Event SEVIMA | Info Sentra Vidya Utama

Menjadi Admin PDDIKTI yang Lekat di Hati, Oleh: Widia Astuti (STKIP Adzkia)

Cerita: Widia Astuti- STKIP Adzkia
Cerita ini Terpilih Menjadi 15 Finalis dalam Lomba Sharing Operator SEVIMA

Assalamualaikum, Sahabat PDDIKTI. Salam seDATA..

Saya begitu tertarik mengetahui SEVIMA mengadakan lomba bertajuk pejuang. Oh my God, akhirnya ada juga yang mendengarkan risalah kami. Istilah pejuang lumrahnya disandangkan kepada pahlawan. Sepuluh November, kan! Hari pahlawan. Dan hari ini saya merasa sangat bangga menyandang gelar ini. Pejuang Data Perguruan Tinggi.

Perkenalkan, nama saya Widia. Saya admin STKIP Adzkia, salah satu perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat.

Bicara tentang PDDIKTI, tak ada ubahnya membicarakan sebuah rumah besar yang di dalamnya terdapat begitu banyak pintu. Setiap pintu terhubung dengan banyak ruangan. Itulah PDDIKTI versi saya. Dia memiliki pintu-pintu yang semua bersumber kepadanya. Kita mengenal Feeder PDDIKTI, SISTER PDDIKTI, PIN, PRIMA yang terbaru, dan semua terhubung ke rumah besarnya, PDDIKTI. And you know guys, siapa yang punya akses menjelajahi semua pintu ini? Admin PDDIKTI.

Sebenarnya saya pribadi belum lama menjadi admin PDDIKTI. Belum genap tiga tahun. Tapi perjalanan menjadi admin PDDIKTI amat lekat dengan hati. Kami bercengkrama hingga tengah malam. Bayangkan saja, portal akademik kami yang belum tersinkronisasi dengan Feeder, menjadikan kami harus menyalin data per-data, nilai per-nilai, KRS per-KRS dan AKM per-AKM. Setiap akan masuk bulan April dan Oktober, kedua bola mata ini sudah siap untuk tempur. Lelahkah…? Of course. Pernah lihat matanya Po, si kungfu panda. Ya, kurang-lebih seperti itulah. Tapi disini indahnya.

Meskipun Feeder kami belum tersinkronisasi dengan SIAKAD seperti PT lain, tak menjadikan semangat kami surut. Kebiasaan berlama-lama dengan PDDIKTI menjadikan kami amat dekat dengan semua civitas akademik, baik itu dosen, pimpinan, serta mahasiswa. Semuanya paham bila kami harus menyelesaikan pelaporan sebelum masa penutupan. Semuanya tahu bila data PDDIKTI sudah ditutup, tidak ada lagi perubahan data. Dan hebatnya, semua mengerti.

Sebulan sebelum pelaporan, pimpinan sudah mewanti-wanti nilai di sistem akademik kampus. Sebulan sebelum pelaporan, tidak ada lagi perubahan-perubahan data berarti. Tidak ada istilah dosen terlambat input nilai. Tidak ada AKM baru yang tiba-tiba minta diaktifkan di tengah jalan. Ini membuat kami para admin merasa nyaman. Keberhasilan pelaporan 100% selalu kami genggam. Apa kuncinya? KERJA SAMA. Tanpa kerja sama, nihillah pelaporan 100%.

Banggakah saya menjadi admin PDDIKTI…?

Tentu. Tidak ada alasan untuk tidak bangga. Ini tentang tanggung jawab. Kami pun ikut serta berjuang untuk mencerdaskan negeri ini.

Salam untuk para Admin…

Sang Pejuang Data

#pejuangPDDIKTI

#sharingBerhadiahSEVIMA

Bagikan artikel ini

Campuspedia
Instagram
Komentar
[gs-fb-comments]