Dunia Kampus | Tips & Trik

7 Tips Mempersiapkan Pendaftaran Beasiswa, Kamu Harus Tahu!

SEVIMA.COM– Memiliki keterbatasan biaya bukanlah sebuah penghalang untuk mewujudkan mimpi sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Keterbatasan biaya bukan berarti kita harus down dan give up dengan keadaan yang ada. Namun, di sinilah kita harus bangkit dan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkannya. 

Kini pemerintah dan berbagai lembaga swasta sangat mendukung pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah dan berbagai lembaga swasta memberikan berbagai macam beasiswa menarik kepada seluruh siswa di seluruh Indonesia. 

Namun, persiapannya untuk mendapatkan beasiswa gak cuma sebentar lho, tapi harus yakin dan kerja keras saat menyiapkan pendaftaran dan tes nanti. Hm, kira-kira apa sih persiapannya? Let’s go kita cek bareng-bareng. 

Baca juga: Siap-siap! Beasiswa SEVIMA Semesta 2021 Segera Dibuka

Tips Mempersiapkan Pendaftaran Beasiswa

1. Persiapkan list beasiswa yang akan kamu daftar

Sebelum mendaftar beasiswa, ada kalanya kamu harus siapkan list beasiswa yang membuka kesempatan untuk kamu. Data secara keseluruhan hingga kamu bisa melakukan plotting beasiswa mana saja yang bisa kamu daftar. Lalu, tentukan kira-kira beasiswa mana yang bisa kamu daftar dan sesuai denganmu. 

2. Cek persyaratannya

Jangan lupa untuk cek persyaratan beasiswa yang akan kamu daftar. Jangan sampai kamu gak crosscheck dan bisa bikin kehilangan kesempatan yang sudah kamu tunggu-tunggu ya. Setelah mengetahuinya, langsung deh kamu siapkan berkas yang dibutuhkan. 

3. Siapkan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris

Salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam beasiswa adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. Kemampuan ini bisa dibuktikan melalui sertifikat TOEFL atau IELTS. Jadi kamu harus siapkan ini juga ya. 

4. Siapkan Statement of Purpose (SOP) dengan matang

Sebelum beranjak di sesi wawancara, alangkah baiknya kamu siapkan SOP yang akan mendukungmu diterima di beasiswa itu. Biasanya sih kamu hanya butuh menyertakan jawaban yang jelas dan lugas mengenai alasan kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut. 

5. Perbaiki CV 

Nah, gak hanya SOP saja ya. Kamu juga perlu melakukan perbaikan Curriculum Vitae (CV). Melalui CV inilah seluruh pengalaman kamu bakal terlihat dengan sangat jelas. Buatlah CV ini sesuai dengan pengalaman kamu ya, jangan sampai berbohong. 

Baca juga: Awas! Ini 5 hal penyebab beasiswa KIP-Kuliah dicabut

6. Menyiapkan essay dengan baik

Bukan suatu rahasia lagi, jika ingin mendapatkan beasiswa kamu harus siap menyediakan essay dengan baik. Essay yang kamu tulis akan masuk dalam penilaian lho. Jadi kamu harus semaksimal mungkin dalam mengerjakannya. 

7. Jangan menyerah dan banyak berdoa

Namanya mendapatkan beasiswa tidak semudah membalikkan tangan. Kamu harus berusaha keras dengan effort yang maksimal. Maka dari itu, kamu harus terus berjuang tanpa menyerah. Yang terpenting kamu juga harus banyak berdoa ya. 

Well, itulah 5 tips yang harus kamu siapkan untuk mendapatkan beasiswa idaman. Semoga mimpi kamu mendapatkan beasiswa bisa tercapai ya sobatku. Good luck!

Oh iya hampir lupa, buat kamu yang mau mencari informasi beasiswa lebih lengkap dan jelas, langsung aja klik maukuliah.id. Seluruh rasa penasaran kamu bakal terjawab deh di laman ini. 

Mau kuliah Gratis di kampus favorit, digaji tiap bulan, silakan daftar disiniBeasiswa SEMESTA 2021

Bagikan artikel ini

Komentar