Hari ini - Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Liputan Media • 05 Apr 2022

Rekor MURI: Webinar Dengan Peserta Rektor Terbanyak Dipecahkan Oleh UNILA dan SEVIMA 

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Universitas Lampung (Unila) bersama PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) konsultan dan pengembang teknologi informasi mencetak rekor dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk kegiatan Webinar Nasional dengan peserta terbanyak yang diikuti oleh rektor dan wakil rektor se-Indonesia, pada Selasa 5 April. 

Tercatat secara resmi sebanyak 250 rektor dan wakil rektor serta 8.000 peserta hadir dalam webinar tentang strategi meningkatkan jumlah guru besar dan mempercepat kenaikan jabatan fungsional dosen melalui platform Zoom dan Youtube. 

Baca juga: Inilah Tujuh Pencapaian Kampus se-Indonesia Belakangan Ini

Rektor Unila Prof Karomani menjelaskan banyak perguruan tinggi yang ingin meningkatkan jumlah guru besar di kampusnya. Tak heran, webinar tentang meningkatkan jumlah Guru Besar dan mempercepat kenaikan jabatan fungsional dosen tersebut sangat ditunggu oleh para Rektor dan wakil rektor di Indonesia. 

“Promosi guru besar sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia,” tegas Prof. Dr. Karomany, M.Si selaku Rektor Universitas Lampung. 

Senada dengan Prof. Karomany, Prof. Djohar Arifin Husin, Anggota Komisi X DPR RI, sekaligus narasumber Webinar menyampaikan bahwa jumlah guru besar di sebuah perguruan tinggi ini masih relatif sedikit. Maka dari itu, perlu adanya dorongan yang maksimal agar seluruh perguruan tinggi di Indonesia bisa mencetak para guru besar yang mahir di bidangnya. 

“Guru Besar di setiap perguruan tinggi di Indonesia masih relatif sedikit. Agar perguruan tinggi di Indonesia bisa lebih maju dan bekembang hebat, dibutuhkan calon guru besar dalam skala besar. Inilah saatnya setiap perguruan tinggi menyiapkan dengan baik,” tegasnya. 

Dalam pemaparannya, Prof Arifin dan Karomani menjelaskan persentase Guru Besar di Indonesia masih rendah. Jumlah Profesor di Indonesia tahun 2016 (4.949), 2017 (5.351), 2018 (5.961), 2019 (6.243) orang.

Baca juga: Strategi Kampus dalam Menyongsong Kampus Merdeka

Kemudian, saat ini hanya terdapat 5.479 guru besar dari total Dosen di Indonesia  sebanyak 312.890 orang, artiya hanya 2% Profesor saja.

“Sulitnya mencapai Guru Besar disebabkan rumitnya persyaratan, lama proses, dan perubahan regulasi,” ujar Arifin.

Di tahun 2021 ada 10 daerah dengan Guru Besar terbanyak se-Indonesia yakni Jawa Barat (935), Jawa Timur (935), DKI Jakarta (764), DI Yogyakarta (575), Sulawesi Selatan (539), Jawa Tengah (497), Sumatera Utara (307), Sumatera Barat (246), Aceh (83), Banten (72) orang.

Jaya Suprana selaku Founder MURI sangat mendukung kegiatan ini, agar Indonesia dapat mengejar kekurangan jumlah profesor atau guru besar tersebut.

“Setiap perguruan tinggi di Indonesia wajib memiliki tenaga pendidik yang kompeten dan ahli di bidangnya. Oleh karena itu, ruang aktualisasi dosen seperti acara seperti ini sangat kami apresiasi penuh. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan meningkatkan sinergi untuk meningkatkan guru besar di Indonesia,” ungkap Jaya.

Piagam penghargaan MURI kedelapan yang diraih UNILA dan pertama kalinya diraih oleh SEVIMA ini semoga bisa memberikan inspirasi kepada setiap perguruan tinggi agar bisa melahirkan para guru besar yang ahli dan kompeten. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×