Dunia Kerja | Dunia Mahasiswa

Gratis! Ini 10 Situs Kuliah Online Bisa Belajar Di Rumah Aja

SEVIMA.COM – Buat kamu yang mulai bosan di rumah aja, gak ada salahnya nih menambah ilmu pengetahuan dari bidang apa saja lewat situs kuliah online. Selain gratis, kamu juga bisa dapatkan ilmu eksklusif dari universitas ternama di dunia seperti Harvard dan MIT, lho. Pasti mau banget, kan?

Yuk, cek dulu 10 rekomendasi situs kuliah online gratis buat kamu berikut ini! Check this out!

10 Situs Kuliah Online

  1. Open2Study
  2. edX
  3. 3. Coursera
  4. IndonesiaX
  5. Future Learn
  6. MIT Open Course Ware
  7. Alison
  8. OEDb
  9. LectureFox
  10. Massive Open Online Courses (MOOCs)

1. Open2Study

Open2Study (OpenEdu) merupakan sebuah organisasi pendidikan tinggi berbasis online di Australia. Pada situs kuliah online ini, terdapat dua jenis kursus yang bisa kamu ambil, yaitu University Courses dan Free Courses.

University Courses berbentuk perkuliahan jarak jauh dimana mahasiswa bisa lulus serta mendapatkan gelar sertifikat yang terakreditasi sama seperti dengan mahasiswa yang berkuliah di kampus secara offline. Sementara, Free Courses menjadi fitur kuliah online gratis yang bisa diakses siapa saja.

2. edX

Dengan mendaftar kuliah online gratis di situs edX, kamu akan memperoleh silabus, rekaman video hingga forum diskusi dari berbagai bidang kursus secara gratis. Situs edX ini didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. Gak tanggung, ada 1300 kursus yang bisa kamu ikuti dari situs kuliah online ini. Bermanfaat banget!

3. Coursera

Lalu ada Coursera nih! Pada situs ini, kamu akan belajar dari bimbingan instruktur keren dan berkualitas tinggi dari lembaga pendidikan dan universitas terbaik di dunia. Teknik pembelajarannya dengan menggunakan video dan rekaman dari dosen dan forum diskusi. Kamu bisa menikmati lebih dari 2000 jenis kursus dari segala bidang pelajaran yang disediakan oleh 150 lembaga pendidikan dan universitas terbaik yang bisa kamu pilih secara gratis.

Baca juga: Cari Sampingan, Ini 10 Situs Freelance Online Untuk Mahasiswa

4. IndonesiaX

Kamu juga jangan sampai melewatkan situs IndonesiaX. Situs ini menyediakan berbagai macam kelas yang bisa kamu manfaatkan untuk upgrade skill dan ilmu perkuliahan secara gratis mulai dari bidang broadcasting, kesehatan hingga manajemen.

IndonesiaX saat ini memiliki kemitraan dengan beberapa kampus dan organisasi elit di Indonesia seperti Universitas Indonesia, ITB, Universitas Airlangga, Net TV, Rumah Perubahan Rhenald Kasali, dan organisasi keren lainnya.

5. Future Learn

Future Learn adalah situs yang menyediakan ratusan kursus atau kuliah online mulai dari bidang bahasa, sains dan teknologi, kesehatan, hingga bisnis. Pastinya, semua kelas ini bersifat gratis. Kamu perlu mendaftar untuk mengikuti kelas dan bertemu dengan para pelajar dan pengajar terbaik dari seluruh penjuru dunia. Materi perkuliahan yang didapatkan dapat berupa video, artikel, kuis, dan diskusi. Dijamin seru!

6. MIT Open Course Ware

Jika kamu ingin kuliah di MIT (Massachusetts Institute of Technology), gak harus jauh-jauh ke kota Cambridge, lho. Kamu bisa mencoba kuliah online gratis dari situs MIT Open Course Ware. Situs ini menyediakan sekitar 2400 jenis kursus dari kampus MIT yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah ilmu pengetahuan dari berbagai bidang secara gratis.

7. Alison

Alison yang merupakan salah satu pelopor situs belajar online gratis di dunia sejak tahun 2007. Alison memiliki beberapa pengajar dari beragam institusi dunia, seperti Google, Microsoft dan universitas terkemuka lainnya. Lewat situs ini, kamu bisa memilih lebih dari 750 materi pelajaran yang keren dan sayang untuk dilewatkan secara gratis.

8. OEDb

OEDb adalah direktori pendidikan online yang komprehensif untuk pilihan pembelajaran gratis dan untuk kredit. Menawarkan informasi program terperinci dan terkini dari perguruan tinggi online terakreditasi, bersama dengan daftar kategori lebih dari 8.000 kursus perguruan tinggi online gratis dari universitas terkenal dengan program studi Akuntansi, Bisnis, Ilmu Komputer, Peradilan pidana, pendidikan Teknik, Desain Grafis,  IT, Pemasaran, Master of Business Administration (MBA), Perawat, Paralegal, Doctor of Philosophy, dan Psikologi. Minat dengan situs ini silakan klik laman https://oedb.org/

9. LectureFox

Melalui Lecturefox, kamu yang tertarik dengan matematika, ilmu komputer, dan bidang ilmiah lainnya dapat menemukan kuliah dari beberapa universitas terkemuka di dunia. Situs web mencari file courseware terbuka dari profesor di universitas seperti Harvard, Oxford, MIT, UCLA, Houston dan UC Berkeley untuk diakses siapa saja.

LectureFox membuat kumpulan tautan perguruan tinggi untuk streaming video, audio, dan dokumen dari seluruh dunia. Daftarnya bersih dan mudah digunakan. Meskipun mereka mengkhususkan diri dalam Ilmu Komputer, Matematika dan Fisika, tapi ada jurusan lain yang ditawarkan seperti teknik elektro, kimia, biologi, psikologi, ekonomi, sejarah dan filsafat.

10. Massive Open Online Courses (MOOCs)

Massive Open Online Courses (MOOCs) adalah kursus online gratis yang bisa menjadi pertimbangan untuk memberikan pengalaman pendidikan berkualitas dalam skala besar. Berbagai generasi di seluruh dunia telah mempercayai MOOCs untuk mengembangkan karir, mengubah karir, persiapan kuliah, pelatihan perusahaan dan lainnya.

MOOCs secara sukarela membantu berbagi ilmu bagi yang berkenan mengikuti perkembangan ilmu. Siap untuk menjadi bagian dari MOOCs? Silakan klik laman https://www.mooc.org/

Nah, itu tadi 7 rekomendasi situs kuliah online gratis yang wajib kamu catat ya! Sebagai generasi muda, saatnya kita manfaatkan setiap platform digital secara baik dan bijak. Kamu juga jangan lupa untuk terus upgrade skill dan pengetahuan untuk semakin siap sukses dan berkarier di dunia kerja meski harus di rumah aja.

Sumber: campuspedia.id / bernas.id

Bagikan artikel ini

Komentar