10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 05 Jun 2024

Sistem Informasi Akademik yang Support Pengelolaan Yudisium dan Wisuda

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Perguruan tinggi sering kewalahan melakukan manajemen berkas syarat wisuda dan yudisium setiap periode. Hal ini sering terjadi karena beberapa kampus belum memiliki sistem yang support pengelolaan yudisium dan wisuda secara optimal. 

Padahal yudisium merupakan proses penting dalam penetapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari proses akademik. Namun karena kendala administrasi yang belum memadai, sering kali proses yudisium hingga wisuda mahasiswa menjadi terhambat.

Proses hambatan pada administrasi ini juga berdampak pada reservasi Pengajuan Nomor Ijazah Nasional (PIN) yang semakin lama. Dimana perguruan tinggi perlu melakukan pengecekan mahasiswa eligible dan memeriksa ulang data mahasiswa yang belum memenuhi syarat mendapatkan PIN (non eligible). Imbasnya dari proses yang lama ini berakibat pada proses penundaan kelulusan.

Maka untuk meminimalisir hambatan tersebut, perguruan tinggi memerlukan sistem otomatis yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Dengan adanya SIAKAD, admin lebih mudah memproses pengajuan dan validasi berkas-berkas mahasiswa. 

Masalah Akibat Siakad Tidak Support Pengelolaan Yudisium dan Wisuda

Kampus yang tidak memiliki Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) kompatibel dalam mendukung proses pengelolaan data yudisium dan wisuda dapat menyebabkan mahasiswa belum terdata lulus di PDDikti. 

Seperti yang kita tahu bahwa yudisium merupakan penetapan bahwa nilai dan berbagai syarat untuk lulus telah dipenuhi oleh mahasiswa. Proses yudisium yang lama secara langsung mengakibatkan mahasiswa belum dinyatakan secara resmi oleh kampus sehingga data kelulusan tidak dapat dilaporkan ke PDDikti. 

Selain itu, proses pengelolaan yudisium membutuhkan validasi admin untuk memastikan berkas mahasiswa telah terpenuhi. SIAKAD yang tidak mendukung proses pengelolaan yudisium dan wisuda mengakibatkan admin perlu memvalidasi data dan penjadwalan satu per satu yang membutuhkan waktu yang lebih lama hingga pekerjaan admin menjadi menumpuk. 

Timbulnya berbagai hambatan dan masalah tersebut kini dapat diminimalisir melalui penggunaan SIAKAD dari SEVIMA Platform yang telah mendukung pengelolaan Yudisium dan Wisuda. Seperti apa keuntungan menggunakan SIAKAD yang telah terintegrasi dengan pengelolaan yudisium dan wisuda? Berikut pembahasannya. 

Baca juga: Tingkatkan Akreditasi dengan SIAKAD yang Terintegrasi dengan EDOM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa)

SIAKAD SEVIMA Telah Support Pengelolaan Data Yudisium dan Wisuda

Guna mendukung dan mempermudah kampus melakukan integrasi di semua sistem, kini SEVIMA telah merancang SIAKAD yang sudah support untuk pengelolaan data yudisium dan wisuda. Dengan adanya sistem ini, mahasiswa dan admin dapat melakukan pengajuan dan pengelolaan secara otomatis sehingga proses dapat menjadi lebih cepat.

Berikut adalah keunggulan SIAKAD dari SEVIMA Platform: 

  1. Tersedia halaman monitoring mahasiswa eligible sebagai syarat yudisium 
  2. Terdapat halaman pendaftaran mahasiswa mengikuti wisuda
  3. Sudah mendukung pencetakan ijazah mahasiswa

Tampilan pengelolaan data wisuda di SIAKAD SEVIMA

Tak hanya itu saja, data tersebut juga sudah terintegrasi dengan dashboard pimpinan. Sehingga seluruh pelaporan data mahasiswa dan yudisium dapat lebih rinci. 

Keuntungan Menggunakan SIAKAD yang Telah Support Data Yudisium dan Wisuda

Menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang telah mendukung data yudisium dan wisuda memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

1. Proses pendataan mahasiswa menjadi lebih cepat

Dengan SIAKAD yang terintegrasi dengan data yudisium dan wisuda, proses pendataan mahasiswa dapat dilakukan secara otomatis dan lebih cepat. Informasi mengenai mahasiswa yang akan mengikuti yudisium dan wisuda dapat diakses dengan mudah, meminimalisir kesalahan dan kekurangan data.

2. Mahasiswa dapat dengan mudah mengurus yudisium dan wisuda 

Sistem yang terintegrasi memungkinkan mahasiswa untuk dengan mudah mengurus proses yudisium dan wisuda. Mereka dapat mengakses informasi terkait persyaratan, jadwal, dan prosedur yang diperlukan melalui platform SIAKAD, sehingga memudahkan mereka untuk menyelesaikan proses tersebut.

3. Berkas pengajuan yudisium dan wisuda lebih aman

Dengan SIAKAD yang mendukung data yudisium dan wisuda, berkas pengajuan yang disimpan dalam sistem menjadi lebih aman. Data mahasiswa dan informasi terkait yudisium dan wisuda tersimpan dalam database yang terlindungi, mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan berkas fisik.

4. Pekerjaan admin lebih ringan

Sistem yang terintegrasi dapat mengurangi beban kerja bagi admin akademik. Mereka dapat memanfaatkan fitur-fitur otomatisasi sehingga proses validasi data dapat lebih mudah dan akurat.

Semua kemudahan yang diperoleh dengan SIAKAD yang telah support pengelolaan Yudisium dan Wisuda telah diakomodir oleh SEVIMA Platform. Bagaimana SIAKAD SEVIMA dapat mempermudah kampus? Yuk mari kita bahas. 

Coba deh Anda bayangkan, betapa sulit jika kampus masih menggunakan sistem pengumpulan dan pengolahan data secara manual? Itulah mengapa, siakad yang sudah mendukung pengelolaan yudisium dan wisuda sangat memudahkan perguruan tinggi jika musim wisuda diselenggarakan.

Baca juga: Pentingnya SIAKAD Kampus Terintegrasi Pembayaran Online

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai SIAKAD yang mendukung pengelolaan data yudisium dan wisuda. Bagi Anda yang tertarik menggunakan SIAKAD, yuk segera hubungi tim kami melalui Whatsapp 082261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×