Ternyata Kuliah Online Bisa Dongkrak Karier dan Penghasilanmu!

Dunia Kampuse-learningFeatured
 

adminweb

 

07 April 2020

Tahukah kamu? Menurut data dari BPS, hanya 8% dari 114 juta penduduk bekerja di Indonesia yang sudah menyandang gelar Sarjana. Padahal, menurut penelitian yang dilakukan oleh McKinsey Global Institute pada tahun 2012, permintaan tenaga kerja yang kompeten diprediksi akan meningkat tajam hingga 113 juta orang pada tahun 2030 dengan jumlah ketersediaan hanya 104 juta orang.

Dengan pesatnya pertumbuhan penduduk, sebenarnya Indonesia akan mendapatkan bonus demografi atau jumlah penduduk. Akan tetapi, jika tambahan populasi dengan usia produktif ini tidak dibekali keahlian yang tepat, mereka malah akan sulit bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus sehingga menjadi beban bagi negara. Duh…

Salah satu solusi untuk meningkatkan keahlian bagi pekerja khususnya yang ingin meniti karier jangka panjang yang makin cemerlang adalah dengan meraih gelar Sarjana. Tak dipungkiri untuk banyak posisi seperti Supervisor, Manajer apalagi Direktur, syarat terpenting adalah lulus kuliah minimal S1.

Lalu bagaimana jika kamu sudah kadung bekerja tapi belum punya gelar Sarjana dan ingin meningkatkan karier? Tenang, kini sudah ada kuliah online yang bisa mengakomodir kebutuhan pekerja yang ingin kuliah lagi. Sistem perkuliahan online memang tergolong baru di Indonesia, namun siapa yang menyangka sistem kuliah ini memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan sistem kuliah konvensional  atau tatap muka biasa. Yuk simak apa saja keunggulan sistem kuliah online!

1. Waktu belajar yang fleksibel

Dalam hal waktu dan tempat, sistem perkuliahan online lebih fleksibel karena bisa dilaksanakan kapan saja dan dari mana saja. Sistem kuliah ini tidak membutuhkan kelas khusus atau waktu tertentu untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, biasanya materi diberikan secara online (baik dalam bentuk ebook, video penjelasan, latihan soal, materi, dan lainnya) dan bisa diakses oleh mahasiswa melalui ponsel pintar, tab, atau laptop.

Selain waktu dan tempat, fleksibilitas juga dirasakan dalam pilihan materi kuliah online yang mengakomodir setiap kebutuhan mahasiswa. Beberapa orang ada yang lebih senang menonton dibanding membaca, maka mereka bisa belajar dari materi video. Atau mungkin sebaliknya.

2. Hemat biaya

Sistem kuliah online atau blended learning biasanya lebih terjangkau dari kuliah konvensional. Data dari Pintaria.com menyebutkan bahwa kuliah dengan sistem blended learning di kampus-kampus mitra mereka bisa 60% lebih rendah dibanding kuliah reguler. Pembiayaannya pun bisa dicicil bulanan. Tidak ada alasan tidak kuliah karena kendala biaya. Jika kamu butuh biaya tambahan untuk mendaftar kuliah blended learning, kamu juga bisa mengajukan pinjaman di Tunaiku.

3. Bisa sambil bekerja

Tentu bekerja sambil kuliah tidak akan bisa berjalan secara maksimal. Dua kegiatan yang sama-sama membutuhkan perhatian khusus ini akan sangat melelahkan dan menguras tenaga, namun berbeda ketika mengikuti kuliah online atau kuliah blended learning, kuliah bisa dilaksanakan dimanapun asal kamu terkoneksi dengan internet. Kamu bisa mengejar karier dan cita-cita serta menghimpun pundi-pundi uang, namun di saat bersamaan juga bisa meraih gelar Sarjana. Menarik bukan?

Baca juga: 5 Tips Kuliah Online Agar Lebih Efektif Selama Social Distancing

4. Menambah jejaring profesional 

Dalam metode kuliah blended learning, kamu tetap hadir ke kampus setiap seminggu sekali biasanya di akhir pekan, untuk mengikuti perkuliahan tatap muka. Di sinilah kamu mendapatkan manfaat menambah jejaring profesional dari mahasiswa lain yang juga kebanyakan adalah karyawan atau pekerja. Kamu dapat berbagi pengalaman dan menambah wawasan tentang berbagai jenis pekerjaan atau bahkan mendapat peluang karier yang baru.

5. Belajar dari kasus nyata

Karena kebanyakan mahasiswa kuliah online adalah pekerja profesional, manfaat selain jejaring yang dirasakan adalah materi kuliah yang lebih relevan dalam kehidupan pekerjaan para mahasiswanya. Dosen-dosen tak segan memberikan contoh kasus yang menantang untuk dipecahkan, dengan cara ini kamu bisa mengaplikasikannya langsung dalam kehidupan pekerjaan di kantor. Tentu saja hal ini akan berdampak positif bagi kariermu di masa depan.

Tertarik kuliah online yang punya banyak keunggulan di atas? Tak usah khawatir karena kini kamu bisa mendaftar perkuliahan online metode blended learning melalui Pintaria, sebuah portal pendidikan S1 dan S2 blended learning pertama di Indonesia.

Bagikan artikel ini
Download WordPress ThemesPremium WordPress Themes DownloadDownload Nulled WordPress ThemesDownload Best […] Download Premium WordPress Themes FreeDownload Best WordPress Themes Free DownloadDownload […]

Komentar :