Dunia Mahasiswa | Tips & Trik

Uang Saku Tak Cukup? 5 Cara Menambah Uang Jajan untuk Mahasiswa

SEVIMA.COM – Menjadi seorang mahasiswa selalu identik dengan keuangan yang pas-pasan dan banyak tugas. Namun, di fase inilah kamu bakal belajar banyak hal, terutama dalam mengatur keuangan. Terlebih buat kamu yang ngekos dan jauh dari orangtua. 

Nah, biar kamu gak terlalu tergantung dari keuangan yang diberikan orangtua, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan uang tambahan. Kegiatan apa saja sih yang bisa menambah income sehari-hari? Let’s check it out!

Baca juga: EdLink Bantu Ribuan Mahasiswa Survive di Masa Pandemi 

1. Menjadi freelance

Biar kamu punya uang tambahan, kamu bisa mencoba menjadi tenaga freelance. Nah, di sini kamu bisa mengerjakan berbagai pekerjaan seusai jam kuliahmu. Jadi gak bakalan ganggu waktu untuk belajar sobat. 

2. Buka layanan jasa

Sekarang ini, internet sangat membantu kita untuk mencari uang. Salah satunya dengan menjual jasa, seperti jasa perapian skripsi, jasa fotografi, hingga jasa pembuatan sketsa wajah. 

Jika kamu memiliki keahlian tersebut, bisa banget tuh kamu coba untuk menambah keuangan kamu. Lumayan kan buat uang saku tambahan. 

3. Jadi reseller

Yaps, buat kamu yang punya jiwa entrepreneur tapi gak mau ribet, jadi reseller adalah salah satu caranya nih. Kamu cukup menjualkan barang yang ada di marketplace guys. Kamu gak perlu tuh yang namanya stok barang. 

4. Menjadi vlogger dan blogger

Zaman yang semakin canggih dan kreatif bisa kamu manfaatkan dengan menjadi sosok vlogger dan blogger. Rupanya menjadi vlogger dan blogger bakal menambah income kamu lho. Selain fleksibel, menjadi vlogger atau blogger juga sangat memudahkan kamu dalam meningkatkan skill kamu lho. Yuk tunggu apalagi. 

5. Mencari beasiswa

Selain melakukan pekerjaan sampingan, kamu bisa mencari beasiswa juga lho untuk menambah income. Dengan beasiswa tersebut kamu bisa menabung atau bahkan menambahkannya untuk keuanganmu selama kuliah. 

Baca juga: Upgrade Ilmu Mahasiswa Melalui Program Kampus Merdeka

Well, itu tadi 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah income selama masa kuliah. Buat kamu yang ingin mencari tambahan uang saku, kelima cara tadi bisa kamu terapkan lho. Lumayan kan tambah modal dan tabungan hihi. 

Kalau kamu mau tips yang lainnya seputar mahasiswa, kamu bisa kunjungi maukuliah.id. Yang mana platform ini bakal memberikanmu informasi seputar dunia perkuliahan yang asi dan menarik. 

Bagikan artikel ini

Komentar