Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa | Kampus Merdeka | kemendikbud

Upgrade Ilmu Mahasiswa Melalui Program Kampus Merdeka

SEVIMA.COM– Halo guys! Kira-kira siapa yang sudah tahu program Kampus Merdeka? Nah, kalau sudah pada familiar, Kampus Merdeka merupakan salah satu program terbaru yang diluncurkan oleh Kemendikbud-Ristek. Program yang satu ini diberikan kepada pada mahasiswa untuk mengasah kemampuan para mahasiswa agar bisa berkarya di masa depan. 

Melalui program ini, Kemendikbud-Ristek memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar di luar kampus melalui kesembilan program yang sudah disiapkan. Melalui program tersebut kamu bisa mengeksplor banyak hal yang ada di dalam diri kamu agar bisa berkembang lebih pesat. 

Baca juga: Kelas Merdeka EdLink, Sarana Tepat Upgrade Skill Mahasiswa Indonesia

Keuntungan apa saja yang didapatkan saat mengikuti program kampus merdeka?

Banyak hal yang bisa kamu manfaatkan saat mengikuti kegiatan program kampus merdeka ini, adapun manfaat tersebut antara lain:

1. Kegiatan lapangan dikonversikan ke SKS

Di dalam kegiatan program kampus merdeka ini, kegiatan lapangan yang kamu ikuti bisa dikonversikan melalui SKS. sehingga kegiatan tersebut bisa masuk ke dalam sebuah penilaian. 

2. Eksplorasi lapangan lebih dalam

Jika biasanya kegiatan perkuliahan hanya dilakukan di ruangan, kali ini kamu bisa melakukan eksplorasi di lapangan lebih lama. Sehingga kamu bisa melakukan research lebih dalam dan dalam jangka waktu lama lho. 

3. Memperluas jaringan di luar program studi dan kampus asal

Buat kamu yang ingin melakukan eksplorasi dunia perkuliahan, program kampus merdeka ini bisa memberimu kesempatan untuk memperluas jaringan di luar program studi dan kampus asal. Melalui program ini kamu bisa melakukan program pertukaran pelajar di luar program studi kamu atau luar kampus lho. Seru kan!

4. Dapat menimba ilmu secara langsung

Ini nih yang berbeda! Melalui program Kampus Merdeka kamu bisa langsung menimba ilmu dari sebuah perusahaan maupun institusi terkait. Jadi kamu bisa melakukannya melalui kegiatan magang dengan mitra berkualitas dan terkemuka. 

Baca juga: Kebijakan ‘Kampus Merdeka’ Berbeda dengan Pendidikan Vokasi

Program apa saja yang ada di kampus merdeka?

Ada 9 program yang akan membantu kamu upgrade diri lebih lanjut. Apa saja sih kesembilan program tersebut? Yuk intip.

1. Indonesian International Student Mobility Awards

Di dalam kampus merdeka, Kemendikbud-Ristek memberikan kesempatan bagi mahasiswa di Indonesia untuk bisa merasakan studi selama 1 semester di kampus terbaik dunia. Di sinilah kamu bisa totally upgrade kemampuan yang kamu miliki. Mantap gak tuh!

2. Kampus Mengajar

Agar mahasiswa bisa mendalami skill mengajarnya, kamu bisa mengikuti program yang satu ini nih. Terutama bagi kamu yang berasal dari mahasiswa pendidikan. Yuk ikuti!

3. Magang

Setelah lulus nanti, biasanya kamu akan menghadapi dunia kerja guys. Biar kamu gak kaget dengan dunia kerja, kamu bisa banget tuh ikut program magang ini. Program ini biasanya diadakan di sebuah perusahaan atau institusi terbaik lho. Jangan ketinggalan ya. 

4. Membangun Desa (KKN Tematik)

Di lingkungan sosial, kamu bisa mengikuti kegiatan KKN tematik ini guys. Di sini kamu bisa ikut serta dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang ada. 

5. Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Nah, kalau yang ini diadakan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk networking di luar program studi dan kampusnya. Jadi mahasiswa sekarang sangat dianjurkan untuk menggali ilmu lebih dalam melalui program ini. 

6. Proyek Kemanusiaan

Hampir sama dengan program KKN Tematik, program satu ini juga dihadirkan untuk menyumbang dan menyelesaikan seluruh permasalahan sosial yang ada. Sehingga kelak di kehidupan masyarakat mahasiswa bisa terbiasa dan bisa memberikan sumbang sih terbaiknya. 

7. Riset atau penelitian

Perguruan tinggi selalu lekat dengan penelitian dan riset. Di kampus merdeka merdeka belajar ini mahasiswa bisa melakukan riset dalam jangka waktu yang lama. Dan riset ini bisa masuk ke dalam SKS mereka lho. Menarik ya.

8. Studi Independen

Yang suka punya ide dan gagasan keren, program yang satu ini bisa banget kamu ikuti. Dengan studi independen ini mahasiswa bisa melakukan pengembangan terhadap produk yang sudah menjadi ide tersebut. 

9. Wirausaha

Melahirkan wirausahawan yang mandiri juga menjadi salah satu fokus dari program ini. Di sini mahasiswa akan dibimbing dan didukung dalam bimbingan profesional guys

Baca juga: 10 Terobosan Mendikbud dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Adanya program Kampus merdeka ini memang menjadi salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan sobat. Nah, melalui program ini kamu bisa meningkatkan skill yang kamu miliki. Sehingga di kemudian hari kamu bisa sukses dengan skill yang kamu miliki. 

Well said, menjadi seorang mahasiswa tidak bisa hanya duduk belajar dan rajin mengikuti ujian saja. Namun menjadi seorang mahasiswa juga harus dituntut memiliki skill yang sangat berguna bagi masa depan. 

Hanya di Maukuliah.id, kamu bisa menemukan berbagai macam tips dan trik seputar dunia perkuliahan yang dikemas dengan detail. That’s why, jika kamu ingin mencari berbagai macam tips tersebut langsung saja yuk kepoin maukuliah.id. 

Bagikan artikel ini

Komentar