Flash News

4.125 Mahasiswa Timor Leste Kuliah di Indonesia

SEVIMA.COM – Sebagai negara yang baru saja merdeka, pendidikan di Timor Leste (Tiles) masih dalam tahap berkembang. Setidaknya sudah ada 10 perguruan tinggi di negara yang melepaskan diri dari Indonesia pada tahun 1999 itu.

Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Demokratik Timor Leste Ikhfan Haris mengatakan dari 10 perguruan tinggi yang ada di Tiles, dua di antaranya merupakan perguruan tinggi negeri, yakni Universitas Nasional Timor Leste (UNTL) dan Universidade de Díli (UNDIL).

“Memang secara umum jika bandingkan dengan Indonesia, di Timor Leste ini tergolong negara yang pendidikannya masih dalam taraf yang berkembang. Ada dua universitas negeri, sisanya swasta,” kata Ikhfan kepada SEVIMA, Senin (23/5/2022).

Baca juga : 4 Universitas di Sudan Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Kuliah

Meski demikian, Ikhfan mengakui ada salah satu perguruan tinggi yang cukup unik, yakni East Timor Coffee Institute (ETCI) Ermera. Perguruan tinggi tersebut fokus pada bidang kopi yang sangat jarang ditemui.

Untuk diketahui ETCI sebelumnya merupakan Akademi Pertanian dibawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sebelum Timor Leste Mederka. Lembaga tersebut kemudian ganti nama menjadi ETCI dengan membuka 3 fakultas yakni ekonomi, pertanian, dan teknik.

Mengingat masih dalam tahap berkembang, tak jarang calon mahasiswa dari Timor Leste yang melanjutkan pendidikannya ke Indonesia. Ikhfan mencatat saat ini ada 4.125 mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Indonesia.

“Mungkin mahasiswa asing terbanyak di Indonesia itu dari Timor Leste, data kami ada 4125 mahasiswa Timor Leste yang kuliah di berbagai universitas stasta dan negeri di Indonesia, baik yang dapat beasasiswa maupun tidak,” ucapnya.

Baca juga : IAIN Langsa Ajak Perguruan Tinggi Melek Digital

Ke depan pihaknya akan memperkuat kerjasama antara perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan Timor Leste. Karena tak jarang juga perguruan tinggi yang ada di Indoneesia memberikan beasiswa untuk mahasiswa asal Timor Leste.

“Tahun ini ada 11 perguruan tinggi di Indonesia yang bersedia memberikan beasiswa. Mereka melihat potensi dari para calon mahasiswa asal Timor Leste,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar