Event | Event SEVIMA | Kampus Merdeka | kemendikbud

4000 Peserta Hadiri Webinar Penerapan Kurikulum Kampus Merdeka

SEVIMA.COM – Surabaya (30/03/2021), Merdeka Belajar merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Republik Indonesia, dimana mahasiswa/peserta didik diberikan hak untuk belajar diluar dari program studi yang telah dipilih.

Banyak perguruan tinggi yang sedang mempersiapkan implementasi kurikulum Kampus Merdeka dalam proses pembelajarannya. Namun beberapa perguruan tinggi masih bingung terkait penerapannya. Untuk itu, Event Webinar rutin SEVIMA kali ini mengangkat tema terkait “Tips Membangun Kurikulum Kampus Merdeka serta Ekuivalensinya”.

Baca juga : Sesditjen Dikti: Manfaatkan “Rezeki” Kampus Merdeka, Karena Tak Datang Dua Kali

Dengan menghadirkan keynote speaker Dr. Eng. Siti Machmudah, S.T.,M.Eng.(Direktur Pendidikan ITS) dan Bagus Jati Santoso, S.Kom., Ph.D. (Ketua PKKM ITS), dan H. Kurniawan, S.Ag., M.Pd. (Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Bengkulu).

Kegiatan ini disambut penuh antusias dengan hadirnya lebih dari 4000 peserta yang hadir dalam Zoom Meeting dan juga Live Youtube. Peserta terdiri dari beberapa pimpinan perguruan tinggi dan juga bagian dari tim penyusun kurikulum dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Sugianto Halim, M.M.T. selaku CEO PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) mengungkapkan harapan mengenai Webinar ini, “kami semua berharap melalui forum ini dapat menjawab semua keraguan dan pemahaman terkait implementasi Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten,” ujar Halim

Baca juga : Penting! Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Kampus Merdeka 2021

Acara dimulai dengan adanya penjelasan terkait Program Merdeka Belajar dan strategi implementasi secara umum hingga identifikasi kebutuhan kurikulum dan panduan di perguruan tinggi. Bersyukur untuk antusiasme, semangat dari narasumber & peserta sangat terlihat dengan ramainya pertanyaan interaktif selama webinar berlangsung kurang lebih tiga jam.

Acara sukses dilaksanakan, bahkan banyak sekali pertanyaan yang masuk melalui Zoom Live maupun live chat youtube SEVIMA. Semoga dengan adanya acara webinar ini menjadikan perguruan tinggi lebih memahami kurikulum kampus merdeka serta meningkatkan kualitas SDM khususnya mahasiswa di Indonesia.

Bagikan artikel ini

Komentar