2 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 18 Nov 2020

Tantangan Pendidik dalam Kesuksesan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) selama Pandemi 

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) merupakan salah satu aspek untuk menentukan standar penilaian pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Permenristekdikti. Capaian pembelajaran ini akan digunakan dan disesuaikan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan(CPL) pada perguruan tinggi.

Berdasarkan fungsinya, CPL dan CPMK sangat dibutuhkan untuk membentuk serta mengembangkan indikator keberhasilan pada setiap mata kuliah. Indikator tersebut terdiri dari aspek sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus serta pengetahuan. 

Sementara itu, indikator mata kuliah pada CPMK akan dijabarkan secara spesifik melalui CPL. Indikator ini nantinya akan dikembangkan dan dibebankan pada mata kuliah di setiap jurusan. Sayangnya, indikator-indikator pembelajaran tersebut kurang sesuai diaplikasikan pada situasi akhir-akhir ini. Akibatnya, perlu adanya rombakan terhadap indikator pada Capaian Pembelajaran yang telah dibuat.

Tantangan Perubahan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Selama pandemi beberapa sistem dan metode pembelajaran memang berbeda seperti sebelumnya. Ini mewajibkan para pendidik harus sigap dalam melakukan perubahan tersebut. Beberapa strategi baru memang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan case ini.

Diwajibkan untuk singgah di rumah dan menjaga jarak, ternyata membawa dampak yang cukup besar dalam kegiatan belajar mahasiswa.  Seluruh kegiatan belajar mengajar yang biasanya diadakan secara tatap muka terpaksa harus dilakukan secara daring untuk mengurangi resiko dari pandemi.

Perubahan tersebut menyebabkan perubahan indikator dalam penyusunan CPMK. Pendidik sebagai ujung tombak penggiat kegiatan belajar mengajar, diharuskan memiliki inovasi baru dalam melakukan penyusunan Capaian Pembelajaran. Inovasi dan solusi tersebut setidaknya harus bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  

Merumuskan CPMK di tengah Pandemi

Pada dasarnya, Capaian Pembelajaran merupakan suatu turunan dari CPL yang dibebankan pada setiap mata kuliah. Dalam mengaplikasikannya, CPMK ini akan dibagi lagi menjadi sub-CPMK. Tujuan dari Sub-CPMK ini akan digunakan untuk memenuhi pembelajaran yang sudah diatur di dalam CPL.

Agar tercapainya sistem pembelajaran tersebut, salah satu metode pembelajaran yang bisa dipakai selama masa pandemi adalah outcome based learning. Dalam metode ini, para pendidik dituntut untuk merancang CPMK sesuai dengan standar dan keselarasan CPL pada program studi. 

Melalui outcome-based learning, CPMK yang sudah diterapkan dan dicapai pada setiap pembelajaran pada mahasiswa akan dilakukan pengukuran atau pengamatan. Tujuan dari metode ini adalah untuk melakukan evaluasi apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang disampaikan atau belum. 

Tantangan tersebut akan semakin mudah ditaklukkan bila para pendidik bisa mengimplementasikan cara tepat untuk mengatasinya. Mau tau mengenai solusi yang bisa diaplikasikan untuk memenuhi Capaian Pembelajaran? Nah, langsung saja ikuti Webinar SEVIMA yang akan membahas seputar rintangan pada pemenuhan CPMK.

Hadir bersama para pembicara berpengalaman, yaitu Dr. Uwes Anis Chaeruman (Dewan Penasehat Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI)), Syarif Iqbal, S. Sos, M.A (Dosen Hubungan Internasional), Tim Pengembang Konten E-Learning IAIN Parepare, Anda akan mendapatkan segudang benefit dalam penjalanan Anda menjadi seorang pendidik. Segera daftarkan diri Anda secara gratis melalui link berikut ini.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×