5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 05 Dec 2023

Tips Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia Timur Menurut Ahli

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Pendidikan di Indonesia Timur masih membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Banyak hal yang menyebabkan pendidikan di Indonesia Timur masih perlu diperbaiki. Salah satunya adalah faktor kemiskinan dan konektivitas yang masih rendah.

”Pada tingkat nasional ada beberapa hal yang menyebabkan pendidikan di Indonesia Timur mengalami permasalahan mulai dari daerah yang masih tertinggi, akses pendidikan tinggi yang mahal dan sulit, angka kemiskinan yang tinggi, hingga konektivitas yang masih rendah,” jelas Dr. Dandi Darmadi, M.A.P, Product Researcher SEVIMA sekaligus Pakar Administrasi Publik Asli Indonesia Timur pada Webinar Executive Forum: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Indonesia Timur (3/11).

Berikut adalah tips meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia bagian Timur yang dapat perguruan tinggi aplikasikan. 

Tips Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia Timur

1. Meningkatkan akses pendidikan yang mudah dijangkau

Pendidikan di Indonesia bagian Timur masih belum menjangkau semua penduduk dan terbilang sebagai harga mahal.  Dr. Dandi Darmadi, M.A.P, Product Researcher SEVIMA, dalam Webinar Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia Timur pada Kanal Youtube SEVIMA mengungkapkan terjadi kesenjangan penduduk yang mendapatkan akses pendidikan.

“Berdasarkan data Kemendagri tahun 2021, hanya 5,95% anak di Nusa Tenggara yang mengenyam pendidikan tinggi. Ini memperlihatkan masih sedikit masyarakat yang dapat menikmati akses pendidikan dengan mudah, ” ungkap beliau.

Maka pendidikan yang merata harus dimulai dengan harga yang terjangkau dengan akses yang mudah. Peran perguruan tinggi dan pemerintah sangat berpengaruh guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia Timur. 

2. Menciptakan Lingkungan yang Mendukung Perkembangan Holistik Mahasiswa 

Demi mendukung lingkungan yang membuat mahasiswa berkembang maka dibutuhkan fasilitas yang memadai. Hal ini diungkapkan Dr. Dandi Darmadi, M.A.P, Pakar Administrasi Publik Indonesia Timur bahwa “Dana yang dikeluarkan untuk pendidikan di Indonesia Timur termasuk cukup besar harus sehingga seharusnya dapat digunakan dengan optimal,”

Maka anggaran dana untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan akan sangat penting. Perguruan tinggi diharapkan untuk memberikan fasilitas dan perlengkapan guna mendukung proses pembelajaran.

3. Mengaplikasikan Outcome Based Education

Kurikulum Outcome Based Education (OBE) mulai diterapkan untuk mendapatkan hasil output pembelajaran yang relevan dengan dunia industri yang kian maju diterpa teknologi. Kurikulum OBE mengedepankan kompetensi dan keahlian mahasiswa untuk dapat bersaing di dunia industri. 

“Maka tujuan pragmatis perguruan tinggi dapat dimulai dengan mempersiapkan skill mahasiswa relevan sesuai permintaan dunia kerja,” ungkap Dr. Dandi Darmadi, M.A.P, Product Researcher SEVIMA dalam acara Webinar tersebut. 

Penerapan OBE pada perguruan tinggi khususnya pada bagian Timur tidak hanya berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan namun juga sumber daya manusia. Pengimplementasian kurikulum ini secara tidak langsung akan mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

4. Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Tenaga Didik 

Akses yang sulit dan masih belum merata di daerah timur mengakibatkan tenaga didik memiliki jumlah yang tidak terlalu banyak. Maka concern membangun kualitas pendidikan bermutu tinggi membutuhkan tenaga pendidik yang cukup secara kuantitas.

“Tenaga didik di Indonesia Timur masih kurang secara kuantitas untuk meningkatkan pemerataan pendidikan di Indonesia Timur, ” ujar Dandi 

Sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul di perguruan tinggi akan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas tinggi. Melalui permasalahan ini, perguruan tinggi sebenarnya perlu berbenah untuk terus meningkatkan sumber daya manusia untuk pendidikan yang semakin berkualitas.

Baca juga: Strategi Peningkatan Kualitas SDM Tunjang Akreditasi Perguruan Tinggi

Itu tadi tips meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia Timur. Bagi Anda yang sedang mencari berita perguruan tinggi dan tata kelola perguruan yang efisien dapat mengunjungi SEVIMA.COM.

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Di Hadapan Ratusan Mahasiswa ITS & Singapura, Pendiri SEVIMA Bagikan Tiga Tips Memulai Usaha di Era Digital Artikel Selanjutnya SEVIMA Luncurkan Personalisasi Branding Kampus di SEVIMA EdLink, Bisa Ganti Warna dan Link Website LMS
×