5 Hari Lagi - Sebelum Event Kopdar RIAU: Strategi Sukses Automasi Akreditasi Perguruan Tinggi & Prodi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 30 Jul 2024

Pengajuan Kenaikan Jabatan Dosen Kini Harus Melalui SISTER, Kampus Perlu Siapkan Sistem Terintegrasi

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan tinggi. Salah satu perubahan terbaru adalah kebijakan pengajuan kenaikan jabatan dosen yang kini harus dilakukan melalui Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER), sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi No. 0502/E.E4/RHS/DT.04.01/2024.

SISTER merupakan platform yang dirancang untuk memfasilitasi pengelolaan data sumber daya manusia di lingkungan perguruan tinggi. Dengan adanya SISTER, dosen dapat mengajukan kenaikan jabatan secara online, mengakses data kinerja, serta memantau status pengajuan mereka secara real-time. Hal ini tentu saja mengurangi birokrasi yang selama ini kerap menjadi kendala dalam proses kenaikan jabatan.

Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses kenaikan jabatan dosen. Namun, untuk mendukung kebijakan ini, perguruan tinggi perlu menyiapkan Sistem Informasi Kampus yang terintegrasi dengan SISTER.

SEVIMA Platform Terintegrasi dengan SISTER, Permudah Pengajuan dan Pelaporan

Sistem yang terintegrasi dengan SISTER akan memungkinkan pengelolaan data dosen secara lebih efektif dan efisien. Data yang dibutuhkan untuk pengajuan kenaikan jabatan, seperti riwayat pendidikan, pengalaman mengajar, publikasi ilmiah, dan kegiatan tridharma perguruan tinggi lainnya, dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui satu sistem terpadu.

SEVIMA Platform saat ini sudah memiliki Modul Kepegawaian. Modul ini untuk mempermudah perguruan tinggi melakukan pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD) ke SISTER. Berikut keunggulan Modul Kepegawaian SEVIMA Platform.

  1. Mudah Pencatatan Riwayat Dosen 

Salah satu penyebab pelaporan BKD sering terhambat adalah data dosen masih terbesar dan tidak tersimpan dengan baik. Maka untuk mengatasi hal ini, Modul Kepegawaian akan merekam aktivitas dosen secara berkala tanpa menunggu momen pelaporan BKD.

  1. Mempermudah Kolaborasi Efisien Antara Civitas Akademika

Modul kepegawaian memfasilitasi kolaborasi antara dosen, admin program studi, dan program tinggi dalam pengisian BKD. Dosen dapat berkolaborasi dalam mengunggah dokumen internal perguruan tinggi, memudahkan proses pengumpulan, dan melakukan validasi data BKD oleh tim kepegawaian.

  1. Mudah Melakukan Cross Check Data BKD sebelum Dilaporkan ke SISTER

Modul Kepegawaian SEVIMA Platform mengakomodir kebutuhan cross check data BKD sebelum dosen melaporkan ke SISTER. Pentingnya check data sangat penting agar memastikan kualitas pelaporan data BKD dosen memenuhi syarat kenaikan jabatan. 

  1. Penyimpanan Data di Repository 

Selain untuk pelaporan BKD, informasi mengenai dosen secara otomatis tersimpan dalam repositori data. Hal ini membantu dalam penyimpanan yang efisien dan memudahkan akses informasi yang diperlukan untuk keperluan pengajuan akreditasi program studi. Perlu diketahui juga, pimpinan perlu memperhatikan secara detail komposisi jabatan dosen di perguruan tinggi sebab berpengaruh dalam meraih akreditasi unggul. 

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai pelaksanaan kenaikan jabatan dosen yang tengah dilakukan melalui SISTER. Dengan SIAKAD terintegrasi SISTER akan membantu peningkatan kualitas data BKD sebelum dilaporkan ke SISTER . Hal ini secara langsung akan mendukung proses kenaikan jabatan dengan optimal. 

Bagaimana Bapak/Ibu, tertarik merasakan kesuksesan pelaksanaan jabatan dosen melalui SISTER? Yuk segera konsultasi dengan tim kami melalui Whatsapp 082261610404.  

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×