Flash News

4 Universitas di Sudan Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Kuliah

SEVIMA.COM – Siapa yang ingin melanjutkan kuliah ke ke wilayah Timur Tengah? Sudan bisa menjadi salah satu pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah baik S1, S2, maupun S3.

Duta Besar RI untuk Sudan Sunarko memberikan bocoran kampus-kampus mana saja yang menjadi unggulan. Sudan memang cukup diminati oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan.

“Setidaknya ada 4 universitas yang menarik dan banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia, serta negara-negara lainnya seperti Thailand, Malaysia, dan Afrika,” kata Sunarko kepada SEVIMA, Kamis (19/5/2022).

Keempat universitas tersebut yakni International University of Afrika, Omdurman Islamic University, University of the Holy Quran and Islamic Sciences (Universitas Al Quranul Karim dan Ilmu-Ilmu Islam), dan Khartoum International Institute For Arabic Language.

“Sudan menawarkan studi-studi tentang Islam dan Bahasa Arab yang cukup banyak dimintai oleh calon mahasiswa di Indonesia. Studi mengenai ilmu keislaman yang paling menonjol dan berpengaruh di Sudan ini. Dua proggram studi itu yang diminati dan menjadi keunggulan tersendiri,” ucapnya.

Baca juga : 4 Isu Utama Bidang Pendidikan dalam Presidensi G20

Beberapa universitas di atas memberikan kesempaatan beasiswa untuk jenjang S2. Namun sejak masa pandemi ini kuota yang diebrikan berkurang. Pola beasiswa hanya untuk perkuliahan saja, sementara untuk biaya kehidupan sehari-hari tidak ditanggung.

Untuk beasiswa, universitas di Sudan juga menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan di Indonesia seperti Pondok Pesantren Gontor dan lainnya.

Nah bagi yang berminat untuk kuliah ke Sudan, perlu tahu apa saja sih yang harus disiapkan. Dari sisi aspek akademis, tentu mahasiswa yang berminat kuliah di Sudan paling tidak menguasai Bahasa Arab basic atau yang memadai.

Karena biasanya akan ada tes khusus secara virtual oleh lembaga pendidikan di Sudan untuk mengetahui kemampuan dan juga kapsistas Bahasa Arab calon mahasiswa. Sebab Bahasa Arab di Sudan sebagai bahasa akademis maupun bahasa percakapan sehari-hari.

Kemudian memiliki pengetahuan basic tentang ilmu-ilmu keislaman untuk jenjang S1. Sementara untuk jenjang S2 dan S3 tentu saja lanjutan dan pengembangan dari sebelumnya.

“Ketentuan lainnya yang perlu disiapkan yakni memiliki hafalan 2 juz Alquran, juz 29 dan juz 30 bagi yang ingin mengambil ilmu-ilmu Alquran,” ujarnya.

Baca juga : ITS Buka Prodi Teknik Telekomunikasi Lewat Jalur Mandiri

Sunarko menambahkan yang tak kalah penting adalah menyiapkan dokumen administrasi untuk pemberangkatan, seperti paspor, visa, serta surat tanda penerimaan dari universitas terkait.

“Perlu diingat juga Sudah jauh dari Indonesia, sehingga perlu persiapan mental dan fisik. Tantangan alam juga perlu diperhatikan karena cuaca panas yang ekstrem, saat ini mencapai 42 derajat,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar