Dunia Kampus | kemendikbud

5 Aplikasi Ditjen Diktiristek Untuk Mendukung Transformasi Digital Pendidikan Tinggi

SEVIMA.COM – Pada tahun yang baru ini (2022), Ditjen Dikti Ristek akan melakukan beberapa perubahan untuk mendukung dunia pendidikan melakukan transformasi digital dan mendorong terciptanya proses belajar yang lebih baik lagi.

“Ditjen Dikti Ristek melalui PDDikti secara resmi meluncurkan lima aplikasi mendukung akselerasi transformasi digital di dunia pendidikan tinggi dengan tema “Peluncuran Lima Aplikasi Ditjen Dikti Ristek yang Mendukung Transformasi Digital Pendidikan Tinggi”, pada Senin, (3/1).” Tulis akun Instagram PDDikti

Selain melakukan transformasi, dalam acara peluncuran juga akan menghadirkan para narasumber yang siap memberikan dukungan penuh terhadap transformasi tersebut agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan optimal.

Baca juga : Cara Agar Perguruan Tinggi Siap Bertransformasi Digital

5 Aplikasi Ditjen Dikti Ristek Untuk Transformasi Digital Pendidikan Tinggi

Kelima aplikasi tersebut adalah Sistem Informasi Kelembagaan (SIAGA), Satu Dikti, Single Sign On (SSO), Neo Feeder, dan serta Dikti AI Centre.

1. Sistem Informasi Kelembagaan (SIAGA)

Sistem Informasi Kelembagaan (SIAGA) adalah platform perijinan Pendidikan Tinggi sesuai amanah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 7/2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta.

2. Satu Dikti Apps

Satu Dikti adalah aplikasi teintegrasai layanan Dikti yaitu aplikasi yang memudahkan pengguna dalam mengakses produk-produk unggulan Ditjen Dikti Ristek. Seperti, kampus merdeka, PDDikti, Kedaireka, Ijazah Luar Negeri, dan SIVIL.

Satu Dikti Apps ini ada beberapa fitur unggulan yaitu aplikasi terpusat, pencarian, bantuan, berita, pengumuman, verifikasi. Aplikasi ini nantinya dapat di unduh pengguna di PlayStore atau AppStore.

Baca juga : SSO PDDikti, Minimalisir Lupa Password di Aplikasi PDDikti Admin

3. Single Sign On (SSO)

Single Sign On atau biasa disingkat SSO adalah teknologi yang membantu para pengguna hanya perlu sekali melakukan login untuk dapat mengakses beberapa aplikasi. Dengan demikian, para pengguna tidak perlu lagi login di masing-masing aplikasi.

Jadi, Sistem SSO ini, juga akan dikembangkan dan diintegrasikan dengan seluruh aplikasi Dikti, jadi rekn-rekan cukup satu kali log in untuk mengakses berbagai aplikasi milik Dikti jadi lebih mudah.

4. Neo Feeder PDDikti 2022

Neo Feeder PDDikti 2022 adalah versi terbaru dari Feeder PDDikti yang berfungsi digunakan untuk sinkronisasi data perguruan tinggi ke data base Forlap PDDikti. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan sistem Kampus Merdeka, Pendataan NISN, Proses Prefile lebih cepat, Update langsung dari aplikasi, Multi-platform operating system serta tampilan yang lebih fresh.

Baca juga : Cara & Tips Pelaporan Data PDDikti Tuntas 100 Persen

5. Dikti Artificial Intelligence (AI) Centre

Dikti Artificial Intelligence (AI) Centre adalah Pusat Kecerdasan Buatan (AI) yang digagas oleh Ditjen Diktirsitek. Artificial Intelligence (AI) sendiri merupakan sebuah kombinasi antara teknologi, seni dan kreativitas. Dengan adanya teknologi ini membuat setiap tindakan dapat dilakukan dengan terintegrasi, lebih sederhana, lebih mudah, dan lebih optimal.

Kecerdasan digital yang wajib dimiliki oleh perguruan tinggi supaya Indonesia tak ketinggalan dari negara-negara lain di bidang teknologi. Ketiga jenis kecerdasan digital tersebut adalah digital citizenship, digital creativity, dan digital competitiveness.

Ditjen Diktirsitek berharap aplikasi-aplikasi inidapat memudahkan para stakeholder dalam mengakses informasi menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang optimal, mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi Indonesia yang adaptif dan inovatif, sehingga menghasilkan SDM yang unggul.

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar