Dunia Kampus | Tips & Trik

Tips Mendapatkan Mahasiswa untuk PTS

SEVIMA.COM – Menurut hasil riset Badan Pusat Statistik di laman bps.go.id pada tahun 2021, di Indonesia terdapat lebih dari 3000 perguruan tinggi swasta yang beroperasi. Bisa dibayangkan kan bagaimana perguruan tinggi tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan mahasiswa baru. 

Persaingan antara perguruan tinggi untuk mendapatkan mahasiswa bisa dikatakan cukup ketat. Untuk itu sangat penting bagi setiap perguruan tinggi menyiapkan branding yang tepat agar kampusnya dikenal. 

Apalagi di era modern ini, para siswa SMA/SMK saling berebut masuk ke perguruan tinggi. Kondisi seperti ini tidak boleh dilewatkan oleh perguruan tinggi. Ini merupakan kesempatan terbaik bagi perguruan tinggi untuk mendapatkan calon generasi bangsa terbaik. 

Baca juga: Manfaat Branding Kampus dengan Sistem Komunikasi

Bagaimana Cara Jitu Mempromosikan Kampus PTS?

1. Giat melakukan promosi

Agar kampus lebih dikenal, alangkah lebih baik jika melakukan promosi secara berkala. Kegiatan promosi ini akan meningkatkan branding dan pemasaran bagi setiap kampus. 

Tak hanya itu, ketika kampus mengadakan promosi maka bisa mendongkrak minat calon mahasiswa yang mendaftar di kampus Anda. Kampus bisa membuat berbagai macam peralatan promosi, misalnya brosur kampus, iklan sosial media, dan promosi melalui koran. 

2. Memiliki tim marketing

Proses branding sebuah perguruan tinggi juga akan semakin berkembang jika memiliki tim marketing yang solid. Seluruh proses marketing di kampus ini akan terorganisir lebih jika membentuk tenaga marketing yang kompeten. 

3. Menyediakan program beasiswa

Urusan beasiswa selalu menjadi daya tarik bagi calon pendaftar di perguruan tinggi. Program beasiswa merupakan salah satu strategi bagus untuk branding di perguruan tinggi. Tak hanya itu program beasiswa ini juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa baru. 

4. Kampus memiliki akreditasi yang baik

Untuk menarik daya tarik mahasiswa baru, kampus bisa menampilkan akreditasi kampus. Mahasiswa akan semakin tertarik jika sebuah kampus sudah terakreditasi oleh BAN-PT. 

Akreditasi ini tak hanya menarik para calon mahasiswa saja, namun juga beberapa instansi yang bekerjasama dengan kampus. Semakin bagus akreditasi kampus tersebut, maka semakin terlihat jelas kualitas kampus tersebut. 

5. Kampus haru memiliki ciri khas

Branding kampus memang harus dilakukan dengan serius. Ketika kampus menginginkan pendaftar yang membludak, maka kampus harus menyiapkan ciri khas yang dimiliki. 

Kampus harus memiliki spesialisasi unik yang melekat pada diri kampus tersebut. Ciri khas ini nantinya akan melekat di benak para pendaftar. Nah, secara tidak langsung calon mahasiswa baru terpikat dengan kampus Anda. 

6. Manfaat iklan digital

Memasuki era yang serba modern, kampus juga harus memanfaatkan iklan digital. Iklan digital untuk meningkatkan branding dari kampus ini bisa dikatakan sangat efektif lho. 

Iklan digital bisa membantu Anda mendapatkan data-data para calon mahasiswa. Sehingga akan lebih mudah mendapatkan calon mahasiswa yang tertarik dengan kampus Anda. 

7. Manfaatkan sosial media 

Target pasar adalah generasi Z. Generasi ini sangat erat dengan teknologi modern dan sosial media. Platform sosial media sangat penting untuk meningkatkan senjata digital marketing. Calon mahasiswa akan semakin tertarik jika kampus kerap melakukan pendekatan melalui sosial media tersebut. 

Baca juga: Mantan Menteri Pendidikan Prof Mohammad Nuh: Jangan Jadi Kampus Stunting!

Untuk mendapatkan calon mahasiswa yang sesuai dengan target, perguruan tinggi tak hanya meningkatkan mutu saja. Namun juga memperhatikan sisi branding dan marketing di kampus. 

Agar Anda lebih mudah mendalami proses branding di perguruan tinggi, langsung saja download e-book mengenai branding perguruan tinggi. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar