Hari ini - Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 28 Feb 2023

Pentingnya SIAKAD Terintegrasi dan Sesuai dengan Peraturan Pemerintah

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Melakukan kelola sistem informasi akademik dan operasional di perguruan tinggi memang tak mudah. Banyak sekali komponen yang harus dimasukkan dalam proses tata kelolanya. Untuk itu, perguruan tinggi membutuhkan sebuah sistem yang bisa mengelola dengan baik. 

Menurut Wahyudi Agustiono, Ph.D saat Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta pada 15 Februari 2023 lalu, bahwa tata kelola sistem informasi akademik tidak cukup menggunakan sistem IT saja. Namun juga membutuhkan sistem yang terintegrasi dengan PDDIKTI. 

Setidaknya perguruan tinggi harus menggunakan sistem yang compliance dengan aturan PDDIKTI. Ini akan mempermudah semua proses kegiatan yang ada di perguruan tinggi. 

“Sistem pendidikan tinggi akan semakin mudah bila sudah terintegrasi. Untuk itu, diwajibkan bagi perguruan tinggi harus menggunakan sistem akademik yang compliance. Ini bertujuan untuk mempermudah kegiatan,” tandasnya. 

Sistem informasi akademik itu sebaiknya harus terkoneksi satu sama lain. Oleh karena itu, jika terintegrasi dengan mudah maka akan membantu seluruh lini beban kerja di perguruan tinggi. 

“Bayangkan saja jika seluruh alur data mulai dari pendaftaran, kegiatan belajar mengajar, sistem pembayaran kampus, akreditasi, hingga kegiatan lainnya bisa terintegrasi. Pasti proses pelaporan PDDIKTI setiap periode akan berjalan dengan sangat lancar,” tandasnya. 

SEVIMA sebagai salah satu platform manajemen pendidikan tinggi di tanah air, memberikan solusi pendidikan tinggi terbaik bagi perguruan tinggi. SEVIMA menyediakan layanan terintegrasi mulai dari kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik yang mudah diaplikasikan di perguruan tinggi. 

Adapun layanan yang disediakan SEVIMA seperti, Maukuliah.id. Layanan Maukuliah ini sangat mudah digunakan untuk pendaftaran dan informasi perkuliahan. Sementara untuk proses kegiatan akademik, bisa menggunakan Siakad Cloud. Layanan ini memudahkan perguruan tinggi mengatur tata kelola sistem informasi akademik dengan aman dan transparan. 

Jika perguruan tinggi membutuhkan layanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi, kini juga bisa menggunakan SEVIMAPay. Selain itu, layanan AkreditasiCloud juga bisa membantu perguruan tinggi melakukan perencanaan akreditasi dengan sangat baik. 

Nah, jika beberapa kurun waktu terakhir muncul sistem pembelajaran daring dari rumah, kini SEVIMA juga menyediakan layanan EdLink yang memudahkan proses pembelajaran di rumah saja dengan sistem yang terjaga. Mahasiswa bisa belajar di mana saja namun tetap mematuhi peraturan yang berlaku. Bahkan ketika mahasiswa lulus pun SEVIMA juga membantu proses pendaftaran dengan menggunakan layanan KarirLink.  Harapannya mahasiswa dapat menyiapkan persiapan karier dengan matang. 

Ada pula inovasi terbaik yang SEVIMA berikan melalui layanan One Day Service dan juga sistem akademik yang sudah terintegrasi dengan Kampus Merdeka. Pada layanan One Days Service saja misalnya, SEVIMA akan lebih mudah mendapatkan mahasiswa baru dengan proses yang begitu cepat. Layanan ini sangat memudahkan setiap perguruan tinggi untuk mendapatkan bibit unggul yang akan masuk sebagai mahasiswa baru di kampusnya. 

Sementara itu, adanya program Kampus Merdeka Merdeka Belajar di perguruan tinggi juga menambahkan PR baru bagi para operator perguruan tinggi. Adanya program ini membuat pekerjaan operator semakin meningkat karena harus memasukkan penilaian sesuai dengan 8 kategori yang sudah ada. 

Oleh karena itu, layanan tata kelola sistem perguruan tinggi di tanah air harus menggunakan sistem yang terintegrasi. Ini akan memudahkan pengguna jauh lebih efektif dan efisien saat melakukan proses pengelolaan data. 

“Sistem yang terintegrasi ini akan memberikan value terbaik bagi pendidikan tinggi di Indonesia. Sehingga cara kerja pengelolaan sistem pendidikan tinggi jadi lebih mudah,”tutup Wahyudi. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×