9 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 10 May 2023

Apa Itu Ditjen Dikti dan Dimana Alamat Ditjen Dikti?

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Bagi generasi mendatang, pendidikan menjadi modal berharga untuk dapat unggul dalam bidang apapun. Dengan demikian, pendidikan perlu didukung oleh suatu lembaga yang dapat memberikan pelayanan dengan tepat guna mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. 

Di Indonesia, khususnya pada bidang pendidikan, kita akrab dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau dikenal dengan Ditjen Dikti. Adapun informasi seputar Ditjen Dikti dapat diakses pada laman resmi dikti.kemendikbud.go.id.

Apa Itu Ditjen Dikti?

Menurut Permendikbud Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbud, bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) adalah salah satu unit utama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik. 

Apa Tugas dan Fungsi Ditjen Dikti?

 Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Ditjen Dikti sesuai dengan Permendikbud nomor 45 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 Adapun tugas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yaitu menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik. Sementara itu, Ditjen Dikti juga memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  1. perumusan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik;
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang pembelajaran, kemahasiswaan, kelembagaan, dan sumber daya pendidikan tinggi akademik;
  3. perumusan pemberian izin penyelenggaraan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh masyarakat;
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pendidikan tinggi akademik;
  5. pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal; dan
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Menteri.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, dibutuhkan peran yang dapat memimpin lembaga ini. Sehingga, Ditjen Dikti dipimpin oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Baca juga: 5 Aplikasi Ditjen Diktiristek Untuk Mendukung Transformasi Digital Pendidikan Tinggi

Siapa Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi

Saat ini, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN. Eng dipercaya mengemban jabatan sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sejak resmi dilantik pada tanggal 21 Juli 2020 lalu. Selanjutnya, yuk mengenal lebih dekat siapa Prof. Nizam. 

Dikutip dari dikti.kemendikbud.go.id, Prof. Nizam merupakan seorang Profesor/Guru Besar Teknik Sipil dari Universitas Gadjah Mada (UGM).  Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi (DPT) dari tahun 2008-2013 serta sebagai Kepala Pusat Penilaian Pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Tidak hanya itu, beliau juga menjadi salah satu tim inti penyusunan Undang-Undang Pendidikan Tinggi pada tahun 2012, Undang-Undang Pendidikan Kedokteran tahun 2013, dan Undang-Undang Keinsinyuran pada tahun 2014.

Baca juga: Ditjen Vokasi Luncurkan Beasiswa Riset Dosen Vokasi untuk Dorong Riset Terapan

Di Mana Alamat Ditjen Dikti Kemdikbud?

Ternyata banyak yang bertanya di mana alamat kantor Ditjen Dikti. Nah, sesuai dengan  yang tertera pada situs resmi Ditjen Dikti Kemdikbud (dikti.kemendikbud.go.id) bahwa alamat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berada di Jln. Raya Jend. Sudirman Pintu I, Gedung D Depdiknas, Senayan Jakarta 10270. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi ataupun mendapatkan informasi melalui kontak berikut ini.

Telp : (021) 57946100

E-mail : dikti@dikti.go.id 

Website : http:/dikti.kemdikbud.go.id

Itulah informasi seputar Ditjen Dikti beserta alamat lengkapnya. Sekarang, sudah lebih mengenal Ditjen Dikti, bukan? Dengan begitu Anda dan perguruan tinggi dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi.

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×