan Tinggi Swasta adalah proses pendaftaran yang cepat.

“Untuk meningkatkan performa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di sebuah perguruan tinggi swasta, maka dibutuhkan sebuah proses pendaftaran yang cepat. Inilah yang akan menyukseskan kegiatan PMB di setiap kampus PTS,” ujar Pria yang kerap disapa Natha tersebut. 

Baca juga: Daftar Kuliah Secara Online, PMB Online Solusinya!

Bagaimana proses PMB yang ada di setiap perguruan tinggi?

Proses PMB di setiap kampus biasanya dilakukan secara daring maupun tatap muka. Kedua proses PMB ini dinilai lebih cepat. Sehingga sangat memudahkan para pendaftar. 

Beberapa  proses PMB tersebut bisa terdiri dari:

  1. Pengisian Formulir
  2. Pengisian Kelengkapan Data
  3. Tes masuk
  4. Pembayaran

Apabila keempat proses tersebut bisa dijalankan dalam satu hari saja, maka akan memperkecil kemungkinan calon mahasiswa mengundurkan diri saat proses pendaftaran berlangsung.

Jika pada kondisi lapangan tidak sedikit mahasiswa yang tidak jadi mendaftar karena kesulitan melewati tahapan PMB. maka dengan adanya proses yang dipersingkat ini bisa membantu mahasiswa baru lebih siap masuk di kampus tersebut. 

Baca juga: Cara Menerapkan Pelayanan Satu Hari Pendaftaran Mahasiswa Baru di Kampus

Apa yang bisa dilakukan oleh Perguruan Tinggi Swasta?

Jika kondisi yang tidak menentukan saat mendaftar sering terjadi di lapangan. Maka menurut salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah melakukan follow up pada setiap proses pendaftaran. 

Menurut Natha, nantinya setiap calon mahasiswa yang sudah mendaftar bisa dipandu hingga tahap selanjutnya, hingga berhasil jadi mahasiswa. Sehingga proses follow up tersebut bisa berjalan dengan lancar. 

Namun, perlu disadari bahwa saat kampus melakukan proses ini butuh kesungguhan yang tinggi. Salah satunya diperlukan sebuah fitur yang dapat memantau proses pendaftaran calon mahasiswa pada setiap tahapan.

Oleh karena itu, hadirlah fitur One Day Service (ODS PMB) yang berhasil dirilis oleh SEVIMA Siakad Cloud beberapa waktu lalu. Hadirnya fitur ini sangat membantu para Panitia PMB dapat melihat setiap progress pendaftaran dari tiap pendaftar. Jika ada yang dalam waktu tertentu tidak melanjutkan ke tahap selanjutnya, bisa segera di-follow up. Sehingga kampus pun tak lagi kehilangan mahasiswanya di masa pendaftaran. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar