support@sevima.com

 +62 31 8722719


Pengetahuan IT 

Terobosan Baru Mekanisme Sistem Pendataaan Pendidikan di Indonesia

 

adminweb

 

13 Agustus 2015

SEVIMA.COM – Terobosan Baru Mekanisme Sistem Pendataaan Pendidikan di Kemdikbud telah dimulai sejak tahun 2013 dengan diluncurkannya DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) dengan semboyan “Satu Nusa Satu Bangsa Satu Data”. Pengembangan ini didasari oleh permasalahan yang terjadi selama kurun waktu 4 tahun terakhir, dimana banyak ditemui data yang tidak valid (dirty data), data ganda siswa dan guru, data yang terpisah-pisah di berbagai unit kerja, dan mekanisme penjaringan data dari sekolah ke pusat masih memerlukan waktu yang cukup lama.

PT. Sentra Vidya Utama (SEVIMA) selaku konsultan teknologi informasi yang memiliki banyak jam terbang di dunia pendidikan khususnya dalam pengembangan Sistem Informasi dipercaya oleh Kemdikbud RI untuk mengembangkan mekanisme pengiriman data dari sekolah langsung ke pusat (Kemdikbud). Tugas untuk mengimplementasikan sistem pendataan di 215 ribu sekolah mulai jenjang SD, SMP, dan SMA dengan 62 juta data siswa merupakan tantangan berat yang perlu dihadapi untuk menjamin kualitas pendataan pendidikan yang lebih baik. Kualitas data ini sangat penting bagi pengambilan kebijakan baik di level pemerintah daerah dan kementerian pusat termasuk kebijakan pemberian bantuan operasional sekolah / beasiswa.

Solusi yang diambil adalah dengan melakukan optimalisasi pengiriman data dengan metode sinkronisasi (two-way sync) , metode ini terbukti dapat menjamin kualitas, akurasi dan ketersediaan data serta informasi untuk menunjang proses pengambilan kebijakan. Saat ini sistem Dapodik dapat menangani transaksi pengiriman data lebih dari 15 ribu sekolah setiap harinya, dan dampak positif dari mekanisme ini adalah menekan terjadinya kecurangan manipulasi data fiktif oleh oknum-oknum guna mendapatkan keuntungan pribadi, dari Pihak Sekolah & Guru merasa sangat terbantu karena mereka cukup memasukkan data sekali saja untuk berbagai macam keperluan administrasi, dan bisa lebih fokus tugas utama mereka untuk melaksanakan tridharma pendidikan.

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami