Berita | Dunia Kampus | kemendikbud

Syarat Usul Pendirian & Perubahan PTS serta Pembukaan Prodi 2021

SEVIMA.COM – Usul pendirian dan perubahan Perguruan Tinggi Swasta serta pembukaan program Studi Tahun 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali membuka kesempatan usul pendirian dan perubahan Perguruan Tinggi Swasta.

Usul pendirian dan perubahan Perguruan Tinggi Swasta untuk Penyelenggara Pendidikan Akademik (PTS Akademik) serta pembukaan Program Studi Pendidikan Akademik (PS Akademik) pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Akademik (PT Akademik) Tahun 2021.

Dilanjutkannya program ini sebagai bagian dari pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 07 Tahun 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta.

Baca juga: Cara Kampus Dapatkan Dana Matching Fund Sebesar Total Rp250 Miliar

Kapan Waktu Penyampaian Usulan Pendirian/ Perubahan?

Penyampaian usulan tersebut dilakukan secara daring/online melalui laman silemkerma.kemdikbud.go.id mulai 18 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021. Keterangan lebih lanjut terkait penyampaian usulan dapat dikoordinasikan dengan Direktorat Kelembagaan, Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka pada periode pengusulan tahun 2021 ini, usul Pendirian dan Perubahan PTS Akademik serta Pembukaan PS Akademik pada PT Akademik akan diproses oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sedangkan usul Pendirian dan Perubahan PTS Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTS Vokasi) serta Pembukaan Program Studi Pendidikan Vokasi (PS Vokasi) pada PT Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PT Vokasi) akan di proses oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Baca juga: Cara & Syarat Daftar Kampus Mengajar Kemendikbud 2021

Mekanisme dan Syarat Penyampaian Usulan Pendirian/ Perubahan?

Mekanisme dan persyaratan usul dapat diunduh pada menu Panduan laman silemkerma.kemdikbud.go.id, berupa:

1. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi tentang Persyaratan dan Prosedur Pendirian PTS Penyelenggara Pendidikan Akademik, Perubahan PTS Penyelenggara Pendidikan Akademik dan/atau Pembukaan PS Akademik atau PS Profesi pada PT Penyelenggara Pendidikan Akademik Tahun 2020 atau Tahun 2021;

2. Instrumen Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Pembukaan Program Studi Pendidikan Akademik atau Pendidikan Profesi Tahun 2020 atau Tahun 2021.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah Surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 0080/E.E3/OT/2021 tanggal 14 Januari 2021 tentang Usul Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta serta Pembukaan Program Studi Tahun 2021. Surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 0080/E.E3/OT/2021

Bagikan artikel ini

Komentar