Event SEVIMA | Info Sentra Vidya Utama

Back-End Operator: Menjadi Tumpuan Utama Perguruan Tinggi, Oleh: Widodo (STIKES Notokusumo Yogyakarta)

Cerita: Widodo- STIKES Notokusumo Yogyakarta
Cerita ini Terpilih Menjadi 15 Finalis dalam Lomba Sharing Operator SEVIMA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu. Namo buddhaya, salam kebajikan, perkenalkan nama saya WIDODO Operator Back-end/Supermen. Dulu Epsbed yang sekarang berganti nama PDDIKTI Feeder dari STIKES Notokusumo Yogyakarta, yang dulu AKPER Notokusumo, saya jadi Operator Back-end/Supermen sejak 2012-sekarang.

Kenapa saya katakan Operator Back-End/Supermen, memang kenyataanya seperti itu? Tidak ada SK khusus yang menerangkan saya sebagai Operator Epsbed atau PDDIKTI Feeder. Saya hanya sebagai Pranata komputer dan jaringan, yang bertugas sebagai seorang Supermen (Printer rusak saya, isi tinta saya, komputer eror saya, jaringan eror saya, service CPU, service power suplay, instalasi server, maintenance server (linux, windows), CCTV, router, dan aplikasi pendukung lain seperti eprints, OJS, SLIMS, WEBSITE, SIAKAD, SI INVENTARIS, SISTER, FEEDER, Tracer study, SPMB, Uji tulis SPMB, Arsip digital, e-learning dll. Karena di tempat saya tidak ada petugas khusus yang menangani hal tersebut. IT Supermen/Back-End hanya satu orang yang bernama bapak WIDODO wkwkwkwk…..!

Singkat cerita saya jadi Operator Back-end pelaporan Epsbed itu priode 2013-1 ketika temen saya Pak Jaka megalami kecelakaan dan tidak bisa melajutkan pelaporan Epsbed dalam waktu yang cukup lama, ketika itulah saya di tujuk oleh pimpinan untuk mengantikan pak Jaka sebagai Operator Epsbed sementara. Nah di sini agak lucu… saya suruh megerjakan sesuatu yang saya tidak tahu sama sekali apa itu pelaporan Epsbed, cara kerja, bagaimana cara memulai mengerjakan, sampai mana dikerjakan sebelumnya. Karena pak jaka kecelakaan dan terjadi benturan di kepala agak fatal tidak mungkin saya konsultasi ke beliau. Untungnya saya pernah diajak Pak Jaka beberapa kali mengikuti pelatihan Epsbed di Kopertis dan dikenalkan beberapa teman Operator Epsbed. Terima kasih buat Om Andri (mantan operator YKY dan Mbah Manto Operator YKP) yang telah membantu dan membimbing selama 4 hari bagaimana cara melakukan pelaporan Epsbed, dan akhirnya laporan Epsbed 2013-1 dapat dilaporkan dengan baik ke kopertis.

Perjalanan sebagai Operator Back-end tidak sampai di situ, setelah Pak Jaka sudah bisa masuk kembali, saya masih mendapingi sebagi operator Back-end dari era Epsbed sampai ke Feeder masalah trouble pelaporan selalu ada dari waktu ke waktu baik data awal salah, transaksi akademik salah dsb dan sempat membeli beberapa kali sistem informasi akademik (SIAKAD) dan digunakan selaku ada masalah baru (terutama ketika ada masalah di siakad pengembang susah di hubugi dan tidak ada komunitas untuk sharing mengenai masalah yang ada) akhirnya tidak bisa di pakai SIAKAD tersebut dan beli atau kerjasama dengan pengembang lagi. Dan seperti itu lagi…?. Singkat cerita di 2018-2019 ada rotasi jabatan di setiap bagian dan berbarengan kampus alih bentuk dari AKPER ke STIKES. Di situlah baru saya di tunjuk pimpinan untuk menjadi Operator utama wkwkwkkw…..! PDDIKTI Feeder bersama pak muji.

Berdasarkan pengalaman yang sebelum-sebelumnya saya sedikit memahami cara kerja pelaporan Epsbed, Feeder dan hubuganya dengan SIAKAD. Ketika itu pak jaka masih pakai SIAKAD dan Feeder dan harus kerja 2 (dua) kali untuk melakukan pelaporan. Dan karena waktu itu saya bukan Operator utama maka hanya mendampigi saja secara diam-diam wkkwkw….. ! pada waktu yang bersamaan saya install GoFeeder di tahun 2017-2018 hanya untuk mendapigi atau membantu validasi data jika ada data atau transaksi yang salah. Sejak 2018-1 ketika saya pegang komando wkwkwk….! baru saya gunakan GoFeeder sebagai salah satu tools utama dalam menagani transaksi akademik (SIAKAD) dan Pelaporan ke PDDIKTI. Memang benar adanya dengan GoFeeder “Operasional PT Beres Laporan PDDIKTI-pun Otomatis Beres”. Dan satu lagi GoFeeder Menjamin Pelaporan PDDikti Lebih Akurat & Sesuai Regulasi DIKTI, walaupun agak sedikit memaksa GoFeeder membuat kerja Operator Back-end/Supermen seperti saya lebih ringan dan mudah karena tugas dan tanggung jawab kita bagi bersama-sama (Dosen, Operator, Admin, Prodi dsb) sesuai porsi masing-masing dan semua ikut terlibat. Semoga keluarga besar sevima terus berkarya dan bisa membantu PT seperti kami demi kemajuan anak bangsa.

“Tidak Ada Yang Mudah Atau Sulit Dalam Sebuah Pekerjaan Sampai Kapanpun Supermen, Akan Sulalu SIAP…!! Jika Dibutuhkan”

#pejuangPDDikti

#sharingBerhadiahSEVIMA

Bagikan artikel ini

Campuspedia
Instagram
Komentar
[gs-fb-comments]