support@sevima.com

 +62 31 8722719


Pemrograman Pengetahuan IT Teknologi 

Waduh.. Hacker Jebol Jutaan Kunci Kamar Hotel

 

adminweb

 

30 Juli 2012

WASHINGTONHacker telah menemukan metode mudah dan murah untuk dapat membuka kamar hotel yang terkunci. Sistem penguncian pintu kamar yang canggih sekalipun mampu diretas oleh hacker dengan memanfaatkan perangkat seharga USD50.

Jika Anda menginap di hotel, ada baiknya memeriksa pabrikan kunci kamar hotel. Sebab, hacker mengungkap metode yang memungkinkan perangkat gadget sederhana untuk dapat membuka pintu kamar hotel yang diproduksi oleh Onity.

Dilansir Pcadvisor, Rabu (25/7/2012), pengembang software Mozilla, Cody Brocious baru-baru ini menemukan dua kerentanan dalam kunci Onity itu. Brocious mengungkap kerentanan itu dapat ditembus dengan perangkat yang dibangun dengan biaya USD50.

Skema untuk perangkat itu bersifat open source dan tersedia di Web. Brociuous akan mempresentasikan temuannya pada Black Hat Security Conference di Las Vegas, Selasa malam.

Onity memberitahu PCWorld bahwa pihaknya sudah memahami pekerjaan Brocious, namun mereka menolak memberikan komentar sampai diperoleh informasi tambahan mengenai aksi hacking tersebut. “Onity dipersiapkan untuk mengatasi setiap potensi masalah yang ditimbulkan oleh presentasi,” ujar juru bicara Onity.

Sistem penguncian kamar hotel yang diusung perusahaan tersebar di seluruh dunia dengan jumlah antara empat sampai lima juta hotel. Brocious menjelaskan bahwa informasi penting mudah diakses dan tidak dilindungi, sehingga memungkinkan perangkat untuk memperolehnya dengan mudah.

“Ini terlihat seperti port daya DC standar, Anda akan melihat pada sesuatu yang mirip router. Ketika perangkat tersambung dan menyala, secara teori, ini membuat pintu membuka,” ujar Brocious.

Menurutnya, hacker mensimulasikan sebuah perangkat yang digunakan oleh operator kamar hotel. Perangkat hacking itu mampu membaca memori pada sistem penguncian.

Selain itu, perangkat juga dapat memperoleh informasi tentang kunci kriptografi, kemudian mengirimkan informasi tersebut pada pintu yang terkunci. Sehingga memungkinkan hacker untuk dapat masuk ke ruangan kamar tersebut. (fmh)

SEVIMA : Take IT Easy

Baca juga:

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami