Hari ini - Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita | Liputan Media • 08 Jun 2021

Kerjasama Universitas Trunojoyo Madura dengan SEVIMA, Dosen-Mahasiswa Magang Digaji Hingga Rp15 Juta

Seprila Mayang SEVIMA

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN – Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menjalin kerjasama dengan Komunitas IT ‘SEVIMA’ PT. Sentra Vidya Utama, Senin (7/6/2021).

Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Muh Syarif mengatakan, melalui MoU ini, SEVIMA membantu kampus UTM dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan program MBKM. 

Sehingga mahasiswa bisa belajar dengan baik saat melakukan kegiatan pembelajaran di luar kampus.

“Perkuliahan ini senilai 20 SKS, dan digaji hingga Rp 15 Juta Rupiah,” kata Muh Syarif saat zoom meeting dengan Direktur Utama (CEO) SEVIMA, Sugianto Halim.

Menurut dia, menjelang era normal baru, perkuliahan akan mulai berjalan tatap muka dan industri akan beroperasi penuh.

Saran dia, kesempatan magang dalam kebijakan ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka’ bisa menjadi peluang, karena selain kegiatan magang di industri oleh mahasiswa diakui sebagai SKS, para mahasiswa juga bisa memperoleh pengalaman kerja serta gaji yang sangat menarik.

Kata Muh Syarif, dalam rangka menyukseskan kebijakan Pemerintah, pemagangan ini dipandang oleh Universitas Trunojoyo Madura sebagai langkah strategis menyiapkan mahasiswanya di dunia kerja. 

Terlebih dengan posisi kampus di Madura yang memang belum banyak pabrik dan mitra industri.

“Madura ini belum banyak industri, dan tidak bisa dipungkiri ini mempersulit mahasiswa magang,” jelasnya.

“Harapannya, mahasiswa merantau, ambil ilmunya, lalu bekerja, dan bahkan bila jalan rezekinya, mengaplikasikan ilmu dari kota untuk membuka usaha dan lapangan kerja di Madura,” sambungnya.

Syarif juga menjelaskan, dalam kerjasama antara SEVIMA dengan Universitas Trunojoyo Madura ini, ada beberapa posisi yang dibuka untuk magang dengan gaji yang berbeda-beda. 

Di antaranya gaji Rp 1 – 2 juta untuk magang pada posisi trainee.

Gaji Rp 3 – 4 juta untuk magang pada posisi fresh graduate, dan gaji Rp 10 – 15 juta untuk posisi tenaga ahli di bidang IT.

Kata dia, keberhasilan Universitas Trunojoyo Madura memperoleh gaji pemagangan yang menarik secara finansial ini, juga menjadi kebanggaan tersendiri bag kampus.

“Ada juga fasilitas akomodasi, penginapan, dan makan siang. Dosen bisa magang untuk posisi yang Rp 10-15 juta rupiah tersebut. Sehingga Dekan saya di Fakultas Teknik (Prof. Rachmat Hidayat) berkelakar, ingin resign (mengundurkan diri) saja jadi Dekan, karena posisi magang di SEVIMA sangat menarik,” cerita Syarif.

Sementara itu, CEO SEVIMA, Sugianto Halim, berharap melalui pemagangan ini dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran. 

Kata dia, melalui kerjasama ini, SEVIMA ingin mendorong kampus UTM dan generasi muda Madura dalam mewujudkan kader bangsa yang cerdas, berdaya saing, dan berakhlak di kampus Universitas Trunojoyo Madura.

“Kami juga ingin, ada talenta hebat dari Madura di bidang IT, untuk memajukan Madura dan memajukan Indonesia,” kata Sugianto Halim.

“Seperti yang kita ketahui sendiri, di era revolusi industri 4.0 ini, bidang sangat menjanjikan dan kompetitif. Oleh karena itu, tawaran finansial dari pemagangan di bidang IT juga menarik,” lanjut Halim.

Program kerjasama antara SEVIMA dan Kampus Universitas Trunojoyo Madura ini tak hanya seputar kegiatan magang saja.

Namun SEVIMA dan UTM juga menekankan pada kegiatan ilmiah, seminar lokal, penelitian, rekrutmen tenaga kerja serta kerjasama bidang lain yang relevan.

Adanya kerjasama ini, diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di kampus UTM. 

Pada acara MoU ini juga dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa magang di SEVIMA secara langsung oleh Rektor Universitas Trunojoyo Madura dan dilanjutkan dengan kegiatan WEBINAR secara virtual yang membahas tentang strategi Perguruan Tinggi di Madura dalam menyukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan keynote speaker Rektor UTM yang langsung ditayangkan di Youtube Channel SEVIMA.

Artikel ini telah tayang di TribunMadura.com dengan judul: Kerjasama Universitas Trunojoyo Madura dengan SEVIMA, Dosen-Mahasiswa Magang Digaji Hingga Rp15 Juta. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×