Dunia Kampus | Kampus Merdeka | kemendikbud

Sistem Pendukung Penerapan Kampus Merdeka

SEVIMA.COM – Semenjak menteri pendidikan Nadiem Makarim mencanangkan kampus merdeka, banyak kampus yang berlomba lomba menerjemahkan pelaksanaan kampus merdeka dengan aset dan sumber daya yang dimiliki.

Kampus Merdeka dicanangkan untuk mendekatkan sisi scientific keilmuan dan keahlian dunia kampus dengan kebutuhan teknis dan nyata dunia kerja dan masyarakat.

Program ini berisikan 4 kebijakan baru bagi kampus-kampus di Indonesia yang tentunya memberikan manfaat tidak hanya bagi kampus itu sendiri namun juga para mahasiswanya.

Bagi kampus terdapat kebijakan mengenai pembukaan program studi baru, perubahan pada sistem akreditasi kampus dan juga kebebasan bagi PTN Badan Layanan Umum menjadi PTN Badan Hukum.

Sedangkan kebijakan baru yang menguntungkan bagi para mahasiswa adalah adanya kebebasan dalam mengambil mata kuliah yang berada di luar program studi yang diambilnya, bahkan mahasiswa juga bisa mengambil SKS di luar perguruan tingginya.

Dengan adanya program ini tentunya akan semakin memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk bisa lebih berkembang.

Banyak perguruan tinggi yang ingin mulai menerapkan program baru tersebut, namun masih banyak yang bingung terkait penerapannya. Ditambah lagi, sistem informasi kampus yang digunakan juga belum mendukung untuk implementasi kampus merdeka.

Nah, untuk membantu kampus Anda dalam menerapkan kampus merdeka, sistem informasi siAkad Cloud sudah bisa digunakan untuk mendukung pelaksanaan kampus merdeka dengan fitur yang sesuai dengan kebijakan.

Jadi, mahasiswa bisa memiliki kemudahan untuk mengambil mata kuliah lain yang berada di luar program studi yang diambilnya.

Bahkan, bagian administrasi kampus akan dimudahkan dalam melakukan pendataan mahasiswa yang mengikuti program kampus merdeka. Serta dimudahkan pula untuk melakukan “konversi nilai”.

Plusnya lagi, dengan menggunakan sistem akademik yang sudah sesuai dengan program kampus merdeka, kampus anda:

– Bisa memenuhi salah satu indikator kinerja utama (IKU)
– Data siap untuk pelaporan Kampus Merdeka ke Feeder PDDikti
– Dan, kampus Anda bisa menjadi pelopor merdeka belajar kampus merdeka

Ingin sukses menerapkan kampus merdeka, sistem akademik juga harus merdeka dengan siAkad Cloud.

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar