4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 20 Mar 2024

Susah Cari Talenta Berkualitas? Ini Tips Merekrut Talenta Terbaik untuk Perusahaan

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023, terdapat 216.972 lowongan kerja di Indonesia. Di mana jumlah itu melonjak hingga 266,04% dibanding tahun sebelumnya. Namun jumlah lowongan kerja di lapangan berbanding terbalik dengan jumlah pengangguran yang hanya turun 0.53 persen dari tahun sebelumnya. 

Pastinya ini menimbulkan tanda tanya besar. Bagaimana bisa jumlah lowongan yang meningkat tapi malah jumlah pengangguran hanya turun 0.53 persen saja?  Melihat situasi ini, tentu ada beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah pengangguran hanya turun kurang dari 1% saja. 

Salah satunya penyebabnya adalah perusahaan mengalami kesulitan menemukan talenta yang berkualitas. Ini dibuktikan oleh hasil survey Jobvite, bahwa terdapat 67% rekruiter kesulitan menemukan talenta yang terampil dan berkualitas sesuai yang perusahaan. Itulah mengapa, jumlah pengangguran masih belum turun secara signifikan. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu punya strategi baru untuk mendapatkan talenta sesuai dengan kebutuhan industri. Lalu bagaimana agar perusahaan dapat menerapkan strategi untuk mendapatkan talenta terbaik? Berikut pembahasannya. 

Baca juga: Aplikasi KarirLink, Bantu Fresh Graduate Temukan Kerja Pertama

Cara Mudah Dapatkan Talenta Terbaik Perusahaan 

Untuk mendapatkan kriteria talenta sesuai kebutuhan industri, berikut adalah 6 cara yang bisa dilakukan mendapatkan talenta terbaik bagi perusahaan Anda:

1. Bangun Citra Perusahaan 

Langkah awal untuk mendapatkan talenta yang berkualitas adalah membangun citra perusahaan. Apabila perusahaan memiliki citra yang kuat, maka secara tidak langsung akan mendatangkan daya tarik bagi calon karyawan. 

Citra perusahaan ini bisa dibangun dengan berbagai cara, salah satunya dengan media sosial seperti laman resmi, media sosial, atau interaksi langsung dengan kandidat.

2. Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi ternyata bisa jadi solusi untuk mendapatkan talenta terbaik. Perusahaan bisa secara langsung melakukan open recruitment di perguruan tinggi yang sudah menjalin kerjasama. Dengan demikian perusahaan bisa langsung mendapatkan sumber daya manusia yang kredibel. 

3. Bangun Budaya Perusahaan yang Positif

Budaya perusahaan yang sesuai dengan nilai-nilai calon karyawan dapat menjadi faktor penentu dalam mendapatkan talenta terbaik. Perusahaan perlu membangun budaya perusahaan yang jelas, dengan harapan ketika bekerja nanti karyawan jadi lebih nyaman.

Baca juga:Optimalkan Peluang Kerja bagi Alumni, Politeknik LPP Yogyakarta Gunakan SEVIMA Platform

4. Manfaatkan Teknologi

Saat ini banyak kandidat yang lebih memilih untuk melamar secara online untuk efisiensi waktu dan biaya. Salah satu portal job terbaik yang dapat perusahaan gunakan adalah SEVIMA Karirlink. 

Karirlink merupakan portal job besutan SEVIMA yang berguna untuk menghubungkan perguruan tinggi, alumni, dan perusahaan dalam satu platform. Dengan adanya portal job ini, perusahaan dapat menjadi lebih mudah mencari kandidat bertalenta dari berbagai perguruan tinggi. Nah, berikut adalah keunggulan SEVIMA Karirlink:

  • Profil Kandidat Terverifikasi

Rekruter sering kesulitan menemukan latar belakang kandidat yang sesuai. Melalui fitur yang sudah tersedia pada Karirlink, rekruter tidak perlu khawatir lagi. Semua profil sudah terintegrasi langsung dengan data perguruan tinggi. 

Jika latar belakang kandidat sudah terverifikasi, maka rekruter akan lebih cepat melakukan seleksi kandidat yang sesuai. Sehingga proses rekrutmen bisa berjalan sesuai timeline dan poin plusnya bisa mendapatkan calon karyawan yang sesuai. 

  • Menghubungkan Perusahaan dengan Jutaan Pengguna SEVIMA

Recruiter dapat dengan mudah menemukan berbagai kandidat dengan latar belakang yang dibutuhkan. Pengguna SEVIMA Karirlink kini telah digunakan oleh jutaan user yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Itulah mengapa, rekruter bisa lebih mudah menjangkau fresh graduate berkualitas.

  • Rekrutmen Menjadi  Lebih  Cepat & Efisien

Karirlink memfasilitasi proses untuk merekrut kandidat dengan lebih cepat secara online. Dengan penggunaan portal job Karirlink, Rekruter menjadi lebih cepat dalam mencari talenta terbaik dari berbagai perguruan tinggi dengan proses rekrut yang semakin efisien. 

Kini perusahaan tak risau lagi ketika memilih target karyawan yang berkualitas. Semua kebutuhan dan solusi tersebut bisa Anda dapatkan melalui layanan SEVIMA Karirlink. Penasaran dengan fitur ini? Yuk segera gunakan SEVIMA Karirlink

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×