support@sevima.com

 +62 31 8722719


SIM SEVIMA Success story 

Tingkatkan Sistem Informasi, UNIKA De La Salle Manado Gandeng SEVIMA

 

adminweb

 

23 Agustus 2018

SEVIMA.CO.ID – Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik di Universitas Katolik De La Salle Manado. Penandatanganan kerjasama antara Universitas Katolik De La Salle Manado dengan PT. Sentra Vidya Utama (SEVIMA) selaku penyedia jasa layanan sistem informasi akademik telah dilaksanankan pada hari kamis (23/08). Acara yang bertempat di Ruang Rapat Yayasan UNIKA De La Salle ini dihadiri oleh Ketua yayasan dan para unsur pejabat dan pimpinan kampus.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh masing-masing pihak yang diwakili Pst. Benny Salombre, SS., Pr selaku Ketua Yayasan Universitas Katolik De La Salle Manado, dan Bapak Sugianto Halim selaku Direktur Utama SEVIMA.

Background 

Universitas Katolik De La Salle, adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Sulawesi Utara. Sekitar 30% Mahasiswa Unika De La Salle berasal dari luar daerah seperti Luwuk, Banggai, Gorontalo, Palu, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Jogjakarta, Papua, Ambon, Ternate dan kabupaten dilingkup provinsi Sulawesi Utara. Untuk menunjang proses belajar mengajar di Unika De La Salle, saat ini universitas yang dikenal dengan “kampus biru” ini didukung oleh 115 tenaga administratif & akademik tetap dan 97 tenaga dosen luar biasa.

Universitas Katolik De La Salle merupakah salah satu kampus yang selalu update terkait teknologi, terlihat dari data akreditasi yang dilakukan Ban-PT, Universitas Katolik De La Salle mendapat akreditasi B namun dari segi infrastruktur, suasana akademik dan sistem informasi, Unika De La Salle dapat memperoleh peringkat Akreditasi A. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa teknologi di Unika De La Salle sangat maju.

Requirements

Saat ini Universitas Katolik De La Salle telah mempunyai sistem informasi akademik sendiri, akan tetapi sistem yang digunakan belum saling terintegrasi serta tidak dapat mengakomidir kebutuhan saat ini, pembayaran uang kuliah juga belum terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik. Selain itu ada beberapa kendala lain seperti masih banyaknya proses akademik yang dilakukan secara manual seperti KRSan, ambil formulir DLL.

Universitas Katolik De La Salle pun sudah mempunyai sistem CBT (Computer Based Test) untuk penerimaan mahasiswa baru dan juga sistem keuangan sendiri, namun lagi-lagi belum terintegrasi dengan sistem informasi akademik. Untuk itu UNIKA De La Salle membutuhkan sebuah sistem informasi pengelolaan akademik yang terintegrasi, yang mampu mempermudah administrasi saat pendaftaran mahasiswa baru dan juga pembayaranya.

Seperti yang disampaikan oleh bagian IT dari Universitas Katolik De La Salle, bahwa saat ini mereka sedang melakukan pengembangan digitalisasi kampus untuk jangka panjang, untuk itu semuanya harus diawali dari data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan melalui sistem informasi manajemen akademik yang handal.

Solutions

Tentunya dengan mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Akademik dari SEVIMA, Universitas Katolik De La Salle tidak perlu repot saat penerimaan mahasiswa baru, karena data mahasiswa yang masuk otomatis ter-record pada sistem sehingga tim tidak perlu input lagi dan historinya tercatat jelas. KRS, KHS, sampai administrasi mahasiswa tertata rapi.

SIM Akademik yang dikembangkan SEVIMA juga memberikan kemudahaan lain seperti integrasi data pada sistem herregistrasi dengan sistem akademik sehingga semua data mahasiswa yang masuk bisa langsung dilihat dari SIM Akademik saja. Mereka juga akan terbantu dengan dimudahkannya proses pelaporan ke DIKTI dengan modul pelaporan feeder.

Dan ketika untuk pelaporan akreditasi dari BAN PT, Universitas Katolik De La Salle tidak perlu khawatir lagi karena data sudah ada dalam sistem informasi akademik kampus sehingga kampus dengan mudah  memaparkan kronologi dengan jelas kepada assesor Ban-PT.

Fasilitas yang di berikan oleh SEVIMA sebanding dengan biaya yang dikelurkan oleh kampus, bukan hanya sebanding, benefit yang melimpah tentang pengelolaan kampus pun akan didapat oleh Universitas Katolik De La Salle. Tidak hanya itu, SEVIMA juga memberikan pendampingan secara langsung ketika kampus mengalami kendala pada penggunaan sistem.

Dokumentasi:

Berikut ini foto dokumentasi saat penandatangan kontrak antara SEVIMA dan Universitas Katolik De La Salle Manado:

Dl 2a

Dl 1

Delasalle 2

SEVIMA : Take IT Easy

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami