Flash News

Tak Perlu Ke Luar Pulau, Kuliah di Universitas Karimun Riau Gak Kalah Keren Lho!

SEVIMA.COM – Terletak di daerah Kepulauan Riau, Universitas Karimun merupakan salah satu perguruan tinggi swasta pilihan bagi masyarakat sekitar. Namun sayangnya di masa pandemi saat ini penerimaan mahasiswa baru menurun drastis.

Pihak universitas pun harus berjuang keras untuk meningkatkan jumlah peminat, agar proses perkuliahan bisa tetap berjalan. Berbagai strategi dilakukan untuk mempromosikan universitas.

Seluruh civitas akademika diajak dalam melakukan promosi. Semua mahasiswa diminta untuk ikut mempublikasikan di media sosial masing-masing, seperti Facebook, Instagram, TikTok, hingga YouTube.

Tak hanya itu, pihak universitas juga mendatangi SMA/SMK yang ada di Kabupaten Karimun hingga Pulau Kundur untuk melakukan promisi. Diharapkan dengan cara itu masyarakat bisa lebih mengenal Universitas Karimun.

Pembantu Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Karimun Said Nuwrun mengatakan kampusnya berada di daerah perbatasan. Kendati demikian pihaknya tak patah arang untuk ikut memajukan pendidikan di Indonesia.

“Kami akui memang kesulitan untuk menjaring mahasiswa baru. Pada intinya dalam penyelenggaraan perguruan tinggi kita berupaya melakukan perbaikan demi perbaikan,” kata Said kepada SEVIMA beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Kuliah S2 di STAI Nida El Adabi, Cukup Sisikan Rp20 Ribu Perhari

Ia menambahkan terus melakukan promosi ke sekolah-sekolah agar lulusan mereka bisa melanjutkan pendidikan ke Universitas Karimun. Ada 10 program studi yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa baru.

Seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Perkapalan, Budidaya Perairan, Akuntansi, serta lainnya.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiwa Baru Universitas Karimun Zalmi mengatakan sejumlah kendala dihadapi saat menjaring mahasiswa baru. Salah satunya yakni banyak yang beranggapan bahwa kuliah di luar pulau lebih baik dibandingkan dengan di wilayahnya sendiri.

“Saat sosialisasi ke sekolah mereka banyak yang beranggapan bahwa minder ketika kuliah di satu pulau. Jadi karakteristik masyarakat di Kabupaten Karimun ini, lebih sedikit bergengsi apabila mereka kuliah di luar Kabupaten Karimun,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya kini tengah berusaha mengubah mindset masyarakat sekitar agar tidak minder ataupun malu walaupun kuliah di sekitar Kabupaten Karimun. Namun menurutnya hal itu memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Baca juga : Sediakan Beasiswa Satu Miliar Rupiah, Beasiswa SEMESTA 2022 Telah Dibuka!

Ia menjamin pembelajaran di Universitas Karimun tidak kalah bekualitas dengan yang ada di perguruan tinggi lainnya. Tercatat tak sedikit mahasiswa Universitas Karimun yang berprestasi. Pihak kampus akan terus mendukung usaha mahasiswa yang ingin berkembang mengasah kemampuan di luar bidang akademik.

Ia menambahkan lulusan Universitas Karimun juga bisa bersaing di dunia kerja yang luas. Sehingga tak ada alasan untuk melajutkan pendidikan di Universitas Karimun.

“Banyak alumni Universitas Karimun yang berhasil di dunia kerja yang bisa menjadi inspirasi, jadi jangan ada lagi gengsi untuk kuliah di Universitas Karimun,”

Sebagai pilihan, Universitas Karimun menawarkan kuliah malam hari. Sehingga bagi mahasiswa yang bekerja sambil kuliah bisa memanfaatkan kesempatan tersebut.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar