5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 05 Dec 2023

Apa Itu MOOCs (Massive Online Open Courses)? Pentingkah Bagi Kampus?

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Massive Online Open Courses atau sering disebut MOOC, kini semakin populer sebagai solusi pembelajaran jarak jauh yang terkendala ruang dan waktu. Meskipun pengguna sedang berada di luar kampus, mereka masih bisa mengakses MOOC ini. 

Namun, apakah sebenarnya MOOC ini penting bagi perguruan tinggi di Indonesia?

Pengertian MOOC

Massive Online Open Courses (MOOC) adalah program yang bertujuan untuk memudahkan akses mahasiswa dan seluruh masyarakat untuk dapat mengikuti perkuliahan dari dosen atau ahli terkemuka di berbagai universitas. MOOC mengimplementasikan metode pembelajaran jarak-jauh dan bisa diakses kapan saja.

Program pengembangan MOOC akan memperluas akses pendidikan ke masyarakat melalui perkembangan teknologi digital secara merata. Meskipun pembelajaran MOOC mengadopsi model pembelajaran jarak jauh (daring), perguruan tinggi akan mendesain pendekatan yang fleksibel sehingga pengetahuan atau kursus yang diakses oleh user dapat tetap mencapai output

Mengapa MOOC sangat menguntungkan?

1. Biaya Lebih Murah

Salah satu keunggulan dari MOOC adalah biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Dari segi biaya, MOOC biasanya lebih murah dibandingkan dengan kuliah konvensional biasa. Selain itu, sistem pembelajaran yang online akan membuat peserta yang mengikuti kelas tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk menuju kelas. 

2. Meningkatkan skill saat mencari kerja

Mengikuti MOOC dapat meningkatkan peluang diterima lebih tinggi. Kebanyakan materi dari MOOC bersifat dasar hingga advance sehingga membantu meningkatkan keterampilan peserta. Selain itu, ketika mengikuti MOOC, peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti pembelajaran. 

3. Kemudahan belajar berbagai materi

Melalui MOOC pembelajaran tidak terbatas pada satu keterampilan saja, peserta dapat mengakses berbagai materi secara indepth dengan berbagai pilihan materi. Sehingga peserta tidak dibatasi untuk mempelajari berbagai materi pembelajaran. 

Alasan MOOC Penting Bagi Perguruan Tinggi

1. Sebagai Branding Kampus

Branding melalui MOOC akan membantu perguruan tinggi mendapatkan exposure dari calon mahasiswa hingga masyarakat luas yang ingin belajar. Bahan ajar di MOOC juga membantu untuk menonjolkan kualitas pembelajaran. Tak hanya itu, kampus juga bisa menampilkan dosen yang berkualitas. Tentunya, MOOC akan membentuk citra kampus yang semakin akrab sebagai provider di dunia pendidikan.

2. Dapat Menunjang Akreditasi

Berdasarkan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) 3.0. pada poin C.5.4.b terkait prasarana, perguruan tinggi perlu menyediakan sistem teknologi informasi untuk menyebarkan ilmu pengetahuan. Salah satunya menggunakan e-learning. Di dalam e-learning menyediakan berbagai macam fitur untuk mempermudah mahasiswa melakukan eksplorasi pembelajaran. Itulah mengapa, e-learning seperti MOOC ini sangat membantu mahasiswa. 

E-learning dengan fitur MOOC akan membantu mahasiswa untuk mempelajari hal yang lebih dan tidak terbatas pada materi di program studi. Hal ini membawa menjadi salah satu strategi untuk menyiapkan lulusan sesuai dengan dunia industri. 

3. Menunjang Capaian IKU

MOOC adalah salah satu cara perguruan tinggi untuk mencapai poin IKU 5, yaitu Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. Melalui poin IKU 5, hasil kerja dosen tersebut tak hanya berkontribusi meningkatkan pengetahuan di masyarakat, industri hingga pemerintah. 

Melalui MOOC, dosen dapat berkontribusi menghasilkan video-video yang diakses secara daring untuk membantu masyarakat untuk mengakses pengetahuan yang masih terbatas. Karya yang dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat, industri, dan pemerintah dan akan membantu akses pendidikan secara merata di Indonesia. 

 

Penjelasan IKU 5

Penjelasan poin IKU 5 (sumber: Kepmendikbudristek Nomor 210)

Baca juga: Apa Itu Student Engagement Score (SES) di SEVIMA Platform?

Contoh Penerapan MOOC di Berbagai Perguruan Tinggi

Penerapan MOOC sangat populer di luar negeri karena dinilai memudahkan siapapun untuk belajar. Beberapa kampus mulai dari Harvard, Sydney University, Stanford University telah mengembangkan MOOC dan menyediakan berbagai materi mulai dari untuk pemula hingga advanced. 

Universitas di Indonesia juga mulai menerapkan MOOC untuk membantu pemerataan akses pendidikan. Beberapa kampus di Indonesia yang sudah memiliki MOOC adalah Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Terbuka, dan masih banyak lagi.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai MOOC dan alasan mengapa MOOC penting bagi kampus. Saat ini, SEVIMA telah menyediakan fitur MOOC pada modul SEVIMA Edlink yang mendukung pembelajaran dengan sistem elearning. Bagi Anda yang tertarik dengan fitur ini dapat langsung menghubungi SEVIMA.COM atau 082282261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Mengenal PDDIKTI, Manfaat, & Cara Cek Data Mahasiswa Artikel Selanjutnya Di Hadapan Ratusan Mahasiswa ITS & Singapura, Pendiri SEVIMA Bagikan Tiga Tips Memulai Usaha di Era Digital
×