Flash News

Indonesia Jadi Tujuan Belajar Negara Tetangga

SEVIMA.COM – Indonesia patut berbangga, karena sistem pendidikan yang ada lebih maju dibandingkan beberapa negara tetangga lainnya. Hal itu menjadikan Indonesia sebagai tujuan belajar dari calon mahasiswa dari beberapa negara.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Port Moresby Papua Nugini, Chaerun Anwar mengatakan banyak perguruan tinggi di Tanah Air yang menarik bagi calon mahasiswa asing.

“Indonesia itu menjadi tujuan belajar, bukan hanya dari Papua Nugini tapi juga negara-negara Pasifik menjadikan Indonesia tujuan negara untuk belajar,” kata Chaerun kepada SEVIMA, Senin (30/5/2022).

Baca juga : 4.125 Mahasiswa Timor Leste Kuliah di Indonesia

Menurutnya hal ini menjadi keuntungan bagi perguruan tinggi, khususnya yang swasta untuk mempromosikan kampusnya ke luar negeri. Sehingga tidak hanya menjaring mahasiswa dalam negeri saja tetapi juga mahasiswa asing.

Ia menyebutkan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan calon mahasiswa asal Papua Nugini melanjutkan kuliah di Indonesia. Di antaranya yakni karena fasilitas yang lebih baik, biaya hidup lebih murah, serta tingkat keamanan.

“Mahasiswa Indonesia yang belajar di Papua Nugini jarang meninggalkan kampus, karena di luar kampus tidak seaman di Indonesia,” ucapnya.

Baca juga : 4 Universitas di Sudan Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Kuliah

Selain Indonesia ada beberapa negara yang menjadi tujuan belajar lainnya, seperti Malaysia, Filipina, Australia, dan New Zeland. Indonesia pun harus bersaing dengan negara-negara tersebut agar bisa menarik minat calon mahasiswa asing.

Chaerun menambahkan setiap tahunnya ada sekitar 12 ribu lulusan SMA di Papua Nugini. Sebanyak 5.000 di antaranya mendapatkan beasiswa dan masuk perguruan tinggi negeri di Papua Nugini. Sementara sisanya banyak yang memilih untuk kuliah di luar negeri salah satunya Indonesia.

“Bagi perguruan tinggi swasta tentu ini menjadi pangsa pasar yang menarik untuk promosi, dengan membuat leaflet baik secara daring maupun dikirimkan dalam bentuk hardcopy ke KBRI untuk di sebarkan ke calon mahaiswa sehingga semakin banyak nanti orang-orang Papua Nugini yang mengalihkan perhatian dari Australia dan New Zeland untuk kuliah ke Indonesia,” ujarnya.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi favorit calon mahasiswa asal Papua Nugini seperti Universitas Diponegoro, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Esa Unggul, Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas 11 Maret Solo, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), serta lainnya.

“Diharapkan kampus-kampus di Indonesia membuka kelas internasional yang berbahasa inggris, nantinya jadi tujuan belajar calon mahasiswa,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar