Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa | Tips & Trik

7 Hal yang Dilakukan di Awal Perkuliahan

SEVIMA.COM – Gak kerasa ya udah masuk perkuliahan awal. Padahal rasanya kayak baru kemarin kita baru menyelesaikan ujian akhir semester dan berbagai tugas di akhir semester. Eh, gak taunya sekarang udah mulai masuk aja. 

Waktu memang berjalan sangat cepat ya. Semua berjalan begitu saja tanpa dirasa. Nah, biar sobat semakin siap menghadapi awal semester, kamu harus tau nih apa saja yang harus disiapkan di awal perkuliahan ini. Yuk kita simak baik-baik ya. 

1. Pastikan mata kuliah yang kamu ambil di KRS sudah benar

Tak hanya kesiapan mental saja yang kamu siapkan. Ketika menghadapi semester baru kamu harus memastikan mata kuliah yang kamu ambil itu sudah pasti akan kamu pilih. Jangan sampai kamu salah pilih ya. Ujung-ujungnya kamu sendiri yang nyesel karena kesulitan dengan mata kuliah tersebut. 

Baca juga: Tips dan Keuntungan Lulus Cumlaude Buat Mahasiswa, Begini Caranya

2. Perhatikan jadwal kuliah dengan baik

Selain memperhatikan mata kuliah yang diambil, kamu wajib memperhatikan jadwal apa saja yang pas buat kamu. Jadwal kuliah biasanya akan diumumkan di portal sistem informasi akademik masing-masing mahasiswa. Selain itu biasanya jadwal tersebut bisa didapatkan melalui sosial media jurusan kamu. Jadi langsung deh perhatikan dengan baik. 

3. Kenali dosen yang mengajar kamu

Setelah tahu jadwal kuliah, kamu wajib mengenali karakteristik dosen kamu. Kamu wajib mengetahui bagaimana dosen kamu ketika mengajar. Ingat ya dosen punya wewenang tersendiri ketika mengajar dan memberi nilai mahasiswa. Jadi perhatikan dengan baik ya. 

 4. Usahakan kenali teman sekelas kamu

Gak afdol rasanya jika mengikuti kelas tapi gak kenal sama teman sekelas. Kan bisa gawat. Hehe jangan khawatir dulu dong. Sebelum kamu masuk di kelas tersebut kamu bisa mengenali teman kamu satu persatu. Nah, langsung deh PDKT sama temen kamu. Nantinya ketika perkuliahan dimulai kamu jadi lebih enak kalau mau diskusi atau sharing. 

5. Buat catatan penting seputar mata kuliahmu

Ketika kuliah dimulai jangan lupa bikin catatan penting di buku atau notes pribadi kamu. Semua bisa kamu lakukan di sana dengan detail ya. Catatan seputar perkuliahan ini pasti gampang banget kok buat kamu pelajari nantinya kalau mau ujian. So, pastikan punya catatan untuk menulis mata kuliah dan informasi penting ini ya. 

6. Persiapkan rencana kamu semester ini

Buat kamu yang suka planning, pastinya mempersiapkan rencana belajar memang sangat dinanti. Belajar tanpa planning ibarat berjalan di ruang gelap, gak jelas tujuannya mau kemana. 

Rencana satu semester ke depan ini biasanya bakal mempermudah kamu lho biar lebih siap menghadapi hari-hari di dalam satu semester ke depan. 

7. Upgrade skill dengan baik

Semakin bertambahnya semester bukan berarti bikin kamu makin malas ya. Tapi bertambahnya semester seharusnya bikin kamu makin siap menghadapi hari. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah dengan melakukan upgrade skill. 

Cara mudah upgrade skill sebenarnya bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, misalnya ikut organisasi, pelatihan online, magang, dan masih banyak lagi. Apalagi sekarang ada program kampus merdeka kan? Nah kamu bisa banget tuh ikuti program itu. 

Baca juga: 5 Tips Berwirausaha untuk Mahasiswa ala Dosen UNAIR

Bertambahnya semester sebenarnya bukan beban kok guys kalau kamu mau berusaha semaksimal mungkin. Dengan bertambahnya semester seharusnya kamu semakin siap menatap masa depan yang lebih indah.

 Nah, di awal semester ini adalah langkah yang tepat buat kamu agar makin siap menatap masa depan. Salah satunya dengan melakukan tips tersebut. Biar kamu makin sip nih, kamu bisa mencari informasi perkuliahan di maukuliah.id. Semua bisa dengan mudah kamu dapatkan di sana lho. 

Bagikan artikel ini

Komentar