Info Kuliah

Awas! Ini 5 hal penyebab beasiswa KIP-Kuliah dicabut

SEVIMA.COM – Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan suatu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu. 

Pemberian beasiswa ini diharapkan akan memudahkan mahasiswa dalam menghadapi dunia perkuliahan. Mahasiswa yang menerima KIP-Kuliah ini akan dibebaskan biaya kuliah dalam kurun waktu yang sudah ditentukan dan mendapatkan uang saku setiap semester. 

1. Dinyatakan tidak layak saat verifikasi

Di awal proses seleksi penerima beasiswa KIP-Kuliah, biasanya akan dilakukan proses verifikasi data dan survei. Para penerima beasiswa akan disurvei secara mendetail mulai dari keadaan rumah penerima beasiswa, survei pekerjaan dan penghasilan orangtua sampai dengan melakukan verifikasi data yang sudah dikumpulkan oleh para calon penerima beasiswa. 

Jika pada saat pemeriksaan tersebut ditemukan suatu kesalahan atau ketidaksesuaian, maka bisa jadi pihak pengelola beasiswa akan mencabut penerima bantuan KIP-Kuliah. 

2. Melakukan perbuatan yang melanggar norma dan hukum

Beasiswa ini juga akan dicabut jika mahasiswa tersebut terbukti melakukan pelanggaran norma maupun hukum. Seperti halnya melakukan tindak asusila serta kegiatan radikalisme. Secara otomatis pihak penyedia beasiswa KIP-Kuliah akan menghentikan beasiswa mahasiswa penerima. 

Baca juga: Pendaftaran KIP-Kuliah 2021 Sudah Dibuka! Begini Cara Daftar dan Syaratnya

3. Nilai tidak memenuhi standar penyelenggara

Setiap mahasiswa yang menerima bantuan KIP-Kuliah diwajibkan untuk memenuhi standar nilai yang sudah ditentukan. Setiap semester mahasiswa penerima diwajibkan untuk memperoleh nilai IPK minimal 2,76 dan mereka akan mendapatkan evaluasi setiap semester. 

4. Melebihi masa studi yang ditentukan 

Pihak penyelenggara KIP-Kuliah memberikan jatah beasiswa selama delapan semester untuk mahasiswa program diploma IV dan program sarjana. Sementara untuk mahasiswa diploma tiga juga diwajibkan untuk menyelesaikan masa studi maksimal selama enam (6) semester. 

5. Kehidupan ekonomi orangtua sudah membaik

Jika keadaan ekonomi dari pihak penerima beasiswa KIP-Kuliah sudah membaik, maka bisa juga penyedia beasiswa KIP-Kuliah mencabutnya. Kemudian beasiswa tersebut akan diberikan kepada mahasiswa lain yang lebih membutuhkan. 

Baca juga: Pengajuan KIP Kuliah On Going dan Bantuan UKT Tahun 2021

Nah, beasiswa KIP-Kuliah ini biasanya akan secara rutin diberikan kepada mahasiswa setiap tahunnya. Pemberian beasiswa ini akan dikategorikan berdasarkan biaya hidup di lokasi kampus. 

Mau kuliah Gratis di kampus favorit, digaji tiap bulan, silakan daftar disiniBeasiswa SEMESTA 2021

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar