Berita | Pelaporan PDDikti | Tips & Trik

Agar Tidak Terlambat Pelaporan PDDIKTI, Berikut Persiapan yang Harus Dilakukan

SEVIMA.COM – Sejak tahun 2014, pemerintah sudah mengharuskan setiap perguruan tinggi untuk melakukan pelaporan PDDIKTI Feeder. Pelaporan ini dilakukan secara berkala agar seluruh perguruan tinggi di Indonesia bisa menjaga kualitas pendidikan dengan sangat baik. 

Di tahun 2021 ini, pelaporan PDDIKTI Feeder periode 2020 ganjil kembali dibuka dan akan resmi ditutup pada 30 April 2021. Maka dari itu, seluruh perguruan tinggi dihimbau agar melakukan pelaporan PDDIKTI Feeder tepat waktu. Agar dapat memenuhi hasil yang maksimal, SEVIMA mengadakan BIMTEK pada Kamis (15/04) kemarin. Pada BIMTEK ini para peserta saling bertukar informasi dan belajar menyelesaikan permasalahan pelaporan bersama tim ahli dari SEVIMA. 

Untuk melakukan pelaporan PDDIKTI Feeder, perguruan tinggi harus menyiapkannya secara matang dan lengkap. Adapun persiapan yang harus dilakukan yaitu pada Checkpoint 1 dan Checkpoint 2. 

Pada Checkpoint 1, Anda harus menyiapkan data seperti biodata mahasiswa, histori pendidikan, aktivitas kuliah mahasiswa, kelas perkuliahan, KRS mahasiswa, dan aktivitas mengajar dosen. Sedangkan pada Checkpoint 2 terdapat data KHS/nilai mahasiswa, aktivitas mahasiswa, serta status mahasiswa lulus atau DO.

Baca juga: 15 Pertanyaan Populer Seputar PDDikti Kemendikbud Beserta Solusinya

Segera lakukan pengecekan dan pelaporan PDDIKTI

Berhubung penutupan pelaporan berakhir pada akhir bulan ini, yaitu 30 April 2021, segera lakukan pengecekan data apabila ada yang belum terselesaikan dengan baik. 

Perlu diketahui, banyaknya kasus dan kendala yang dialami operator seperti halnya data nilai atau hasil studi yang belum disetorkan atau bahkan jumlah KRS yang tidak sinkron, membuat pelaporan PDDIKTI menjadi terhambat. Akibatnya, jika data tersebut belum siap, maka data tersebut tidak terlaporkan karena periode sudah ditutup. 

Bagaimana langkah yang tepat untuk mengantipasinya?

Agar Anda bisa melakukan pelaporan dengan tepat, maka perguruan tinggi Anda harus memperbaiki sistem dan tata kelola data dengan baik. Selain itu, perguruan tinggi Anda juga harus memperbaiki SOP tentang pelaporan data tersebut. 

Jika kendala tersebut tidak terselesaikan dengan baik, maka akan menurunkan kualitas di perguruan tinggi Anda. Maka dari itu, yuk segera lakukan persiapan pelaporan PDDIKTI dengan baik. 

Baca juga: Ini Kendala Yang Sering Ditemui saat Pelaporan PDDIKTI

Nah, untuk melancarkan proses pelaporan kampus Anda, Anda bisa menggunakan sistem informasi akademik yang mana sudah terintegrasi dengan PDDIKTI Feeder. Untuk memudahkan pelaporan, rekan-rekan operator perguruan tinggi atau prodi bisa menggunakan siAkad Cloud sebagai sistem informasi akademik kampus yang sudah terintegrasi dengan PDDikti Feeder. 

Bagikan artikel ini

Komentar