Dunia Akademik | Dunia Kampus

5 Manfaat Edutech Untuk Perkuliahan di Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Kegiatan belajar mengajar di tanah air mendadak berubah 180 derajat semenjak kondisi pandemi yang tak kunjung mereda. Berdasarkan fakta yang didapat dari blog.worldbank.org, terdapat 530.000 sekolah dan perguruan tinggi yang menutup pembelajaran tatap muka karena kondisi pandemi ini. 

Pandemi ini membuat seluruh kegiatan belajar mengajar pun harus bergeser yang semula dilakukan secara konvensional kini dilakukan dengan sistem pembelajaran secara online. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tersebut, seluruh pelaku di dunia pendidikan butuh terobosan baru di dunia pendidikan. Salah satunya adalah Educational Technology atau biasa dikenal dengan EduTech. 

Dilihat berdasarkan definisinya, EduTech berasal dari kata education dan technology. Yang mana pembelajaran dalam dunia pendidikan menggabungkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran sehari-hari. Dengan begitu pembelajaran di dalam kelas akan lebih menarik, inklusif, dan individual. 

Melalui Edutech ini para pelajar masih bisa belajar dan berinteraksi dengan dosen dan teman sekelas. Semuanya terangkum dengan sangat mudah untuk merencanakan pembelajaran dan pengalaman belajar dengan baik. Sehingga bisa dipastikan para pelajar bisa menumbuhkan sikap inklusivitas dan kemampuan mereka dengan skill yang dimiliki mahasiswa. 

Agar mengetahui lebih dalam tentang EduTech, sekarang kita bahas lebih dalam tentang manfaat EduTech di perguruan tinggi. Apa saja sih manfaatnya? Simak ulasan di bawah ini ya.

Baca juga: Apa Itu Institusi Edutech? Kenapa Jokowi Sangat Gencar Dorong Perguruan Tinggi

1. Meningkatkan Kolaborasi

Dalam proses pembelajaran secara online ini bisa membantu para pelajar untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Meskipun dilakukan secara online, mahasiswa masih bisa untuk mengunggah dan berdiskusi tentang materi atau tugas yang disampaikan oleh dosen. 

Semua diskusi yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut nantinya akan dengan mudah dikolaborasikan dengan alat bantu yang mereka butuhkan. Semuanya sudah tersedia lengkap melalui aplikasi yang digunakan tersebut. 

2. Akses belajar mengajar bisa dilakukan setiap saat

Berbeda dengan kelas konvensional, kelas berbasis teknologi ini bisa diaplikasikan setiap saat. Seluruh akses yang ada di dalam kelas ini sudah tersambung dengan jejaring internet. Dengan begitu mahasiswa bisa mudah menyelesaikan tugas mereka tanpa harus hadir di dalam kelas. 

Tak hanya itu saja, mahasiswa juga bisa melakukan diskusi dan bisa tetap berkomunikasi dengan dosen di dalam kelas. Sehingga bisa mudah mengajukan pertanyaan yang ada di dalam kelas di mana pun mahasiswa berada. 

3. Dapat mengurangi penggunaan kertas

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, mencetak dengan kertas biasanya akan menambah cost yang disediakan oleh mahasiswa. Dengan menggunakan Edutech ini, mahasiswa tak lagi pusing untuk mengerjakan tugas, menyimpan ratusan file pekerjaan rumah dan merekap laporan yang bisa dikerjakan. 

Semua bisa dengan mudah dilakukan hanya dalam satu aplikasi. Mereka tak perlu khawatir lagi untuk menghabiskan banyak biaya. Selain itu, mengurangi kertas juga sangat aman digunakan untuk menjaga lingkungan alam agar tetap aman. 

4. Bisa meningkatkan pengalaman pembelajaran personalisasi

Melalui Edutech, mahasiswa bisa membuka peluang mahasiswa untuk bisa menyusun rencana pembelajaran yang akan dengan mudah dipersonalisasikan untuk setiap mahasiswa. Pembelajaran dengan Edutech ini juga menggunakan konten video yang bisa membantu mahasiswa untuk memahami materi yang diberikan oleh dosen. Mahasiswa bisa mengulang materi yang diberikan dosen sehingga mahasiswa bisa lebih terampil dalam mendalami materi. 

5. Pelajaran bisa menarik perhatian

Pelajaran yang dikemas dengan sangat menarik bisa membuat rencana pembelajaran lebih menarik perhatian mahasiswa. Apalagi jika dosen memberikan materi yang sangat menyenangkan, pasti menambah minat mahasiswa untuk bisa belajar lebih dalam. 

6. Bisa memangkas waktu 

Dosen tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk bisa terampil atau meningkatkan minat mahasiswa. Hadirnya Edutech ini bisa mengubah pembelajaran konvensional yang kurang efektif menjadi pembelajaran berbasis teknologi yang sangat mendukung proses belajar mengajar. 

Baca juga: Presiden Jokowi Dorong Perguruan Tinggi Jadi Institusi Edutech

Manfaat yang diberikan EduTech tersebut sudah terbukti bahwa sistem pembelajaran online masih bisa berjalan dengan lancar meskipun hanya dilakukan secara online. Terlebih jika dilengkapi dengan penggunaan sistem LMS dengan cara yang benar. Dengan begitu seluruh proses belajar mengajar bisa terpenuhi dengan baik. 

Salah satu LMS terbaik yang bisa Anda gunakan adalah SEVIMA EdLink. Aplikasi ini bisa memenuhi seluruh proses belajar mengajar Anda hanya dengan sistem digital. Yuk segera beralih ke EduTech!

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar