Dunia Akademik | Dunia Dosen | Info Sentra Vidya Utama | Seputar Pendidikan

Solusi Meningkatkan Peran Aktif Dosen Wali dan Mahasiswa dalam Progres Akademik

SEVIMA.COM – Peran dosen wali di sebuah perguruan tinggi memang sangat penting dalam berjalannya proses kegiatan belajar mengajar. Banyak hal yang harus disiapkan oleh dosen agar seluruh kegiatan belajar mahasiswa tersebut bisa berjalan dengan baik dan optimal. 

Menjadi seorang dosen wali tentunya menjadi beban tersendiri bagi para dosen. Tugas yang diemban akan jauh lebih banyak dan kompleks karena harus mengurus dan membimbing kebutuhan akademik mahasiswa bimbingannya. Namun, jika dosen wali tidak bisa membimbing dengan optimal, apakah hal itu adalah sepenuhnya salah dari dosen wali? Tentunya banyak faktor yang bisa mempengaruhi permasalahan tersebut. 

Untuk itu, seorang dosen wali membutuhkan dorongan agar tingkat keaktifan dosen wali di sebuah perguruan tinggi bisa berjalan dengan maksimal. Nah, sebelum membahas lebih dalam, mari kita bahas mengenai peran dosen wali di dalam sebuah perguruan tinggi.  

Baca juga: Peranan Dosen Wali atau Pembimbing Akademik Untuk Mahasiswa

Peran dosen wali di dalam perguruan tinggi

Peran dosen wali di dalam sebuah perguruan tinggi sangatlah penting bagi mahasiswa. Dosen wali ditugaskan untuk memberikan bimbingan dan persetujuan rencana studi bagi mahasiswa. Selain itu dosen wali juga berperan untuk memberikan konsultasi secara berkala terkait dengan permasalahan akademik yang dialami oleh mahasiswa. 

Jika terjadi suatu permasalahan yang terjadi pada anak didiknya maka dosen wali berhak memberikan rekomendasi, motivasi, hingga mencarikan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Dengan begitu, kegiatan akademik mahasiswa akan segera terbantu jika dosen wali tersebut membantu menyelesaikan dengan baik. 

Keaktifan Konsultasi Masuk dalam akreditasi

Tingkat keaktifan konsultasi antara dosen wali dan mahasiswanya sangatlah dibutuhkan. Dosen wali dituntut untuk terus memberikan bantuan kepada mahasiswa mereka jika terjadi permasalahan di dalam akademik mereka agar mencapai akademik yang maksimal. 

Tak hanya memberikan bimbingan saja, namun dosen juga diwajibkan untuk memberikan solusi kepada mahasiswa baik dalam bidang akademik, hingga psikologis yang kerap dialami oleh mahasiswa. Nah, keaktifan dosen ini sangat dibutuhkan perguruan tinggi agar mahasiswa di perguruan tinggi tersebut bisa terbentuk sesuai dengan kriteria capaian lulusan dengan baik dan maksimal. 

Baca juga: Bagaimana Sistem Perkuliahan di Universitas?

Solusi untuk meningkatkan keaktifan dosen

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan kemudahan dosen dalam meninjau seluruh proses akademik. Maka dosen membutuhkan sebuah platform sistem informasi akademik yang mumpuni. Sehingga data-data mahasiswa yang sudah terkumpul bisa teridentifikasi dengan baik. 

Sebagai salah satu perusahaan teknologi informasi di bidang pendidikan, SEVIMA memberikan solusi permasalahan tersebut melalui SiAkad Cloud. SEVIMA SiAkad Cloud telah meluncurkan OTA terbaru khusus untuk Dashboard mahasiswa. Melalui dashboard ini mahasiswa bisa langsung mengetahui progres akademik, nilai hingga riwayat keuangan dalam satu tampilan.

 Dengan begitu, dosen wali tak harus selalu menginfokan kepada mahasiswa mengenai informasi secara keseluruhan. Di sinilah, mahasiswa yang seharusnya lebih aktif untuk memantau kebutuhan akademiknya. 

Jadi tunggu apalagi? Segera permudah kebutuhan akademik di kampus Anda dengan siAkad Cloud

Bagikan artikel ini

Komentar