Dunia Akademik | Dunia Dosen | Tips & Trik

Dosen, Ini 7 Tips Pikat Mahasiswa di Awal Perkuliahan

SEVIMA.COM – Memasuki bulan September, beberapa kampus sudah memulai kegiatan perkuliahan. Pastinya banyak sekali yang harus dipersiapkan seorang dosen dalam menghadapi kegiatan di awal perkuliahan tersebut. 

Sebagai seorang dosen, tentunya Anda harus prepare sebaik mungkin. Oleh karena itu, Anda harus memiliki tips dan trik tersendiri agar perkuliahan bisa berjalan dengan lancar. Nah, jika Anda belum bisa menemukan cara yang tepat untuk mengawali kegiatan belajar mengajar, hari ini kita bakal membahas secara tuntas mengenai tips tersebut. Mau tau seperti apa sih tips yang tepat? Yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Beri kesan pertama yang mengena

 

 

Perkuliahan pertama memang menjadi sebuah kunci dimulainya suatu kelas. Kesan yang muncul dari dosen saat masuk di kelas sangatlah penting bagi para mahasiswa.

Sebelum mengawali perkuliahan, dosen wajib melakukan perkenalan diri kurang lebih selama 5 menit. Setelah melakukan perkenalan, Anda bisa melanjutkan ke kegiatan selanjutnya. 

Baca juga: Dosen, Ini 4 Aplikasi Yang Dapat Membantu Fokus Pada Peningkatan Kinerja

 

2. Jangan langsung masuk ke materi perkuliahan

 

Sangat tidak disarankan mengawali perkuliahan langsung masuk pada materi. Mahasiswa akan terkesan kurang nyaman saat Anda memulai perkuliahan di hari pertama. 

Di hari pertama ini seharusnya Anda menyampaikan tentang perkenalan diri, mendekatkan diri dengan mahasiswa, dan pastinya Anda bisa menyampaikan semua peraturan yang ada di kelas Anda. 

 

3. Bahas aturan kelas yang berlaku

 

Berhubungan dengan poin kedua. Di hari pertama ini Anda bisa memulai perkuliahan dengan membahas aturan kelas yang berlaku. Aturan ini sangat penting untuk menjaga kelas agar tetap berjalan dengan baik. 

Anda bisa menyampaikan peraturan tentang toleransi keterlambatan, pengumpulan tugas, dan keikutsertaan dalam ujian. Semua aturan tersebut bisa langsung Anda sampaikan di awal perkuliahan ini ya. 

 

4. Rencanakan materi dengan baik

 

Di awal perkuliahan, dosen harus merencanakan materi dengan sebaik mungkin. Di sini dosen bisa membuat materi untuk presentasi hingga menyiapkan materi yang bisa digunakan oleh mahasiswa. 

Selain itu, agar proses penyampaian materi bisa maksimal, Anda bisa menggunakan alat bantu visual agar lebih menarik. Misalnya seperti PowerPoint. 

 

5. Atur gaya mengajar yang santai

 

Gaya mengajar seorang dosen memang sangat berpengaruh terhadap kondisi belajar mengajar mahasiswa. Dosen yang bisa mengontrol diri dalam belajar akan memudahkan mahasiswa lebih memahami materi yang disampaikan. 

Cara bicara, gerakan tubuh, dan intonasi yang dibawakan dosen sangat menentukan hidup tidaknya suatu kelas. Jika dosen lebih banyak diam dan kaku dalam proses belajar mengajar, maka mahasiswa akan cenderung lebih bosan dan mengantuk. Berbeda jika dosen menyampaikan materi dengan bumbu-bumbu humor dan motivasi, pasti mahasiswa akan lebih senang dan semangat saat mengikuti perkuliahan. 

 

6. Ciptakan suasana yang interaktif

 

Siapa sangkat, suasana yang interaktif ternyata sangat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar lho. Mahasiswa jadi lebih bersemangat dan siap menghadapi perkuliahan. 

Meskipun baru di awal perkuliahan, Anda tak harus menyampaikan materi. Namun Anda bisa memberikan gambaran tentang materi perkuliahan yang diberikan. Mau mencobanya?

 

7. Manfaatkan teknologi yang ada

 

Di masa pandemi ini teknologi sudah menjadi kunci utama dalam proses belajar mengajar. Anda harus memanfaatkan teknologi ini untuk mengajar di dalam kelas. 

Baca juga: 7 Skill Yang Harus Dimiliki Dosen Untuk Menjalankan Pembelajaran Daring

Mahasiswa akan jauh lebih menikmati materi yang ada di dalam kelas jika dosen bisa memanfaatkan teknologi yang ada. 

Mengawali perkuliahan memang harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Terutama, dalam penggunaan teknologi karena sangat mempengaruhi kualitas sebuah pendidikan. Untuk itu, Anda harus memilih teknologi yang tepat.

 Salah satu teknologi dengan segala kemudahannya dalam proses belajar mengajar adalah platform EdLink. Berbagai fitur terbaik sudah diaplikasikan di dalam platform ini. Nah, jika Anda menggunakan EdLink dalam proses belajar mengajar Anda, maka kelas Anda di awal perkuliahan akan terkesan baik. Sistem yang digunakan di EdLink ini sangat praktis, karena sudah diintegrasikan dengan Siakad Campus. Jadi, kapan giliran Anda menggunakan layanan ini?

Bagikan artikel ini

Komentar