Dunia Kampus | Featured | Keuangan Kampus

10 Cara Cerdas Menghemat Biaya Operasional Kampus Saat Pandemi Covid-19

SEVIMA.COM – Di tengah wabah Covid-19 yang belum mereda ini, mengatur keuangan memang sangat diperlukan agar tidak terjadi pailit. Terlebih sistem keuangan di dalam dunia pendidikan. Meliburkan seluruh program kegiatan dan proses belajar mengajar memang membuat perubahan.

Kondisi seperti ini membuat pihak pengelola keuangan harus dengan sigap melakukan pengaturan pada biaya operasional kampus. Tujuannya tak lain dan tak bukan agar semua sistem keuangan dapat dikelola dengan baik. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat biaya operasional kampus.

1. Periksa kondisi keuangan

Hal yang paling utama anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan kondisi keuangan di dalam kampus. Pastikan seluruh pemasukan dan pengeluaran yang ada di kampus anda sudah terkontrol dengan baik. Jangan lupa untuk selalu melakukan pencatatan keuangan dari semua unit yang ada di kampus anda.

2. Periksa status aset dan hutang

Tidak menutup kemungkinan kalau suatu lembaga memiliki pinjaman atau pengeluaran yang tak terduga lainnya. Kewajiban yang harus anda lakukan untuk melakukan pengelolaan keuangan ini adalah dengan memeriksa status asset dan riwayat pinjaman yang kampus anda miliki. Dengan demikian, anda bisa memastikan melakukan penghematan biaya tersebut dengan baik.

3. Perhatikan dan buat laporan arus kas secara berkala

Nah, memerhatikan dan membuat laporan arus kas memang harus dilakukan. Selain untuk mengamati arus keuangan, anda juga bisa memastikan untuk memotong beberapa anggaran yang hendaknya bisa dipotong untuk keperluan lain. Sehingga melakukan penghematan bisa anda lakukan dengan cepat dan mudah.

4. Buatlah business plan baru

Situasi yang seperti ini memang membuat semua pihak harus membuat plan ekstra. Setidaknya anda harus membuat research untuk membuat business plan yang baru. Tujuannya agar semua keuangan dan transaksi yang kampus anda lakukan dengan stakeholder bisa dijangkau dan diatur dengan baik.

Baca juga: 7 Strategi Kampus Optimalkan Penerimaan Dana Mahasiswa Melalui Bantuan Dana Pendidikan saat Covid-19

5. Lakukan manajemen risiko

Bukan keuangan namanya bila tidak memerhatikan manajemen risiko. Dalam situasi yang seperti ini anda harus dengan leluasa mengelola keuangan dengan baik. Beberapa ketidakpastian pasti akan muncul dalam situasi seperti ini. sehingga, dengan melakukan manajemen risiko dengan baik, anda akan dengan mudah mengelola ketidakpastian tersebut dari ancaman yang ada.

6. Ganti promosi kampus ke digital

Kebiasaan lama yang biasa dilakukan oleh kampus untuk melakukan promosi dengan memasang backdrop, poster, atau baliho di pinggir jalan. Namun, seiring dengan wabah Covid-19 ini, semua orang menghabiskan waktu mereka di dalam rumah. Dengan demikian, melakukan promosi kampus seperti biasanya akan kurang efektif. Sehingga, anda bisa menggantinya dengan via digital agar promosi yang anda lakukan bisa sampai ke masyarakat.

7. Alihkan dana pembelajaran ke pembelajaran daring

Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di dalam kelas, kini dirubah dengan kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring. Tidak heran bila anda harus mengalihkan keuangan yang biasa digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas dan digantikan ke pembelajaran daring. Dengan demikian, sistem dana operasional anda akan tersalurkan dengan baik.

8. Alihkan dana pengembangan sarana prasarana

Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di dalam kampus, kali ini harus dilakukan di rumah masing-masing selama wabah Covid-19 ini. Tentunya, kegiatan yang dilakukan di dalam lingkungan kampus ini juga membutuhkan biaya operasional untuk kegiatan belajar mengajar.

Namun, berhubung kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah masing-masing, kampus bisa melakukan penghematan dana untuk seluruh sarana prasarana tersebut.  Dengan kata lain, anda bisa melakukan perubahan pengalihan dana sarana prasarana ke kebutuhan lain yang kiranya mendesak.

Baca juga: Adapt or Die, Ini 7 Inovasi Perguruan Tinggi Saat Covid-19

9. Pengalihan biaya operasional tugas di luar kampus

Kegiatan lain yang biasa diberikan dana oleh perguruan tinggi adalah kegiatan tugas di luar kampus. Seperti halnya melakukan studi banding, studi ke luar negeri atau bahkan tugas mengajar bagi dosen di luar kampus. Sayangnya, situasi seperti ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kegiatan tersebut harus dibatalkan. Sehingga, bagi perguruan tinggi bisa melakukan pemotongan dana pada kegiatan ini untuk melakukan penghematan biaya operasional kampus.

10. Pengalihan dana kegiatan kampus dan mahasiswa

Seperti yang anda ketahui, kegiatan mahasiswa di kampus biasanya memang sangat banyak dan tentunya mendapatkan pengalokasian dana dari biaya operasional kampus. Karena situasi akhir-akhir ini tidak memungkinkan, maka dana yang dianggarkan untuk kegiatan ini bisa dihemat oleh perguruan tinggi tersebut.

Situasi yang seperti ini tidak dipungkiri lagi memang membawa dampak yang cukup besar terhadap lingkungan kampus. Seluruh kegiatan dan rencana yang sudah direncanakan memang harus diputar haluan. Maka dari itu, sebisa mungkin kampus harus melakukan rencana lain untuk mengambil alih seluruh rancangan dan anggaran dana pada situasi seperti.

Dengan melakukan penghematan dana, diharapkan setiap kampus mampu mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan lain selama wabah Covid-19 ini. Bagi kampus yang sedang mencari solusi proses penerimaan mahasiswa baru di situasi Covid-19 ini, bisa menggunakan penerimaan mahasiswa baru (PMB) online di siakadcloud.com 

Bagikan artikel ini

Komentar