7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 27 Jul 2023

Sistem Open API di SEVIMA Platform untuk Memudahkan Perguruan Tinggi

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Di era perkembangan teknologi saat ini, seluruh aplikasi sudah dapat saling terhubung. Hal tersebut tentu bertujuan untuk kemudahan dan kenyamanan pengembangan aplikasi dan pelayanan di institusi, tidak terkecuali perguruan tinggi.

Kabar baiknya, kini terdapat fitur “tata kelola API” pada SEVIMA Platform. Sehingga, integrasi data antara SEVIMA Platform dengan aplikasi lain di perguruan tinggi sudah dapat dilakukan. Jadi, operator PT tidak perlu lagi repot mengunduh data dan memberikan ke pihak terkait. 

Tidak sampai disitu, masih banyak manfaat lainnya yang memudahkan Tim IT perguruan tinggi dengan adanya fitur ini. Lalu, apa saja manfaat dari API SEVIMA Platform?

Baca juga: Apa Itu Open API? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Manfaat API SEVIMA Platform

Sudah kita ketahui bersama, API atau Application Programming Interface adalah program aplikasi yang dapat menerapkan system to system integration atau program yang memungkinkan suatu aplikasi untuk berinteraksi dengan aplikasi lainnya. Dengan menggunakan API SEVIMA Platform, perguruan tinggi akan mendapatkan manfaat, meliputi:

  • Integrasi Data Lebih Mudah

Apakah Anda masih repot ketika mau mengintegrasikan data? Dengan menggunakan API, integrasi dari ekosistem SEVIMA Platform ke aplikasi lain sangat mudah. Pengguna  API dapat mengakses data dari satu platform ke platform lainnya. Kini, berbagi data menjadi otomatis serta tetap memperhatikan faktor keamanan. Bahkan, Anda juga dapat membuat laporan lain yang disesuaikan.

  • Seperti Ada Tambahan Staf  IT 

Masihkah tim IT perguruan tinggi diberikan beban kerja yang terlalu banyak? Tenang, jika menggunakan Open API dapat diibaratkan memiliki “Staf IT tambahan”, sehingga dapat meningkatkan kemampuan sistem tanpa harus menambah tim pengembang secara fisik. 

Bisa dibayangkan? fitur API SEVIMA Platform dapat mempermudah pekerjaan dengan cara yang otomatis dan membantu kinerja lebih cepat.

  • Keamanan Pengguna Terjamin 

Keamanan menjadi hal yang utama pada fitur API SEVIMA Platform. Adanya batasan akses pengguna bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan API, sehingga dapat dipastikan bahwa API berfungsi sebagaimana mestinya. 

Oleh sebab itu, bagi pengguna API, sangat penting untuk memahami batasan yang diterapkan dan mematuhi aturan yang ditetapkan oleh penyedia API, sehingga dapat terhindar dari pelanggaran dan penyalahgunaan akses.

Alur Rencana Penggunaan API SEVIMA Platform

Agar dapat menggunakan API SEVIMA Platform yang sedang kami kembangkan, admin perguruan tinggi harus berkoordinasi dengan tim SEVIMA terlebih dulu. Selanjutnya dapat mengambil key API untuk implementasi ke sistem yang membutuhkan integrasi data. Adapun pengelolaan yang dapat dilakukan oleh Tim  IT perguruan tinggi yaitu:

  • Mengelola  IP Akses Setiap Key API

Tujuan mengelola IP akses setiap Key API yaitu untuk meningkatkan keamanan API dan hanya dapat diakses bagi pengguna yang disetujui. Penyedia API dapat memastikan bahwa hanya aplikasi atau server terpercaya yang diperbolehkan untuk mengakses API tersebut dengan cara mengaitkan setiap Key API dengan alamat IP tertentu.

  • Memantau IP Akses Setiap Key API

Lagi-lagi untuk memastikan keamanan yang menjadi poin penting dalam penggunaan API, pengguna dapat memantau IP akses setiap Key API yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan merespon dengan cepat aktivitas yang mencurigakan dan berbahaya.

  • Melakukan Pergantian Secret Key API Secara Berkala

Melakukan pergantian Secret Key API secara berkala  sangat dianjurkan untuk memastikan keamanan API. Secret Key API dapat digunakan untuk mengotentikasi akses ke API, sehingga dengan menggantinya secara berkala dapat  mengurangi potensi risiko akses dan meminimalisir yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: SEVIMA Bersiap Tingkatkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi Berstandar Internasional Melalui ISO 27001

Sekarang Anda sudah mengetahui manfaat menggunakan API SEVIMA Platform, apalagi di era digital ini penggunaan Open API sangat penting untuk peningkatan pengembangan aplikasi dan layanan. SEVIMA Platform saat ini telah dibekali dengan Open API, yang memungkinkan Perguruan tinggi mengambil data dari ekosistem SEVIMA Platform. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengintegrasikan data dari SEVIMA Platform ke aplikasi atau laporan lain yang dikembangkan. Anda cukup mengambil key API pada halaman API SEVIMA, lalu implementasi ke sistem yang membutuhkan integrasi data.

SEVIMA siap membantu perguruan tinggi menunjang pengelolaan data yang efektif dan efisien namun tetap menunjang keamanan data. Jadi, kapan Perguruan Tinggi Anda mau menggunakannya? Segera kunjungi sevima.com untuk infomasi lebih lanjut, ya.

Gambar: Canva.com

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×