Flash News

Tips Tetap Produktif di Bulan Ramadhan ala Warek UNU Kalbar

SEVIMA.COM – Bulan Ramadhan tidak bisa menjadi alasan bagi mahasiswa untuk bermalas-malasan. Justru di bulan yang penuh ramhat ini bisa dimanfaatkan oleh mashasiswa untuk meningkatkan iman dan takwa agar tetap produktif.

Wakil Rektor bidang Kesekretariatan Institusi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, Efa Irdhayanti mengatakan meski di bulan Ramadhan, mahsiswa harus tetap produktif. Meski ada perubahan pola makan dan istirahat, hal itu tidak bisa menjadi alasan.

“Walaupun kita puasa tetap bisa melaksanakan aktivitas sebagaimana mestinya tidak lemas, produktif, dan berprestasi di bulan puasa,” kata Efa, kepada SEVIMA Kamis (7/4/2022).

Baca juga : Cara Migrasi Beda Server di Neo Feeder

Efa memberikan tips kepada mahasiswa agar tetap bisa produktif meski menjalankan ibadah puasa. Yuk simak:

1. Jangan terlambat sahur

Menurutnya jika terlambat bangun sahur, maka makan menjadi terburu-buru. Hal itu akan menganggu pencernaan dan berdampak pada kondisi tubuh.

2. Istirakat yang cukup

Efa mengingatkan bagi mahasiswa untuk mengindari bergadang. Biasanya mahasiswa ada yang mengerjakan tugas diakhir waktu, sehingga membuat lembur.

Meski pola istirahat pada saat bulan Ramadhan berubah, tetap harus menjaga siklus tidur dan waktu tidur tetap harus 7-8 jam. Menurutnya jika kekurangan tidur tidak hanya mengurangi produktivitas tapi juga berisiko pada kesehatan nantinya.

3. Menjaga asupan air putih

Disarankan untuk bagi yang berpuasa tetap mengonsumsi air putih delapan gelas sehari agar tubuh tetap terhidrasi. Pola minum dapat diatur dengan dua gelas sesaat setelah buka puasa, empat gelas menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur.

4. Hindari aktivitas yang tidak perlu

Bagi mahasiswa bisa menghindari aktivitas yang tidak perlu. Misalnya nonton bola sampai tengah malam bahkan ada yang sekalian sahur saja.

Baca juga : Makin Beragam, STAB Nalanda Tambah 3 Prodi Baru

“Pesan saya bulan suci Ramadhan ini kan bulan yang penuh keberkahan dan ampunan dari Allah SWT jadi seharusnya kita bisa memnfaatkan bulan suci ramadhan ini untuk lebih meningkatkan iman dan takwa. Maka demikian para mahasiswa agar memanfaatkan bulan puasa ini untuk mengisi kegiatan yang positif,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar