Hari ini - Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 08 Aug 2020

5 Alasan Pentingnya Software Akuntansi Untuk Perguruan Tinggi

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Setiap organisasi seperti perusahaan, start up, waralaba bahkan instansi perguruan tinggi tak lepas dari proses manajemen keuangan, karena mengelola keuangan instansi tidak boleh diabaikan. Namun dengan banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan, membuat akuntan di perguruan tinggi mengalami kesulitan dalam memantau dan fokus pada pencatatan keuangannya.

Memiliki staf khusus yang menangani keuangan memang bisa menjadi pilihan. Tapi pengerjaan secara manual tentunya akan menimbulkan beberapa resiko seperti kesalahan pencatatan, kecurangan, atau pembuatan laporan yang lama.

Untuk mempermudah pekerjaan Akuntan dan tentunya sangat bermanfaat bagi perguruan tinggi, tersedia berbagai aplikasi software akuntansi yang fungsinya juga membantu pengelolaan keuangan perguruan tinggi. Teknologi ini juga sangat membantu Anda dalam persaingan, dimana waktu yang biasanya Anda gunakan untuk mengurus laporan pembukuan perguruan tinggi Anda, dapat lebih hemat dan Anda bisa lebih fokus untuk perkembangan kampus. Berikut alasan pentingnya software akuntansi untuk perguruan tinggi.

5 Alasan Pentingnya Software Akuntansi Untuk Perguruan Tinggi:

1. Dapat Bekerja Lebih Cepat

Dengan teknologi yang semakin canggih, Anda hanya butuh waktu sebentar untuk menyelesaikan semua pekerjaan anda. Misalnya yang harusnya anda membutuhkan waktu untuk menyiapkan buku atau mengganti buku untuk pencatatan keuangan, kini anda bisa menyelesaikannya dengan memasukkan data transaksi ke dalam sistem informasi manajemen keuangan perguruan tinggi anda.

2. Pembukuan Lebih Rapi dan Berjalan Otomatis

Dengan adanya software akuntansi input transaksi penerimaan/pengeluaran lebih rutin dan lebih teliti, manajemen keuangan perguruan tinggi pun akan lebih rapi dan dapat berjalan secara otomatis. Proses dalam mencatat, mengidentifikasi, hingga menyajikan data yang berhubungan dengan transaksi juga dapat diketahui dengan mudah. Selain itu, pembacaan informasi keuangan yang berfungsi untuk memprediksi dan memperkirakan potensi perguruan tinggi dalam pencapaian pengambilan keputusan juga menjadi tidak rumit.

3. Bisa Lebih Hemat Waktu & Biaya

Seperti yang semua orang ketahui, waktu bisa diibaratkan seperti mata uang baru di zaman modern ini. Oleh karena itu, setiap proses yang dapat menghemat waktu sangatlah dianjurkan. Efisiensi akan tercapai ketika Anda menggunakan lebih sedikit unit sumber daya untuk menghasilkan output yang lebih banyak. Disinilah manfaat software akuntansi benar-benar terasa. Dengan menggunakan software akuntansi, tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menangani berbagai masalah yang muncul ketika Anda masih menggunakan metode pembukuan konvensional.

Dan juga menghemat biaya, untuk perguruan tinggi kecil dengan budget yang terbatas, mempekerjakan akuntan bisa jadi suatu kemewahan. Bahkan kampus besar, alternatif mengembangkan sistem akuntansi perguruan tinggi sendiri dapat menenggelamkan dana secara cepat.

4. Data Anda Lebih Aman

Berbeda dengan pengelolaan manual, terkandang Anda menyimpan bukti transaksi secara fisik, ada banyak insiden yang mungkin terjadi. Berkas tersebut dapat saja hilang atau rusak karena berbagai alasan. Penggunaan software akuntansi pada sebuah perguruan tinggi sangat menguntungkan dimana data akan otomatis tersimpan dalam software akuntansi finance cloud.

5. Laporan Keuangan Lebih Jelas

Isi laporan keuangan sangatlah banyak dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyusunnya secara manual, mulai dari membuat table di Microsoft Excel dan lain sebagainya. Dengan menggunakan software akuntansi, anda hanya tinggal memasukkan data ke dalam system saja kemudian jadilah laporan keuangan seperti yang diinginkan.

Software akuntansi di Indonesia sangat beragam jenisnya. Namun khusus untuk perguruan tinggi tentu ada software keuangannya sendiri yaitu SEVIMA Finance Cloud. Finance Cloud merupakan sistem informasi manajemen keuangan yang di design khusus untuk memudahkan pengelolaan keuangan perguruan tinggi serta berbasis cloud.

Sistem informasi keuangan SEVIMA atau Finance Cloud ini berstandar akuntansi yang bisa membuat atau menyusun pelaporan dan pembukuan keuangan, dan juga dengan bantuan Cloud, jadi kampus anda tidak perlu pusing dalam menangani server Universitas Anda sendiri. Server ditangani oleh profesional di bidang IT dan jaminan akses selama 24 jam serta terjamin keamanan datanya.

Ingin membuat keuangan kampus menjadi lebih terkendali dan membantu dalam akreditasi Kampus nantinya?, yuk gunakan Finance Cloud SEVIMA. Ada HARGA KHUSUS untuk Grand Launching SEVIMA Finance Cloud ini, segera dapatkan DISKON HINGGA 40%, yuk cek benefit yang ada dapatkan disini: financecloud.id

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×