10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 05 Jun 2024

Tingkatkan Akreditasi dengan SIAKAD yang Terintegrasi dengan EDOM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa)

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) secara berkala merupakan salah satu cara meningkatkan mutu pendidikan di suatu perguruan tinggi. Data yang didapatkan dari EDOM dapat mempermudah perguruan tinggi dalam melakukan mengetahui kekurangan kinerja dosen dalam proses mengajar. 

Namun kenyataan di lapangan, pelaksanaan EDOM masih menjadi tantangan untuk dilakukan karena beberapa perguruan tinggi masih terkendala dengan sistem manual. Dalam sekali pelaksanaan EDOM, perguruan tinggi perlu untuk mencetak kertas yang berdampak pada membengkaknya biaya. 

Maka dari itu pengadaan EDOM secara manual dinilai kurang efektif, terlebih pada kampus yang masih melakukan pengisian formulir kertas. Inilah yang membuat EDOM digital kini menjadi salah satu solusi bagi perguruan tinggi. 

Perguruan tinggi akan lebih mudah melakukan EDOM dengan cepat dan biaya efisien. Apalagi jika EDOM tersebut sudah terintegrasi langsung dengan modul sistem informasi akademik kampus. Seluruh data yang diisi mahasiswa bisa langsung disimpan untuk dikelola langsung oleh perguruan tinggi. 

Wah, seperti apa implementasi EDOM secara digital? Berikut penjelasannya. 

Baca juga: Pengelolaan Data Kepegawaian dengan SIAKAD Terintegrasi

EDOM Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas SDM di Perguruan Tinggi

Pengisian EDOM merupakan partisipasi mahasiswa guna meningkatkan mutu pembelajaran. Data yang diisi ini akan menjadi acuan bagi dosen dalam memperbaiki diri untuk mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimiliki. 

Di beberapa universitas menjadikan data dari EDOM sebagai data untuk menyusun program peningkatan mutu proses pembelajaran. Pengembangan ini bertujuan agar mahasiswa dapat merasakan proses peningkatan mutu pembelajaran menjadi lebih baik.

Peningkatan kualitas dan mutu pembelajaran yang baik ini secara langsung akan berdampak pada penilaian dan proses akreditasi. Sehingga perguruan tinggi dapat mengabaikan penerapan EDOM di perguruan tinggi. 

Agar pengumpulan data EDOM lebih efisien, perguruan tinggi membutuhkan sistem informasi akademik yang handal, memungkinkan pengumpulan hasil EDOM dengan lebih efektif dan efisien.

SIAKAD SEVIMA Telah Terintegrasi dengan EDOM

SEVIMA telah merancang modul sistem akademik (SIAKAD) yang telah terintegrasi dengan pengisian EDOM secara online. Mahasiswa dapat mengisi dan mengumpulkan kuesioner EDOM dengan mudah dan cepat. 

Data yang dikumpulkan dari EDOM akan otomatis tersimpan di data base perguruan tinggi yang dapat digunakan untuk peningkatan layanan perguruan tinggi. Sebagai tambahan, layanan EDOM ini otomatis dapat digunakan di setiap semester.

Salah satu pengguna yang merasakan kemudahan integrasi layanan SIAKAD dengan EDOM adalah Poltekkes Palembang. Msy Puteri Lely Isnaina selaku kepala Urusan Sistem Informasi (Ursifo) Poltekkes Palembang menyampaikan langsung bahwa mereka sangat terbantu merasakan manfaat digitalisasi kampus dari SEVIMA Platform. 

“Kampus sangat terbantu dengan fitur EDOM, jadi ketika mahasiswa ingin melihat nilai harus mengisi EDOM dulu, itu sangat membantu kita untuk akreditasi,” kata putri ketika acara Bimbingan Teknis (BIMTEK) SIAKAD Cloud di Bandung, pada Kamis (23/6).

Baca juga: Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang Mendukung Pembayaran Online

Mengingat EDOM sangat penting bagi dosen, terutama sebagai tahap perbaikan diri dalam proses pembelajaran. Maka pelaksanaan EDOM ini baiknya diperhatikan lebih di lingkungan kampus. 

Selain itu, EDOM juga memiliki peran penting sebagai referensi dalam merancang program peningkatan kualitas proses belajar mengajar dan kinerja dosen. Dengan begitu proses manajemen universitas, fakultas, dan departemen (program studi) bisa mendapatkan hasil yang sesuai. Bahkan dapat meningkatkan akreditasi prodi maupun perguruan tinggi nantinya.

Setelah melihat bahasan di atas, pasti Anda sangat paham betapa pentingnya EDOM di lingkungan kampus.  Itulah mengapa civitas akademik butuh sistem informasi akademik yang terintegrasi langsung dengan EDOM. Sehingga kebutuhan evaluasi setiap semester bisa teratasi dengan maksimal. Yuk rasakan kemudahan dengan menggunakan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) yang telah terintegrasi dengan SIAKAD! Langsung saja hubungi tim SEVIMA di  082261610404, ya!

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×