3 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Nasional: Strategi Sukses Mengembangkan Pembelajaran Kreatif dengan Muatan CPL & CPMK Kewirausahaan untuk Kampus dan Sekolah Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 24 Jul 2024

Waspada Akreditasi Kurang, Jangan Sampai Kalah Bersaing dengan Kampus Baru

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM- Status akreditasi pada sebuah perguruan tinggi merupakan cerminan kualitas pendidikan yang terjamin. Akreditasi yang baik mencerminkan bahwa perguruan tinggi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Perguruan tinggi dengan akreditasi rendah sulit bersaing dan sering dianggap kurang berkualitas. Nilai akreditasi juga berpengaruh besar pada penerimaan mahasiswa baru.

Seperti apa saja dampak nilai akreditasi yang masih kurang sehingga mempengaruhi sebuah perguruan tinggi? Mari kita bahas. 

Pengaruh Akreditasi Kurang Baik

Hasil penilaian nilai akreditasi yang kurang baik merupakan acuan BAN-PT dalam memutuskan status yang didapatkan. Artinya penilaian ini akan menjadi evaluasi bagi perguruan tinggi dikarenakan beberapa aspek belum mendapatkan penilaian dengan maksimal. 

Dampak Akreditasi Rendah:

  • Kepercayaan Masyarakat Menurun: Akreditasi rendah membuat masyarakat, calon mahasiswa, dan dunia kerja meragukan kualitas pendidikan, sehingga menurunkan jumlah pendaftar.
  • Penurunan Jumlah Pendaftar: Akreditasi rendah berpengaruh negatif pada reputasi perguruan tinggi, terutama saat penerimaan mahasiswa baru.
  • Menurunkan Kredibilitas Kampus: Akreditasi rendah menunjukkan kinerja yang belum optimal, mengurangi reputasi dan peluang mendapatkan dana hibah.

Untuk mengatasi ini, perguruan tinggi perlu meningkatkan mutu pendidikan melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) sesuai Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023. SEVIMA mengembangkan Modul SPMI untuk membantu perguruan tinggi dalam pelaksanaan SPMI.

Mudah Laksanakan SPMI di Perguruan Tinggi dengan SEVIMA Platform

Pelaksanaan SPMI dengan SEVIMA Platform kini semakin mudah dengan fitur-fitur yang mengakomodir perencanaan hingga evaluasi. 

  • Mudah Memenuhi Kebutuhan Dokumen: Modul SPMI memudahkan pembuatan dokumen seperti kebijakan, pedoman, standar, dan tata cara implementasi.
  • Mudah Menguji Kelayakan Dokumen Melalui AMI: Modul ini juga memfasilitasi Audit Mutu Internal (AMI) untuk menguji kelayakan dokumen dan memantau mutu.
  • Mudah Melakukan Simulasi Pengajuan SPME: Hasil SPMI dapat digunakan untuk simulasi prediksi peringkat akreditasi.

Tampilan Spide Chart di SEVIMA Platform

Seperti gambar 1, hasil dari SPMI di perguruan tinggi dapat digunakan untuk melakukan simulasikan untuk melihat prediksi peringkat yang didapat ketika mengajukan SPME (akreditasi). 

Menjaga kualitas mutu pendidikan merupakan komitmen jangka panjang yang menjadi tanggung jawab perguruan tinggi. Penurunan mutu yang signifikan perlu segera di evaluasi. Maka untuk mengoptimalkan penerapan mutu, Modul SPMI SEVIMA Platform dapat menjadi pilihan perguruan tinggi dalam mendukung proses akreditasi kampus. 

Itu tadi penjelasan lengkap terkait waspada akreditasi yang masih kurang dan solusinya. Segera manfaatkan modul SPMI SEVIMA Platform untuk mutu pendidikan yang lebih baik. Tertarik ingin implementasi modul ini di kampus Anda? Yuk segera berdiskusi dengan kami melalui Whatsapp 082261610404 .

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×