Solusi SEVIMA | Tips & Trik

5 Tips Rekrutmen untuk Mendapatkan Karyawan Terbaik

SEVIMA.COM – Untuk mendapatkan karyawan terbaik memang tidak mudah. Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan untuk menyeleksi karyawan terbaik. Bisa dibilang sih dalam memilih karyawan seperti melakukan trial error. Butuh cara yang efektif dan efisien untuk melakukanya. 

Memang tak dipungkiri, kalau memilih karyawan tak hanya disesuaikan dengan job description saja, namun juga harus disesuaikan dengan lingkungan tempat kerja tersebut. Lalu bagaimana sih cara dan mekanisme yang tepat untuk melakukan rekrutmen mendapatkan karyawan terbaik? Simak ulasan di bawah ini ya. 

1. Perbaiki hire pool saat merekrut

Hire pool merupakan sebuah cara di sebuah perusahaan untuk mengumpulkan para calon penerima kerja untuk diseleksi mendapatkan hal paling baik. Tahap ini adalah tahap yang paling penting untuk membuka lowongan pekerjaan. 

Hire pool ini sangat penting untuk menciptakan ketersediaan tenaga kerja yang bagus saat perekrutan. Dengan hire pool ini para rekruter bisa melihat kualitas dari para pekerja. Dengan melakukan review tersebut, sehingga bisa dipastikan apakah karyawan tersebut layak untuk direkrut atau tidak. 

Baca juga: Aplikasi KarirLink, Bantu Fresh Graduate Temukan Kerja Pertama

2. Pastikan karyawan tersebut punya reputasi yang baik

Untuk menyaring karyawan yang berkualitas, Anda harus pastikan kalau jika perusahaan Anda menyaring karyawan yang punya reputasi bagus. Maksudnya, Anda bisa menyaring karyawan yang tidak pernah meninggalkan histori buruk seperti penggelapan dana, nepotisme, dan lainnya. 

3. Libatkan karyawan lain dalam proses rekrutmen

Untuk mendapatkan hasil rekrutmen terbaik, Anda bisa memanfaatkan karyawan lain dalam proses rekrutmen. Misalnya saja, jika Anda sedang melakukan interview untuk posisi marketing. Nah, saat itulah Anda bisa melibatkan anggota dari divisi marketing untuk melakukan sesi interview. 

4. Bayar lebih dari kompetitor Anda

Strategi cerdas ketika merekrut karyawan adalah membayar lebih dari kompetitor Anda. Jika Anda menawarkan gaji yang lebih besar dan kompetitif dengan perusahaan lain, maka akan menarik banyak calon karyawan. 

Jika banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh karyawan, maka perusahaan tersebut akan membawa banyak sumber daya manusia yang terbaik. Jadi sangat penting untuk membantu peningkatan kualitas karyawan. 

5. Menggunakan platform yang terintegrasi dengan kampus yang terpercaya

Hal paling penting untuk mendapatkan karyawan di masa digital seperti ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform yang terintegrasi dengan kampus yang terpercaya. Dengan menggunakan platform tersebut, perusahaan bisa mendapatkan calon karyawan terbaik. Tak hanya itu saja, perusahaan bisa mendapatkan sumber daya yang baik dari kampus terpercaya. 

Baca juga: Tips Membangun Karir Cemerlang ala Vina Muliana, Content Creator & Staff di BUMN

 Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan platform KarirLink. Yang mana informasi di dalamnya sudah terintegrasi langsung dengan perguruan tinggi. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan bibit-bibit unggul. 

Jika Anda mau mendapatkan karyawan terbaik, Anda bisa mencoba untuk menggunakan KarirLink. Platform yang membantu industri mendapatkan tenaga kerja yang kompeten langsung dari lulusan universitas.

Ketika Anda membuka lamaran pekerjaan, pasti perusahaan Anda membutuhkan banyak hal untuk merekrut karyawan yang tepat dan benar. Untuk itu, Anda harus menyiapkan kelima poin tersebut dengan baik.

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar