Dunia Kampus | Tips & Trik

5 Strategi Kampus Tingkatkan Minat Lulusan SMA/SMK/MA ke Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM– Berdasarkan fakta yang diungkap oleh Deputi Menteri Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. R. Agus Sartono, M.B.A. bahwa masih terdapat 1,9 juta lulusan SMA/SMK/MA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Padahal setiap tahunnya, lulusan SMA/SMK/MA mencapai 3,7 juta siswa. 

Hal ini menimbulkan permasalahan yang cukup besar di dunia pendidikan Indonesia. Mengingat saat ini di Indonesia sudah tersedia empat ribu lebih perguruan tinggi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. 

Jika kondisi ini tak kunjung diperbaiki, maka peningkatan pendidikan di Indonesia tak akan bisa maksimal. Untuk itu, setiap perguruan tinggi harus memikirkan strategi terbaik agar bisa meningkatkan minat lulusan SMA/SMK/MA untuk bisa lanjut ke perguruan tinggi. 

Baca juga: Deputi Menteri: Masih Ada 1,8 Juta Anak SMA Tidak Bisa Kuliah

Lalu, strategi apa saja yang kiranya bisa ditingkatkan untuk meningkatkan minat lulusan SMA/SMK/MA ke perguruan tinggi? Untuk lebih jelasnya, Dr. Drajat martianto, M.Si. Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor akan berbagi tips agar perguruan tinggi bisa menarik minat calon mahasiswa. Berikut ulasannya. 

1. Menerima mahasiswa dari berbagai jalur

Sistem penerimaan mahasiswa biasanya dilakukan menjadi beberapa jalur. Baik melalui jalur akademik maupun jalur non akademik. Pada jalur akademik biasanya akan diadakan tes akademik saat mahasiswa masuk di sebuah perguruan tinggi. 

Namun, saat ini Anda bisa memanfaatkan jalur non akademik seperti jalur ketua osis, hafidz dan hafidzah, hingga jalur masuk prestasi olahraga. Nah, dengan adanya ketersediaan di berbagai jalur tersebut, maka bisa dipastikan kampus bisa mempromosikan kepada lulusan SMA/SMK/MA dalam masuk ke perguruan tinggi. 

2. Memanfaatkan program beasiswa

Agar peminat masuk di sebuah kampus bisa meningkat. Anda bisa menawarkan program beasiswa yang tersedia di kampus Anda. dengan begitu minat melanjutkan sekolah siswa akan naik jika ada dorongan dari segi beasiswa ini. 

3. Menjalin hubungan baik dengan alumni

Alumni secara tidak langsung menjadi ujung tombak meningkatkan minat lulusan SMA/SMK/MA untuk masuk ke perguruan tinggi. Semakin bagus kualitas alumni yang dimiliki oleh kampus, maka akan semakin banyak pula menarik minat lulusan untuk bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 

4. Menonjolkan manfaat KIP Kuliah dengan baik

Bagi siswa yang kurang mampu dari segi ekonomi, memanfaatkan KIP Kuliah memang sangat membantu. Adanya KIP Kuliah ini dinilai akan meningkatkan minat siswa untuk bisa terus melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. 

5. Manfaatkan teknologi untuk promosi

Agar minat siswa masuk ke perguruan tinggi semakin meningkat, Anda bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosi. Adanya teknologi ini sangat membantu Anda dalam mengajak lulusan SMA/SMK/MA untuk masuk ke perguruan tinggi. 

Baca juga: 5 Tips agar Pendaftar Mahasiswa Baru Meningkat Dari Wakil Rektor IPB

Melalui 5 hal tersebut diharapkan akan meningkatkan minat serta kemauan lulusan SMA/SMK/MA untuk bisa lanjut di perguruan tinggi. Dengan begitu tingkat pendidikan di Indonesia akan meningkat dan kualitas sumber daya manusianya pun juga akan meningkat. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar