Hari ini - Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Info SEVIMA • 07 Feb 2022

Mau Masuk UNAIR! Ini Kuota Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN, SBMPTN & Mandiri UNAIR 2022/2023

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Memasuki tahun 2022, pendaftaran mahasiswa baru pun semakin dekat. Maka inilah saatnya calon mahasiswa harus siap dan memperhatikan setiap detail proses penerimaan mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi. Nah, pada Jumat (27/01) lalu, Prof. Mohammad Nasih, selaku Rektor Universitas Airlangga berbagi informasi terkait mekanisme pendaftaran serta seleksi SNMPTN dan UTBK 2022. 

Berdasarkan informasi tersebut, Unair akan membuka 20% kuota untuk seleksi SNMPTN, 30% kuota untuk SBMPTN, dan sisanya sebanyak 50% untuk jalur mandiri. Pada jalur SNMPTN, mahasiswa akan mengikuti seleksi yang dinilai dari hasil indeks siswa dan sekolah. Sedangkan pada jalur SBMPTN akan didapatkan dari hasil nilai UTBK. Sementara itu, pada jalur mandiri, calon mahasiswa terpilih akan diseleksi dari nilai UTBK dan nilai tes tulis yang akan diikuti. 

Baca juga: Penghapusan Jurusan untuk SMA di Kurikulum Baru, Berikut Kata Dosen Psikologi UNAIR

Jalur masuk SNMPTN

Prof. Nasih menginfokan bahwa para siswa yang masuk dalam kategori eligible harus mempersiapkan diri mereka dengan baik. Terutama dalam memilih jurusan yang akan dituju. Jika di tahap ini belum dinilai berhasil, calon mahasiswa bisa memilih untuk masuk di jalur lain seperti SBMPTN dan jalur mandiri. 

“Persiapkan diri dengan sebaik-baiknya, karena daya tampung SNMPTN sangatlah kecil. Untuk itu Anda harus mempersiapkan langkah lain dengan jalur lain seperti SBMPTN dan jalur mandiri,” tuturnya. 

Jalur masuk SBMPTN

Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akun LTMPT, Anda bisa melakukan registrasi akun mulai tanggal 14 Februari hingga 17 Maret 2022 mendatang . Tanpa menggunakan akun tersebut, calon mahasiswa tidak bisa melakukan pendaftaran SBMPTN di tahun ini. 

Berdasarkan data dari tahun lalu, Prof. Nasih membeberkan bahwa tingkat keketatan SBMPTN 2021 di Universitas Airlangga mencapai 6.91%. 

“Untuk bisa masuk di jalur SBMPTN ini calon mahasiswa harus siap mengalahkan pesaing lainnya. Tahun 2021 lalu, terdapat 100 pendaftar yang mendaftar di perguruan tinggi. Namun, hanya ada 6 orang yang berhasil lulus SBMPTN,” katanya. 

Tips Lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Dalam kesempatan ini, Prof. Nasih juga berbagi informasi penting terkait dengan tips jitu untuk bisa lolos seleksi masuk perguruan tinggi. Terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa sebelum mendaftarkan diri baik di jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur mandiri. Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Pastikan jurusan yang dipilih sesuai passion

Memilih jurusan memang tak boleh sembarangan. Calon mahasiswa wajib memilih jurusan sesuai dengan passion yang sudah dimiliki. 

“Jangan sampai salah memilih jurusan. Pastikan jurusan yang kamu pilih sudah sesuai dengan passion yang kamu miliki,” terangnya. 

2. Sesuaikan dengan kemampuan 

Dalam memilih jurusan, calon mahasiswa wajib menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. 

“Memilih jurusan tak boleh asal-asalan, sesuaikan dengan kemampuan kamu. Terlebih buat calon mahasiswa dari jalur SNMPTN, pemilihan jurusan wajib dilakukan dengan serius. Jika sudah diterima maka tidak akan diperkenalkan mengikuti seleksi SBMPTN,” tegasnya. 

3. Jangan salah memilih perguruan tinggi

Memilih perguruan tinggi juga tak boleh asal-asalan. Calon mahasiswa wajib memilih jurusan dengan reputasi yang bagus. Terutama dari peringkat perguruan tinggi dari segi peringkat universitas di tanah air maupun World Class University Rank (WCU Rank). 

“Peringkat universitas akan mempengaruhi lulusan. Maka diharapkan calon mahasiswa tidak salah memilih perguruan tinggi,” ungkapnya. 

Baca juga: Alumni Bidikmisi UNAIR Gagas Program Beasiswa bagi Pelajar SMA

Untuk mendapatkan kampus dan jurusan yang terbaik, memang tak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa. Calon mahasiswa wajib melakukan research baik melalui kemampuan diri maupun kualitas dari jurusan dan kampus yang akan dituju. Jadi, diharapkan calon mahasiswa harus cermat dalam memilih. Selamat berjuang dan semoga sukses!

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×