Hari ini - Event Exclusive Training – Workshop Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi: Mencari Solusi Alternatif untuk Masalah Anggaran, Perbendaharaan, dan Pelaporan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 18 Sep 2024

Pernah Ditegur Asesor Karena Manual, Kini IAIN Parepare Sukses Tingkatkan Partisipasi Tracer Study dengan SEVIMA Karirlink

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Dulu, proses tracer study di IAIN Parepare terasa seperti sebuah perjuangan panjang. Tim Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa, dan Alumni harus berjibaku dengan survei menggunakan cara manual (google form) yang sulit didistribusikan dan seringkali kembali dengan tangan kosong. Rendahnya tingkat partisipasi alumni menjadi tantangan tersendiri. Setiap kali ada asesmen, teguran soal metode manual selalu menjadi catatan penting.

Selain masih menggunakan cara manual, IAIN Parepara sempat mengalami kendala dalam penyesuaian instrumen survei dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), seperti instrumen survei dari BAN-PT, Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (INFOKOM) dll.

Namun, semangat untuk terus transformasi dan memperbaiki diri tak pernah padam. Mahyuddin, Kepala Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa, dan Alumni, bersama timnya mencari solusi yang lebih efektif dan efisien. Akhirnya, mereka menemukan jawabannya dalam sebuah platform digital yaitu SEVIMA Karirlink.

Dengan SEVIMA Karirlink, proses tracer study IAIN Parepare mengalami transformasi yang signifikan. Kuesioner yang dulu harus dibuat dan disebar secara manual kini bisa diakses oleh alumni hanya dengan satu klik. Instrumen survei yang sudah sesuai dengan DIKTI dan data yang terkumpul pun langsung terintegrasi dalam sistem, sehingga proses analisis menjadi lebih cepat dan akurat.

“Dulu kami sering mendapatkan teguran dari asesor karena metode manual. Kini, dengan menggunakan SEVIMA Karirlink, proses tracer study menjadi jauh lebih praktis dan terintegrasi, dan kami bisa mengejar pelaporan tracer study dalam waktu 6 bulan saja,” ungkap Mahyuddin dalam Webinar SEVIMA yang membahas “Strategi Sukses Memperoleh Jumlah Responden Kuesioner Tracer Study Sesuai Akreditasi” pada Rabu (14/08).

Gambar: Dokumentasi saat Webinar SEVIMA

Baca juga: Tracer Study Masih Jadi Momok Bagi Perguruan Tinggi, Ini Solusinya!

Selain itu, IAIN Parepare juga gencar membangun relasi dengan alumni. Forum alumni diadakan secara rutin untuk mempererat tali silaturahmi dan memberikan informasi terkini tentang peluang pengembangan karier. Dukungan untuk mendapatkan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) juga diberikan kepada alumni yang berminat melanjutkan studi.

“Kami juga mengadakan temu alumni, yang 2 tahun ini sudah berjalan terus menerus. Kami juga membuat forum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) di pusat pengembangan karier untuk mendukung alumni mendapatkan beasiswa LPDP,” sambungnya.

Lebih lanjut,  IAIN Parepare juga menyediakan doorprize untuk alumni terpilih. Meskipun anggaran yang dialokasikan tidak besar, namun nyatanya langkah ini efektif dalam menarik minat alumni untuk mengisi kuesioner tracer study.

“Kami menganggarkan 10 Juta untuk doorprize, meskipun jumlahnya tidak sebesar kampus lain. Kami membagikan kaos bertuliskan ‘Bangga Menjadi Alumni’ sebagai bentuk apresiasi,” ujar Mahyuddin.

Tak kalah penting, Tim Pengembangan Karier IAIN Parepare juga melakukan kunjungan langsung ke perusahaan yang mempekerjakan lulusan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang kinerja lulusan di industri.

Baca juga: Tracer Study Memiliki Poin Tertinggi di Instrumen Akreditasi, Yakin Masih Abai?

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, partisipasi alumni dalam tracer study IAIN Parepare semakin meningkat. Tidak hanya itu, data yang diperoleh dari tracer study juga menjadi lebih akurat dan relevan, sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas lulusan. 

Ini juga menjadi komitmen IAIN Parepare untuk terus melangkah maju dan meraih peringkat tertinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional, sebagai wujud dedikasi terhadap keunggulan akademik.

Itulah langkah inovatif yang dilakukan oleh IAIN Parepare dalam meningkatkan partisipasi alumni pada tracer study. Mungkin perguruan tinggi Anda juga pernah merasakan sulitnya mendapatkan feedback tracer study dari alumni, langkah IAIN Parepare bisa jadi best practice yang bisa perguruan tinggi Anda contoh. Sehingga partisipasi tracer study meningkat, akreditasi pun meningkat.

Tags:

digitalisasi kampus tracer study

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×