Pelaporan PDDikti

SSO PDDikti, Minimalisir Lupa Password di Aplikasi PDDikti Admin

SEVIMA.COM – Di era digital saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran aplikasi telah membantu produktivitas para penggunanya. Dalam dunia pendidikan pemerintah melalui Kemendikbudristek telah banyak melakukan inovasi dengan aplikasi-aplikasi yang membantu permudah kampus.

Namun, kehadiran aplikasi yang semakin banyak membuat proses login dan autentikasi semakin rumit. Permasalahan ini dapat diatasi dengan Single Sign-On, sebuah sistem autentikasi terhadap para pengguna.

Kabar baiknya, saat ini Ada yang baru di aplikasi PDDikti Admin. Sekarang, #SobatPDDi dapat melakukan Single Sign On pada aplikasi PDDikti Admin. Sistem SSO ini, juga akan dikembangkan dan diintegrasikan dengan seluruh aplikasi Dikti, jadi #SobatPDDikti cukup satu kali log in untuk mengakses berbagai aplikasi milik Dikti jadi lebih mudah.

Baca juga : Sistem Informasi Akademik yang Sudah Support Feeder PDDikti 4.0 Kampus Merdeka

Cara Kerja Sistem Single Sign-On

Dengan sistem Single Sign-On, para pengguna hanya perlu sekali melakukan login untuk dapat mengakses beberapa aplikasi. Dengan demikian, para pengguna tidak perlu lagi login di masing-masing aplikasi.

SSO memiliki dua arti, yakni Single Sign On, di mana para pengguna dapat mengakses semua aplikasi yang telah diatur oleh sistem dengan sekali login, ataupun Single Sign-Out, yang berarti logout dari satu aplikasi, maka semua aplikasi yang telah diatur di sistem akan logout pula secara otomatis.

Lalu bagaimana cara menggunakan SSO di aplikasi PDDikti Admin?

Untuk bisa menggunakan SSO di aplikasi PDDikti, berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi laman PDDikti Admin
2. Pilih “Sign in with SSO”
3. Lengkapi username dan password
4. Sistem SSO akan meminta persetujuan untuk membagikan informasi user
5. Jika memilih setuju, user berhasil masuk ke laman PDDikti Admin

Demi mempermudah akses login seluruh pengguna Sevima, sistem informasi akademik siAkad Cloud yang dikembangkan SEVIMA juga telah menggunakan sistem Single Sign-On (SSO), Jadi, di siAkad Cloud anda cukup login sekali menggunakan akun siAkad Cloud ke berbagai produk Sevima lainnya seperti EdLink dan Akreditasi Cloud. Sehingga tidak perlu membuat/ mengingat banyak akun lagi.

Dan paling penting, aplikasi siAkad Cloud sudah terintegrasi dengan Feeder PDDikti untuk memudahkan pelaporan PDDikti. Bagaimana ingin sistem informasi akademik yang sudah mempunyai sistem Single Sign-On (SSO) dan sudah terintegrasi dengan Feeder PDDikti, silahkan bergabung dengan siAkad Cloud.

Bagikan artikel ini

Komentar